iklan

iklan

Rabu, 06 September 2023

PMI Grobogan EVakuasi Jenazah Diduga Kekurangan Oksigen Saat Kuras Sumur

 


Jasmo, pria renta berusia 64 tahun ditemukan tewas di dalam sumur tak jauh dari rumahnya di Desa Monggot, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (6/9/2023).

Djasman S.Pd Selaku Kepala Markas PMI Kabupaen Grobogan mengatakan, sebelumnya, Jasmo beserta seorang rekannya Suwarto (68) diketahui tengah beraktivitas menguras air sumur tetangganya pada pukul 09.00.

Air dalam sumur beton berdiameter 60 sentimeter dengan kedalaman 9 meter tersebut awalnya dibuang dengan cara disedot dengan mesin pompa. Namun, setelah setengah jam lebih, mesin pompa macet hingga kemudian Jasmo berinisiatif mengurasnya secara manual dengan timba yang dikaitkan dengan tali.


Saat itu, Jasmo turun ke dasar sumur yang kedalaman airnya masih tersisa setinggi 2 meter menggunakan tangga rakitan tali dan kayu. "Timba yang diisi air sudah terangkat beberapa kali hingga lantas Jasmo berteriak sudah kecapekan dan hendak naik ke atas. Tapi, saat naik, korban justru terpeleset jatuh ke bawah," terang Sunarto. Rekan korban yang panik mengetahui Jasmo telah tercebur sumur dalam keadaan lemas selanjutnya berlari meminta pertolongan warga. Warga yang berdatangan kemudian berupaya memanggil Jasmo namun tak ada respons.

"Korban dan rekannya sudah terbiasa menguras sumur alias tukang sumur," kata Djasman. Tim SAR gabungan dari BPBD Grobogan dan PMI Grobogan kemudian diterjunkan untuk mengevakuasi korban. Korban pun berhasil diangkat ke permukaan pada siang sekitar pukul 12.00 dengan kondisi sudah tak bernyawa. "Proses evakuasi cukup lama karena sempitnya sumur. Petugas pun harus menggunakan tabung oksigen. Jasadnya mengambang di sumur," kata Djasman.


Berdasarkan pemeriksaan medis, kata Djasman, tidak ditemukan adanya unsur penganiayaan pada fisik korban. Jenazah korban selanjutnya di naikan Mobil Ambulance PMI Kabupaten Grobogan untuk diserahkan keluarga untuk dimakamkan di tempat pemakaman setempat. "Korban sebelumnya lemas kekurangan oksigen karena ada gas amonia di dasar sumur. Korban kemudian tercebur dan tenggelam," pungkas Djasman.

0 comments:

Posting Komentar