This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

iklan

iklan

Rabu, 07 September 2016

PETUNJUK PELAKSANAAN OLIMPIADE PMR PALANG MERAH INDONESIA KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2016

SUKSESKAN
OLIMPIADE PMR WIRA&MADYA
PALANG MERAH INDONESIA  KABUPATEN GROBOGAN






PETUNJUK PELAKSANAAN
OLIMPIADE PMR MADYA DAN PMR WIRA
PALANG MERAH INDONESIA KABUPATEN GROBOGAN
TAHUN 2016



I.             PENDAHULUAN
Dalam rangka meningkatkan kreatifitas dan keterampilan PMR Madya dan Wira di Kabupaten Grobogan maka PMI Kabupaten Grobogan akan menyelenggarakan kegiatan olimpiade PMR Madya dan Wira. Melalui olimpiade ini diharapkan para anggota PMR yang memiliki semangat berprestasi serta memunculkan bibit – bibit relawan muda Palang Merah Indonesia.

II.            NAMA KEGIATAN
“ OLIMPIADE PMR MADYA DAN WIRA PMI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2016”

III.          DASAR PELAKSANAAN
a.   AD / ART Palang Merah Indonesia;
b.   Program Kerja Pengurus PMI Kabupaten Grobogan Tahun 2016.

IV.          MAKSUD DAN TUJUAN
Olimpiade ini memiliki maksud dan tujuan sebagai berikut :
Ø  Meningkatkan rasa persaudaraan  antar anggota PMR.
Ø  Meningkatkan kreatifitas dan keterampilan anggota PMR.
Ø  Sebagai sarana berprestasi dan menyalurkan bakat, khususnya di bidang yang dilombakan.
Ø  Sebagai sarana membentuk jiwa kerelawanan bagi anggota PMR.

V.           SASARAN PESERTA
Sasaran peserta kegiatan olimpiade ini adalah :
1.   PMR Madya              : 30 unit
2.   PMR Wira                 : 25 unit
Masing – masing unit mengirimkan peserta  5 anggota PMR dan 1 pembina PMR.

VI.          TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN
MADYA
WIRA
Hari : Minggu
Tanggal : 30 Oktober 2016
Waktu : 07.00 – selesai
Tempat : Markas PMI Kab.Grobogan
Hari : Minggu
Tanggal : 13 November 2016
Waktu : 07.00 – selesai
Tempat : Markas PMI Kab.Grobogan


VII.        KEJUARAAN
Untuk semua lomba akan diambil :
1.   Juara 1        : Piala + Piagam Penghargaan
2.   Juara 2        : Piala + Piagam Penghargaan
3.   Juara 3        : Piala + Piagam Penghargaan
Untuk masing – masing tingkatan ada piala bergilirnya sebagai juara umum. Dimana diambil dari nilai akumulasi bidang yang dilombakan.

VIII.       PERSYARATAN PESERTA
ü  Peserta lomba merupakan pelajar aktif/anggota PMR Kelas VII dan VIII untuk PMR MADYA dan kelas X dan XI untuk PMR WIRA yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) atau surat keterangan dari kepala sekolah bahwa peserta merupakan anggota PMR diunit tersebut.
ü  Menyerahkan Fotocopy KTA PMR/OSIS sebanyak 1 lembar.
ü  Menyerahkan surat keterangan dan surat tugas dari sekolah.
ü  Mengisi form pendaftaran peserta serta membayar uang pendaftaran Rp. 50.000 (lima puluh ribu rupiah)
ü  Menyerahkan foto berwarna 3x4 sebanyak 2 lembar.
ü  Setiap unit hanya boleh mengirimkan satu tim.
ü  Semua peserta wajib mengenakan ID Card lomba selama kegiatan
ü  Dokumen pendaftaran dimasukkan kedalam map berwarna biru (Madya), kuning (wira) dan diserahkan paling lambat saat daftar ulang.
ü  Melaksanakan daftar ulang tanggal 30 Oktober 2016 untuk PMR Madya dan tanggal 13 Nopember 2016 untuk PMR WIRA serta sekaligus mengambil nomor undi TIM untuk semua cabang lomba
IX.          SISTEM PENDAFTARAN
Ø  Waktu Pendaftaran
Waktu pendaftaran dimulai sejak diterimanya juklak ini sampai tanggal 20 Oktober 2016
Ø  Cara Pendaftaran
Langsung ke Markas PMI Kabupaten Grobogan Jl. PA. Tendean No. 5 Purwodadi Telp. (0292) 421220 / Hub. sdr Gesit Kristyawan 081326630054

