iklan

iklan

Kamis, 29 Februari 2024

Sejarah Palang Merah Remaja (PMR)


Hari Palang Merah Remaja (PMR) diperingati setiap tanggal 1 Maret. PMR adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI. Melansir laman PMI Medan, PMR tersebar di sekolah-sekolah ataupun kelompok-kelompok masyarakat yang bertujuan membangun dan mengembangkan karakter Kepalangmerahan agar siap menjadi Relawan PMI pada masa depan.

Anggota PMR juga merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana, mempromosikan prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.


Sejarah PMR di Indonesia memiliki kesinambungan dengan pembentukan PMR di tingkat Internasional. Mengutip buku Guru Pembelajar (Kumpulan Pena Guru-Guru di Pesisir Pantai), munculnya Palang Merah Remaja di dunia bermula dari meletusnya Perang Dunia I. Ketika itu, Austria mengalami kekurangan tenaga Palang Merah di tengah-tengah masa perang melawan Perancis.

Melihat hal itu, pemerintah Austria pun terpaksa mengandalkan tenaga dari anak sekolah untuk membantu negara dengan mengumpulkan pakaian bekas, koran-koran bekas, dan barang lainnya yang berguna untuk keperluan pada masa perang. Mereka tergabung dalam organisasi bernama Palang Merah Pemuda. Inilah yang menjadi cikal bakal Palang Merah Remaja.

Sidang Liga Perhimpunan Palang Merah Internasional pada 1919 memutuskan bahwa Palang Merah Remaja menjadi bagian dari Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Setelahnya, PMR mulai didirikan oleh banyak negara di dunia. Pada 1960, sebagian besar dari 145 Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah telah mendirikan Palang Merah Remaja.


Di Indonesia, pembentukan PMR telah disepakati pada Kongres PMI ke-4 yang digelar pada 25-27 Januari 1950. Hal ini tentu terinspirasi dari pengerahan anak-anak sekolah di Austria pada Perang Dunia I. PMR Indonesia akhirnya secara resmi didirikan pada 1 Maret 1950. Siti Dasimah dan Paramita Abdurrahman menjadi pendiri Palang Merah Remaja Indonesia sekaligus didaulat menjadi pemimpin pertama.

 

TWIBON HARI PMR 2024 

https://twb.nz/haripmrpmi2024

Selamat Memperingati Hari PMR Tahun 2024.

Dengan tema "Peran Remaja Dalam Ketangguhan Iklim" mari kita tingkatkan aksi nyata remaja dan generasi muda dalam menghadapi situasi global sebagai bentuk dari adaptasi perubahan iklim.

#HariPMR2024

#PMISelalubantu

 

0 comments:

Posting Komentar