iklan

iklan

Selasa, 12 September 2023

Daerah PMR Madya Unit SMP Negeri 1 Geyer Suguhkan Materi PP

 


Pertolongan Pertama atau biasa disingkat PP adalah pemberian pertolongan segera kepada penderita sakit/cedera/kecelakaan yang membutuhkan pananganan medis dasar.

Pertolongan pertama merupakan pengembangan dari P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan). PP merupakan materi utama dalam kegiatan ekstrakurikuler PMR yang pada latihan rutin hari ini di bawakan oleh Marten Krisando selaku Fasilitator dari PMI Kabupaten Grobogan Selasa, (12/9/2023).

Materi ini diberikan sebagai  penanganan medis dasar sebelum korban dirujuk ke Puskesmas, Rumah Sakit atau fasilitias kesehatan terdekat. Guna mensosialisasikan pertolongan pertama, PMR mengadakan pemberian materi dan simulasi pertolongan pertama kepada anggota PMR Madya SMP Negeri 1 Geyer. Hal ini diadakan agar siswa mengetahui dan dapat menerapkan bentuk pertolongan pertama bagi penderita sakit, cedera dan kecelakaan, baik di lingkungan sekolah, dirumah, maupun di lingkungan masyarakat.

Tidak dipungkiri, bahwa kecelakaan bisa terjadi kapan saja, dimana saja dan kepada siapa saja. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman bahwa siapapun perlu untuk memiliki kemampuan medis dasar.

"Materi ini sangatlah penting dipadahmi oleh setiap Anggota PMR Madya SMP Negeri 1 Geyer agar dapat menumbuhkan jiwa penolong dan relawan. Organisasi ini merupakan salah satu organisasi yang bersifat volunteer atau relawan yang berarti adalah seseorang yang tanpa dibayar dengan sukarela menyediakan waktu dan kemampuannya untuk tujuan tertentu, misalnya di bidang kemanusiaan, lingkungan, pendidikan, dan sosial." Ucap Marten setelah usai pemberian materi dan Kunjungan Kerja di SMP Negeri 1 Geyer.

2 komentar:

  1. Terimakasih,Pak Marten, atas ilmu yang diberikan. Lain waktu boleh dengan materi-materi yang lainšŸ™

    BalasHapus
  2. seru bgt latihan bareng Pak MartennnšŸ”„

    BalasHapus