X.           Temu Teknik
    Temu teknik dilaksanakan pada hari, SABTU, 22 Oktober 2016 pkl 08.00 wib-selesai di Aula PMI Kabupaten Grobogan Jl. PA. Tendean No. 5 Purwodadi. Adapun yang mengikuti temu teknik adalah 1 (satu) Pembina PMR.



PETUNJUK TEKNIS

OLIMIADE PMR MADYA DAN PMR WIRA

PMI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2016



A.   PERLOMBAAN
Olimpiade PMR Madya dan Wira PMI Kabupaten Grobogan akan dilaksanakan satu hari dengan 3 macam perlombaan antara lain :
Ø  Pertolongan Pertama                                     2 orang
Ø  Perawatan Keluarga                                     2 orang
Ø  Donor Darah                                       1 orang

1.   PERTOLONGAN PERTAMA
a.   Babak Penyisihan
·         Peserta 2 orang mengerjakan soal pillihan  ganda  sebanyak 50 soal yang dikerjakan selama 30 menit. 
·         Jawaban benar bernilai dua, jawaban salah bernilai nol.
·         Pada tahap ini akan diambil 50% tim dengan nilai tertinggi untuk   maju   ke   babak  semi final.
·         Apabila terdapat nilai sama dalam 50%+ 1 atau lebih maka  akan dilakukan tes tambahan pada kelompok yang memiliki nilai sama untuk menentukan satu kelompok untuk maju ditahap semi final.
·         Perlengkapan  Alat  tulis (papan ujian dan bolpoin) tiap   tim   disediakan peserta.
·         Hasil penilaian akan ditandatangani juri lomba sebagai bukti keabsahan hasil penilaian dan selanjutnya akan ditempel pada papan pengumuman.
·         Peserta dilarang : membawa buku catatan dalam bentuk apapun, membawa HP, Bertanya pada peserta lain.
·         Buku Panduan yang digunakan adalah :
ü  PMR Madya : Buku PP PMR Madya cetakan tahun 2008 dan Buku PP edisi ke dua cetakan ke empat Tahun 2009.
ü  PMR WIRA : Buku PP PMR Wira cetakan tahun 2008 dan Buku PP edisi ke dua cetakan ke empat Tahun 2009.
LINK : SILAHKAN UNDUH
http://www.mediafire.com/file/4ck5b19bce2vq29/Buku+PP.rar
https://drive.google.com/file/d/0BxB1fwuRJP8_eDdxOWxZQzFhZEE/view
b.   Babak semi final
·         Peserta 2 orang mengerjakan soal essay sebanyak 10 soal yang dikerjakan selama 30 menit. 
·         Jawaban benar masing-masing soal maksimal 10
·          Pada tahap ini akan diambil 6 tim dengan nilai tertinggi untuk   maju   ke   babak  final.
·         Apabila terdapat nilai sama (misal pada tim ke 6 dan 7)  maka  akan dilakukan tes tambahan pada kelompok yang memiliki nilai sama untuk menentukan satu kelompok untuk maju ditahap  final.
·         Perlengkapan  Alat  tulis (papan ujian dan bolpoin) tiap   tim   disediakan peserta.
·         Hasil penilaian akan ditandatangani juri lomba sebagai bukti keabsahan hasil penilaian dan selanjutnya akan ditempel pada papan pengumuman.
·         Peserta dilarang : membawa buku catatan dalam bentuk apapun, membawa HP, Bertanya pada peserta lain.
·         Buku Panduan yang digunakan adalah :
ü  PMR Madya : Buku PP PMR Madya cetakan tahun 2008 dan Buku PP edisi ke dua cetakan ke empat Tahun 2009.
ü  PMR WIRA : Buku PP PMR Wira cetakan tahun 2008 dan Buku PP edisi ke dua cetakan ke empat Tahun 2009.

