iklan

iklan

Rabu, 29 Maret 2023

Apa Itu PMR dan Tugasnya? Peran, Fungsi dan Sejarah PMR

 


Anggota PMR adalah salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan di bidang kesehatan dan siaga bencana, mempromosikan prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.

PMR merupakan suatu organisasi binaan Palang Merah Indonesia (PMI) yang berpusat di sekolah-sekolah maupun kelompok-kelompok masyarakat (sanggar, kelompok belajar, dll.). Tujuan PMR adalah untuk membangun dan mengembangkan karakter Kepalangmerahan agar siap menjadi relawan PMI di masa depan.

Apa itu PMR dan Tugasnya? Peran dan Fungsi PMR

Dikutip dari situs PMI Kota Medan, keterlibatan anggota remaja PMI atau anggota PMR dalam kegiatan Tri Bakti PMR disesuaikan dengan kompetensi dan ketertarikan masing-masing, serta kebutuhan PMI dan remaja. Dalam merancang dan melaksanakan kegiatan, anggota PMR memerankan fungsi yang berbeda-beda.

Berikut peran dan fungsi PMR, antara lain:

PMR Mula berfungsi sebagai peer leadership, yaitu dapat menjadi contoh/model ketrampilan hidup sehat bagi teman sebaya.

PMR Madya berfungsi sebagai peer support, yaitu memberikan dukungan, bantuan, semangat kepada teman sebaya agar meningkatkan keterampilan hidup sehat.

PMR Wira berfungsi sebagai peer educator, yaitu pendidik sebaya keterampilan hidup sehat.

Apa itu PMR dan Tugasnya? Sejarah PMR di Dunia

Sejarah Palang Merah Remaja di dunia sebagaimana dikutip dari buku Rujukan Kompak Sejarah PMR (2009) karya Mahdi Shuid, disebutkan bahwa Palang Merah Remaja lahir dari kondisi dunia yang sedang carut marut akibat peperangan dan bencana alam.

Kala itu, dunia juga sedang mengalami Perang Dunia Pertama antara Prancis dan Austria. Pada saat itu, Palang Merah Austria yang sedang berperang melawan Prancis kekurangan anggota karena gugur dalam medan perang.

Akhirnya, pemerintah mengkonsolidasikan agar anak laki-laki yang berada di institusi sekolah untuk turun langsung mengerahkan tenaganya dalam membantu negara dalam kondisi perang.

Laki-laki tersebut kemudian mengumpulkan baju-baju bekas dan majalah-majalah bekas. Hal ini menjadi akar dari suatu organisasi pemuda yang bernama Palang Merah Remaja di dunia dan melebar ke berbagai negara seperti Indonesia.



Apa itu PMR dan Tugasnya? Sejarah PMR di Indonesia

Sejarah PMR di Indonesia tentunya tidak terlepas dari sejarah dibentuknya Palang Merah Indonesia pada tanggal 3 September 1945. Pada saat itu, Presiden Soekarno mengeluarkan perintah untuk membentuk suatu badan Palang Merah Nasional.

Atas perintah Presiden Soekarno itu, maka pada tanggal 5 September 1945 dibentuklah Panitia 5 oleh Dr. Buntaran yang saat itu menjabat sebagai Menteri Kesehatan Republik Indonesia Kabinet I. Dan akhirnya, pada 17 September 1945, Perhimpunan Palang Merah Indonesia berhasil dibentuk dan diketuai oleh Drs. Mohammad Hatta.

Demikian penjelasan tentang apa itu PMR dan tugasnya serta informasi seputar Palang Merah Remaja di Indonesia. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar