iklan

iklan

Rabu, 13 Desember 2023

PMR SMK Negeri 1 Wirosari Luar Biasa Kreatif Adakan Simulasi Bencana Alam

 


Dalam rangka Pendidikan dan Pelatihan Lajutan PMR SMK Negeri 1 Wirosari menggelar berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya mengadakan simulasi bencana alam, khususnya gempa bumi, yang diikuti siswa, guru dan tenaga kependidikan pada Rabu (13/12). Raungan sirene tiba-tiba menjadi penanda mulainya acara simulasi tersebut. Berbagai tindakan dan upaya menyelamatkan diri dan menyelamatkan orang lain dilakukan sesuai prosedur penyelamatan dan pertolongan. Usaha pertolongan juga nampak terlihat dari unit Palang Merah Remaja (PMR) SMK Negeri 1 Wirosari yang menolong baik dengan membalut korban maupun dengan membawa korban dengan tandu.

Acara simulasi berlangsung sekitar 30 menit, seluruh aktivitas yang sedang berlangsungdihentikan dan semua orang diminta untuk mengambil posisi berjongkok, berlindung di bawah meja, serta melindungi kepala dengan menggunakan tas atau kursi. Sementara aktivitas di luar para siswa juga berlari untuk berkumpul di tengah halamn menjauh dari bangunan. Simulasi evakuasi meliputi evakuasi biasa dan evakuasi tandu. Sekitar pukul 15.00 WIB, kegiatan simulasi ini berakhir, dan dilanjutkan dengan kegiatan evaluasi

Simulasi bencana sangat penting untuk mengantisipasi jatuhnya banyak korban jika terjadi bencana gempa bumi, apalagi wilayah Pulau Jawa termasuk wilayah rawan terjadi gempa bumi. “ Setiap sekolah diharapkan mempunyai sikap dan perilaku yang tanggap, serta melakukan tindakan yang benar sesuai prosedur yang diajarkan saat kondisi darurat, “ ungkap Nofi Nur Afifah, S.Pd selaku Pembina PMR SMK Negeri 1 Wirosari.

Selain simulasi SMK Negeri 1 WIrosari melakukan rangkaian pembelajaran di luar kelas, dimulai dari pagi dengan kegiatan Materi Pendidikan remaja Sebaya, Materi Ayo Siaga Bencana dan diakhiri dengan kegiatan Pengamatan Peta BKRK ( bahaya, kerentanan, risiko dan kapasitas) di SMK Negeri 1 Wirosari imbuhnya.



0 comments:

Posting Komentar