c.    Babak final
·         Peserta 2 orang sebagai penolong, melaksanakan tes praktik Pertolongan pertama (PP) sesuai kasus yang diujikan selama 15 menit, dan korban dari panitia.
·         Kasus yang diujikan meliputi:
ü  PMR Madya : Penilian korban, Pingsan, Luka Bakar, mimisan
ü  PMR Wira   : Penilian korban, Patah Tulang, Luka Bakar, Syok
·         Sistem penilaian  menggunakan  grade.
·         kriteria penilaian  praktik PP meliputi penguasaan materi, ketepatan penanganan kasus, Komunikatif dan ketepatan waktu.
·         Apabila terdapat kesamaan nilai makan waktu tercepat akan dijadikan sebagai patokan untuk menentukan juara
·         Perlengkapan Babak Final disediakan oleh pihak panitia.
·         Hasil penilaian akan digunakan untuk menentukan peringkat  I, II, dan III Lomba PP
·         Hasil penilaian akan ditandatangani juri lomba sebagai bukti keabsahan hasil penilaian dan selanjutnya akan ditempel pada papan pengumuman.
·         Peserta dilarang : membawa buku catatan dalam bentuk apapun, membawa HP, Bertanya pada peserta lain.
·         Buku Panduan yang digunakan adalah :
ü  PMR Madya : Buku PP PMR Madya cetakan tahun 2008 dan Buku PP edisi ke dua cetakan ke empat Tahun 2009.
ü  PMR WIRA : Buku PP PMR Wira cetakan tahun 2008 dan Buku PP edisi ke dua cetakan ke empat Tahun 2009.

2.   PERAWATAN KEDARURATAN  (PK)
a.   Babak Penyisihan
·         Peserta 2 orang mengerjakan soal pillihan  ganda  sebanyak 50 soal yang dikerjakan selama 30 menit. 
·         Jawaban benar bernilai dua, jawaban salah bernilai nol.
·         Pada tahap ini akan diambil 50% tim dengan nilai tertinggi untuk   maju   ke   babak  semi final.
·         Apabila terdapat nilai sama dalam 50%+ 1 atau lebih maka  akan dilakukan tes tambahan pada kelompok yang memiliki nilai sama untuk menentukan satu kelompok untuk maju ditahap semi final.
·         Perlengkapan  Alat  tulis (papan ujian dan bolpoin) tiap   tim   disediakan peserta.
·         Hasil penilaian akan ditandatangani juri lomba sebagai bukti keabsahan hasil penilaian dan selanjutnya akan ditempel pada papan pengumuman.
·         Peserta dilarang : membawa buku catatan dalam bentuk apapun, membawa HP, Bertanya pada peserta lain.
·         Buku Panduan yang digunakan adalah buku PK terbitan tahun 2010.

