iklan

iklan

Jumat, 25 Mei 2018

BULAN DANA PMI




Bulan Dana PMI
Selamat datang Teman Blogger ingin share sedikit tentang Bulan Dana PMI yang diselenggarakan oleh PMI. tapi sebelum itu, teman teman sudah mengetahui apa itu PMI belum? saya bahas sedikit dulu ya.


PMI adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan.
Buat temen temen yang belum mengetahui tentang tugas PMI, ini saya share sedikit :) pasti ada beberapa yang mengenal PMI hanya karena donor darahnya saja, tetapi sebenarnya masih ada banyak loh sahabat :) berikut tugas pokok PMI:

Kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana.

Okay sahabat biar saya perjelas maksud dari tugas ini ya. Jadi, PMI disini sudah memiliki banyak bekal berupa fisik, mental dan juga pengetahuan yang luas tentunya. Karena itu mereka harus selalu siap apabila terjadi bencana alam. 

Pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan.

Maksud dari "Pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan." adalah mereka siap membantu apabila ada relawan yang mau membantu PMI menanggulangi bencana. Disini PMI akan memberikan pengalaman dan juga ilmu yang dibutuhkan ketika melakukan pertolongan kepada relawan. 

Pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. 

Disini PMI mengadakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang berupa pos :) sebagai contohnya ketika adanya arus mudik lebaran :) 


Pelayanan transfusi darah. Biasa kita kenal dengan istilah, donor darah .

Kalau yang ini sahabat blogger pasti sudah tau :) karena PMI terkenal akan pelayanan donor darahnya :) pengertian dari donor darah yaitu adanya orang yang secara sukarela menyumbangkan darahnya dengan tujuan menolong orang lain yang membutuhkan darah, tetapi ga semua orang bisa melakukannya karena ada beberapa syarat untuk dapat melakukan donor darah. kalau sahabat ada yang mau donor darah ini jadwalnya :). ada banyak loh manfaat donor darah salah satunya mengurangin 88% resiko penyakit jantung ;)
Baiklah sekarang kita bicara tentang apa sih kegiatan PMI itu? nah ini dia sahabat ada banyak loh kegiatan PMI itu dan semuanya ga ada yang bersifat buruk :) semuanya bersifat menolong 

Pengajaran dan penyadaran mengenai perubahan iklim. PMI juga membantu masyarakat memahami bagaimana beradaptasi dengan perubahan iklim.

Perubahan iklim bukan hal yang kecil seperti orang pikirkan selama ini, karena banyak sekali dampak dari perubahan iklim itu sendiri salah satunya ialah adanya bencana seperti banjir ketika peralihan dari musim panas ke musim hujan begitu juga sebaliknya terjadi kekeringan ketika peralihan dari musim hujan ke musim panas, oleh karena itu PMI mengadakan pengajaran kepada masyarakat tentang peralihan iklim, dan PMI sudah memiliki strategi diantaranya :

- Melakukan advokasi atau penyadaran perubahan iklim.- Melakukan perbincangan tentang strategi ketika pergantian musim dan juga pendekatan mengenai apa saja alat yang dibutuhkan ketika perubahan iklim.-Mengintegrasikan adaptasi terhadap perubahan iklim dalam managemen bencana.-Mempromosikan adaptasi iklim.

PMI membantu masyarakat untuk bisa mengurangi resiko bencana, siap menghadapi bencana, beserta dampaknya. 

Disini PMI melakukan seperti seminar biasanya dengan tema cara cara mengurangi resiko bencana beserta dengan dampaknya, agar masyarakat dapat mengetahui apa yang perlu dilakukan apabila terjadi bencana 

PMI melayani pencarian orang hilang akibat bencana atau konflik. 

Apabila terjadi bencana alam, PMI akan turun ke tempat kejadian peristiwa untuk melakukan tugasnya, salah satunya mencari korban yang hilang. Sebagai contoh ketika tenggelamnya pesawat terbang MH370 pada bulan agustus 2015 kemarin PMI membantu pencarian korban pesawat tersebut.

Kampanya pencegahan flu burung. 

Pada tahun 2005 Indonesia tercata negara ke2 setelah Vietnam yang paling banyak terkena penyakit flu burung, PMI tidak diam saja mereka melakukan kampanya tentang flu burung, dan mereka membuat strategi yang terdiri dari Public Awereness (kominikasi, informasi dan edukasi tentang flu burung kepada masyarakat khusunya peternak), Bio Security (Penyemprotan kepada unggas dengan tujuan mencegah penularan penyakit dari unggas ke unggas lainnya), Kegiatan Surveillance Berbasis Masyarakat (Kegiatan ini ialah pelaporan apabila ada unggas yang mati secara aneh atau tidak wajar yang akan dilaporkan ke pemerintah pusat dan menunggu tindakan selanjutnya) 

Membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan air dan sanitasi.

Seperti yang kita ketahui air merupakan sumber kehidupan bagi mahluk hidup, namum bagaimana jika sumber kehidupan kita sulit didapat? tentu ada sebagian yang merasa kesulitan untuk mendapat air yang bersih. Oleh karena itu PMI menjadikannya sebagai program terpadu dengan memperdayaan masyarakat di bidang pertolongan pertama..



Kegiatan Donor Darah
Saling Membantu Ketika Bencana Alam
Saling Membantu Sesama
Reboisasi

Gimana sahabat blogger? :)Sebagian besar dari kita mungkin hanya mengetahui kegiatan PMI hanya donor darah saja, tetapi itu salah. foto foto diatas hanya sedikit dari kegiatan PMI loh More pict here :) tapi PMI juga memiliki kegiatan seperti Dapur Umum di lapangan saat terjadi bencana alam, ada juga pelayanan kesehatan dan pelayanan ambulans. dan untuk orang yang memiliki shock ketika sudah terkena bencana alam,PMI juga memberikan pelayanan Psikososial dan juga ada pelayanan pemulihan keluarga, pembinaan generasi bangsa dan ada juga pengelolaan air bersih loh :)

Mengapa kita harus saling tolong menolong?Gini kita hidup di dunia ini pasti saling memerlukan, tidak ada orang yang mampu hidup di dunia sendirian. Kita disini sebagai manusia yang memiliki kebutuhan hampir tak terbatas, tetapi sebenarnya dengan kita berbagi kita telah hampir menjadi segalanya bagi yang membutuhkan :) 
Nah sesudah mengetahui apa itu PMI, apa tugasnya dan apa kegiatannya, saya disini sebagai masyarakat yang cinta negara dan peduli pada bangsa, ingin mengajak blogger untuk membantu kegiatan PMI agar berjalan semakin tinggi dan semakin lancar, mau tau bagaimana caranya? Ayo peduli bantu sesama gampang ko hanya tinggal transfer saja dana yang akan disumbangkan ke rekening dibawah ini :)


BANK JATENG REK. 1.017.00079.3




----------------------------------------------------
Saat anda menolong, jangan pernah mengharapkan sebuah imbalan. Karena imbalan itu datang bukan dari orang-orang yang anda tolong, tapi selalu datang dari arah yang lain.
---------------------------------- 
Jika anda malas untuk menolong orang lain, maka bayangkanlah jika tak ada seorangpun yang mau menolong anda. 


                        0 comments:

                        Posting Komentar