iklan

iklan

Senin, 17 Maret 2014

Relawan Adalah Ruh dan Jantung PMI


Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Rapat Kerja Bidang Relawan PMI yang diikuti oleh pengurus, staf dan koordinator relawan PMI Kabupaten dan Kota Se-Jawa Tengah, pada 17-20 Maret, di Gedung Prof.DR.dr.H. satoto, SPgK Pusdiklat PMI Jawa Tengah, Semarang.
“Relawan hendaknya selalu mendapat pembinaan, karena relawan adalah ruh dan jantungnya organisasi PMI,” ungkap Sasongko Tedjo, Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah saat memberikan arahan dalam pembukaan raker, Senin siang (17/3).
Relawan hendaknya “diurusi” dengan baik untuk menyiapkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. “PMI Kabupaten-Kota hendaknya memiliki database relawan untuk merancang kegiatan PMI. Kiprah PMI akan sangat terbatas tanpa relawan,” papar Sasongko.
Pelibatan aktif relawan dalam semua aspek kegiatan PMI merupakan salah satu langkah untuk mengembangkan kapasitas. “Akan tidak berdaya bila tidak memiliki relawan dengan ketrampilan dan kapasitas yang memadai,” pesannya.
Raker ini diharapkan akan mampu untuk merumuskan solusi mengenai pembinaan relawan dan adanya rencana pembinaan relawan tahun 2014-2015. “Raker ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen pengurus PMI provinsi, kabupaten-kota, dalam peningkatan dan pengembangan kapasitas relawan,” kata Wuri Widiyanti, Kadiv. Relawan PMI Provinsi Jawa Tengah.
Seluruh peserta raker nantinya akan memaparkan hasil evaluasi pembinaan PMR (Palang Merah Remaja) dan Relawan di tingkat kabupaten-kota. Juga program kerja 2014 dibidang PMR dan Relawan. “Raker ini juga menjadi ajang evaluasi dan berbagi pengalaman antar peserta dalam pembinaan relawannya,” imbuh Wuri.
“PMI Provinsi akan merangkum dan menganalisa hasil evaluasi, paparan dan kuisioner manajemen relawan, yang nantinya bisa menjadi rekomendasi bagi pembinaan relawan PMI di Jawa Tengah,” pungkasnya.(Nashr

0 comments:

Posting Komentar