b.   Babak semi final
·         Peserta 2 orang mengerjakan soal essay sebanyak 10 soal yang dikerjakan selama 30 menit. 
·         Jawaban benar masing-masing soal maksimal 10.
·          Pada tahap ini akan diambil 6 tim dengan nilai tertinggi untuk   maju   ke   babak  final.
·         Apabila terdapat nilai sama (misal pada tim ke 6 dan 7)  maka  akan dilakukan tes tambahan pada kelompok yang memiliki nilai sama untuk menentukan satu kelompok untuk maju ditahap  final.
·         Perlengkapan  Alat  tulis (papan ujian dan bolpoin) tiap   tim   disediakan peserta.
·         Hasil penilaian akan ditandatangani juri lomba sebagai bukti keabsahan hasil penilaian dan selanjutnya akan ditempel pada papan pengumuman.
·         Peserta dilarang : membawa buku catatan dalam bentuk apapun, membawa HP, Bertanya pada peserta lain.
·         Buku Panduan yang digunakan adalah buku PK terbitan Tahun 2010.
LINK  SILAHKAN UNDUH
http://www.mediafire.com/file/h6rd9scmcsv4m4n/buku+pk+2010.rar
https://drive.google.com/file/d/0BxB1fwuRJP8_MXJreFd2NF9mWHc/view
c.    Babak final
·         Peserta 2 orang sebagai Narator dan pelaku, melaksanakan tes praktik Perawatan Kedaruratan (PK) sesuai kasus yang diujikan selama 15 menit, dan pasien dari panitia.
·         Kasus yang diujikan meliputi:
ü  PMR Madya  : Mengganti seprai dengan pasien dan tampa pasien
ü  PMR Wira    : Memandikan Pasien dan Mengkramasi
·         Sistem penilaian  menggunakan  grade.
·         kriteria penilaian  praktik PK meliputi penguasaan materi, ketepatan penanganan kasus, Komunikatif dan ketepatan waktu.
·         Apabila terdapat kesamaan nilai makan waktu tercepat akan dijadikan sebagai patokan untuk menentukan juara.
·         Perlengkapan Babak Final disediakan oleh pihak panitia.
·         Hasil penilaian akan digunakan untuk menentukan peringkat  I, II, dan III Lomba PK.
·         Hasil penilaian akan ditandatangani juri lomba sebagai bukti keabsahan hasil penilaian dan selanjutnya akan ditempel pada papan pengumuman.
·         Peserta dilarang : membawa buku catatan dalam bentuk apapun, membawa HP, Bertanya pada peserta lain.
·         Buku Panduan yang digunakan adalah buku PK terbitan Tahun 2010.


3.   DONOR DARAH SUKARELA (DDS)  
·      Perlombaan dilaksanakan dalam satu tahap.
·      Peserta 1 orang mempromosikan (presentasi) kegiatan donor darah selama 15 menit dengan memanfaatkan media yang telah dibuat.
·      Materi presentasi meliputi apa itu donor darah, syarat donor darah, manfaat donor darah dan ajakan donor darah.
·      Kriteria penilaia meliputi Kesuain topik, penguasaan materi  , teknik presentasi dan penggunaan bahasa, kesesuaian media presentasi, Manajemen waktu, dan relevansi jawaban atas pertanyaan juri.
·      Hasil penilaian akan digunakan untuk menentukan juara I, II, III Lomba DDS
·      Hasil penilaian akan ditandatangani juri lomba sebagai bukti keabsahan hasil penilaian dan selanjutnya akan ditempel pada papan pengumuman
·      Buku Panduan yang digunakan adalah buku pengetahuan donor darah terbitan tahun 2008 dan buku panduan lainnya.
LINKhttps://drive.google.com/file/d/0BxB1fwuRJP8_ZkFnSWttNkh0NzQ/view

B.   PENJURIAN DAN PENILAIAN
a.   Juri lomba berasal dari Pengurus, Staf dan PMI Kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Tengah.
b.   Penilaian yang diberikan merupakan hasil yang dicapai dalam perlombaan.
c.    Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
C.   KEJUARAAN
1.   Juara masing-masing cabang lomba
·         Juara I, II, III Lomba Pertolongan Pertama.
·         Juara I, II, III Lomba Perawatan Kedaruratan (PK).
·         Juara I, II, III Lomba DDS.
2.   Juara Umum
·         Juara umum berhak atas piala bergilir ketua PMI Kabupaten Grobogan.
·         Penentuan juara umum didasarkan atas perolehan poin di masing-masing cabang lomba (Juara I = 3 poin, Juara II = 2 poin, Juara III = 1 poin).
·         Tim yang mendapatkan Poin terbanyak berhak atas piala bergilir PMI Kabupaten Grobogan.
·         Apabila terdapat poin yang sama maka penentuan juara umum ditentukan berdasarkan peringkat juara lomba pertolongan pertama.
D.   ATURAN LOMBA
Semua peserta wajib hadir dalam perlombaan 10 menit sebelum acara di
mulai.

