iklan

iklan

Rabu, 26 Maret 2014

Grobogan Gembleng Relawan Siaga Bencana










Grobogan Gembleng Relawan Siaga Bencana
Sebanyak 40 relawan yang terdiri dari 15 KSR Unit Markas PMI Gorbogan dan 25 KSR Unit Kampus STIKES AN–NUR Purwodadi mengikuti Pelatihan Tanggap Darurat Bencana pada 21–23 Maret kemarin di Bumi Perkemahan Kalacakra  Desa Tambirejo Kecamatan Toroh-Grobogan.
Melalui pelatihan ini, PMI Kabupaten Grobogan akan memiliki relawan yang profesional dan sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepalangmerahan kepada masyarakat,” kata Gesit Kristiawan, Staf Bidang SDM dan Relawan PMI Kabupaten Grobogan.
Ketua Panitia Daru Puji  menjelaskan, Pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana PMI Kabupaten Grobogan  ini bertujuan untuk menciptakan relawan-relawan PMI Kabupaten Grobogan  yang lebih tanggap dan sigap terhadap bencana. "Kegiatan ini memberikan pengalaman baru kepada relawan PMI Kabupaten Grobogan  untuk lebih memahami pengelolaan tanggap darurat bencana," jelas Daru.
Safinatun Nazah, anggota KSR Unit STIKES AN-NUR Purwodadi mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat berkesan dan menantang, terutama saat mempraktikan Panduan Keselamatan dan Keamanan dalam penanggulangan bencana. “Kami dihadang teroris dan tentara saat sedang melakukan distribusi bantuan, sehingga kami harus bisa melakukan diplomasi,“ ungkapnya.
Menurutnya tujuan dari  praktik panduan Keselamatan  adalah untuk mengurangi kemungkinan terjadinya insiden ketika bertugas di lapangan. “Apabila insiden berbahaya ini terjadi, diharapkan panduan ini akan membantu untuk mengurangi efek yang lebih buruk,“ terangnya.
Materi yang disampaikan terdiri dari Kepalangmerahan, Assesment, Dapur Umum, Standart SPHERE, Pelayanan Kesehatan, Infokom, Manajemen Tanggap Darurat Bencana, Protap PMI, Operasional Satgana, Renops TD, Logistik Tanggap Darurat, Relief dan Distribusi, Manajemen Posko, Manajemen Relawan, dan diakhiri dengan Simulasi Tanggap Darurat Bencana. (Marten-07)

0 comments:

Posting Komentar