iklan

iklan

Rabu, 01 Maret 2023

Peringati Hari PMR, Siswa SMAN 1 Godong Sumbang 44 Kantong Darah

Petugas donor darah dan pengurus PMR SMA N 1 Godong

Sedikitnya 44 siswa,  dan guru karyawan SMA Negeri menyumbangkan 44 kantong darah  melalui Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Grobogan. Mereka mengikuti kegiatan donor darah sukarela Rabu (1/3) yang digelar Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 1 Godong bersama UDD PMI. Kegiatan donor darah ini sekaligus sebagai peringatan Hari PMR yang diperingati tiap 1 Maret.

Menurut ketua PMR SMAN 1 Godong Salmatul Kasanah kelas XI MIPA, sejatinya banyak siswa yang menjadi relawan pendonor darah dengan ikut donor darah. “Sebenarnya banyak yang daftar untuk kegiatan donor darah tetapi ada sebagian yang tidak memenuhi syarat,” ungkap Salma.

Dia menjelaskan, siswa SMAN 1 Godong yang tidak lolos untuk melajutkan donor darah rata-rata karena faktor umur belum 17 tahun, berat badan tidak sampai 50 kilogram. “Ada juga yang tensi dan HB darahnya  tidak memenuhi standar,” imbuhnya.

Guru dan siswa antri untuk di ambil darahnya


Kegiatan donor darah tersebut, sebagai bentuk aksi kemanusiaan. “Kegiatan donor darah ini untuk membantu sesama, khususnya pasien-pasien di rumah sakit yang membutuhkan darah,” ungkap Karno Staf UDD PMI Kabupaten Grobogan.

        Selain itu, juga untuk regenerasi relawan pendonor. Pasalnya, di siswa SMA rata-rata baru awal ikut donor. “PMR SMAN 1 Godong juga melakukan sosialisasi untuk para pendonor darah pemula agar meneruskan estafet  menjadi anggota PMR tahun berikutnya,” ungkapnya. (*)


 

0 comments:

Posting Komentar