iklan

iklan

Selasa, 07 November 2017

Perkuat Kualitas Personel, PMI Adakan Diklatsar Relawan


Perkuat Kualitas Personel, PMI Adakan Diklatsar Relawan


PMI sebagai Organisasi sosial kemasyarakatan yang sesuai Tugas Pokok dan fungsi atau mandat utamanya adalah Penanggulangan Bencana Alam, kini mulai merambah kepada Pelayanan sosial kemasyarakatan lainnya dan bersinergi dengan institusi terkait untuk membantu tugas pemerintah untuk menangani masalah sosial, kemasyarakatan dan Kemanusiaan.

Untuk menunjang berbagai aktifitas tersebut, sangat diperlukan Sumber Daya Manusia yang handal, berkualitas dan mumpuni serta siap setiap saat apabila terjadi keadaan atau situasi darurat.

Kepala Markas PMI Grobogan Djasman S.Pd mengatakan, salah satu upaya untuk mewujudkan dan mencetak sumber daya manusia yang handal dan berkualitas adalah Recruitment anggota KSR/Relawan baru yang disertai dengan pendidikan atau pelatihan dasar serta peningkatan kualitas personel. “Kebutuhan SDM khususnya Relawan atau Korps Sukarela (KSR) sangat mutlak diperlukan oleh PMI, mengingat Relawan adalah ujung tombak pelayanan di tengah masyarakat “ ujarnya disela sela pelatihan dan pendidikan dasar KSR baru PMI kabupaten Grobogan kemarin. Lebih jauh dia menjelaskan, pelatihan dan pendidikan dasar bagi Relawan / KSR wajib dilaksanakan bagi anggota baru yang telah lolos pada proses recruitment. Diklatsar Relawan / KSR tahun ini diikuti oleh 35 peserta dan dilaksanakan selama tiga Hari bertempat di Markas PMI kabupaten Grobogan

Ketua PMI Kabupaten Grobogan H.Sugianto SH.MM mengemukakan, Relawan atau KSR PMI saat ini dituntut untuk lebih peka dan mempunyai kemampuan spesifik terutama saat masa tanggap darurat bencana maupun pelayanan kemasyarakatan lainnya. “saat ini kita masuk diera PMI kekinian atau PMI yang dituntut lebih professional, cepat, tepat, tanggap sehingga lebih dicintai msyarakat “ ujarnya.

Peran atau fungsi lain PMI ditengah masyarakat saat ini berusaha untuk dioptimalkan atau beragam jenisnya. Untuk itu sangat diperlukan Sukarelawan yang handal, professional dan mempuni di bidangnya.

Dalam Pendidikan dan Pelatihan Dasar Relawan tersebut diberikan beberapa materi dasar berupa teori dan praktek meliputi Kepalangmerahan, Kepemimpinan, Restori Family Link, Perawatan Keluarga, Kesehatan Remaja, Manajement Bencana, Asesment, Shelter, Dapur Umum, Logistik, Pertolongan Pertama dan Water and Sanitation (Marten KL)

0 comments:

Posting Komentar