iklan

iklan

Senin, 25 Desember 2023

PMI Grobogan Gelar Volunteer Camp Dalam Rangka Peringati Hari Relawan PMI Tahun 023

 

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Grobogan, lakukan apel kesiapsiagaan dan kemah bersama relawan PMI se-Kabupaten Grobogan di bumi perkemahan Sendang Coyo Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. Hal itu dilakukan dalam rangka memperingati hari Relawan PMI yang jatuh pada tanggal 26 Desember, serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) PMI dalam melaksanakan tugas.

Kepala  Maskas PMI Kabupaten Grobogan, Djasman,S.Pd mengatakan, hari relawan PMI ditetapkan 26 Desember 2005 oleh presiden RI, satu tahun setelah bencana tsunami aceh. Penetapan hari relawan atas penghargaan Pemerintah RI kepada relawan PMI yang melaksanakan tugas kemanusiaan dibidang penanggulangan bencana diberbagai daerah baik lokal maupun nasional.

“Apel kesiapsiagaan dan kemah bersama relawan PMI dilakukan untuk meningkatkan dan memotivasi jiwa kerelawanan PMI se-Kabupaten Grobogan dalam melaksanakan aksi kemanusiaan,” tegasnya.

Djasman menambahkan, kegiatan tersebut diikuti 60 orang relawan PMI se-Kabupaten Grobogan yang terdiri Anggota Korp Sukarela (KSR),Tenaga Sukarela (TSR),Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT), dan Palang Merah Remaja (PMR).

Sementara itu, ditempat yang sama, Wakil Bidang SDM dan Relawan Yunus Suryawan, S.STP., PMI Kabupaten Grobogan menjelaskan, relawan merupakan jantung dari gerakan PMI maupun bulan sabit merah internasional. Pengakuan Negara terhadap PMI semakin diperkuat dengan lahirnya UU No.1 tahun 2018, itu adalah bukti nyata kerjakeras seluruh PMI disemua tingkatan. Bahwa keberadaan PMI dan seluruh relawannya semakin dirasakan oleh masyarakat baik langsung maupun tidak langsung.

“Begitu juga kinerja yang dilakukan PMI Kabupaten Grobogan, dalam melaksanakan aktivitas kemanusiaan. Seperti, penanggulangan bencana, tanggap darurat bencana, pertolongan pertama dan ambulance serta donor darah. Baik dilaksanakan di wilayah Kabupaten Grobogan, Provinsi Jateng hingga tingkat nasional. Terimakasih untuk selalu tampil terdepan dalam membantu sesama akibat daampak dan risiko bencana,” Yunus menegaskan.

Lanjut Yunus mengatakan, di hari Relawan PMI ini diharapkan seluruh relawan PMI Kabupaten Grobogan untuk terus meningkatkan kinerja dan profesionalisme sebagai relawan. “Kami bangga terhadap kinerja PMI, saya ucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota KSR, TSR, Sibat, dan PMR atas dedikasi (Marten)

0 comments:

Posting Komentar