E.   JADWAL TENTATIF KEGIATAN
No
Waktu
Kegiatan
1
07.00 – 08.00
Registrasi & Chekc in Peserta
2
08.00 – 08.30
Opening Ceremony
3
08.30 – 08.45
Prepare
4
08.45 – 09.00
Persiapan lomba
5
09.00 – 09.00
Pelaksanaan Lomba
6
12.00 – 13.00
ISHOMA
7
13.00 – 13.15
Persiapan babak final
8
13.15 – 15.00
Babak Final
9
15.00
closing


F.   LAIN - LAIN
hal – hal lain yang tidak atau belum tercantum dalam petunjuk teknis ini akan di tentukan kemudian oelh panitia pada saat tecknical meeting.

G.   PENUTUP
Demikian petunjuk pelaksanaan “ Olimpiade PMR Madya dan PMR Wira Se-Kabupaten PMI Kabupaten Grobogan” Tahun 2016.


Grobogan . 1 Oktober 2016




Panitia

**Hal-hal yang belum diatur dalam peraturan lomba akan  diatur kemudian sesuai kebutuhan

Selasa, 06 September 2016

LOMBA PMR TELADAN TINGKAT JATENG

Palang Merah Remaja (PMR) Wira SMA N 1 Wirosari dan Palang Merah Remaja (PMR) Madya SMP N 2 Purwodadi Presentasi di Bakorwil Pati oleh Tim dari PMI Provinsi Jawa Tengah,Rabu (30/8). Hal itu dilakukan dalam rangka Lomba PMR teladan yang digelar oleh PMI Provinsi Jawa Tengah Tahun 2016. 
“Kedua institusi sekolah  itu mewakili PMI Kabupaten Grobogan untuk maju dalam lomba PMR teladan tingkat Jawa Tengah tahun 2016,” ungkap Djasman S.Pd, Kamarkas PMI Kabupaten Grobogan, usai memberangkatkan  Tim PMR Teladan, di Markas PMI Kabupaten Grobogan pagi tadi.
Unsur yang dinilai dalam lomba PMR teladan itu meliputi penilaian administrasi,  pengecekan sarana prasarana,  proses rekruitmen, pelatihan dan simulasi, publikasi,  pengakuan dan penghargaan serta evaluasi  kegiatan pmr.
Metode penilaian yang digunakan antara lain
A.  Penilaian Tahap I
1)  Penilaian Data Dukung Sekolah (Form Kuisioner)
Unit PMR yang diajukan diharuskan mengumpulkan Form Kuisioner sesuai format terlampir yang dikirim terlebih dahulu ke PMI Provinsi sesuai waktu yang di tentukan dan akan dinilai (jika melebihi batas waktu maka akan mempengaruhi penilaian)
2)  Penilai Presentasi
Presentasi unit PMR  akan dilakukan per Korwil dengan ketentuan sebagai berikut :
1.  Tema Presentasi yaitu “PMRku menjadi Peer yang Cakap, dan Terampil”
2.  Tempat presentasi di salah satu Markas PMI Kabupaten/Kota di masing-masing Korwil(ditentukan kemudian)
3.  Presentasi masing-masing sekolah oleh 2 orang anggota PMR di dampingi PMI Kabupaten/Kota.
4.  Waktu presentasi 30 menit, 15 menit pemaparan oleh anggota PMR dan 15 menit wawancara baik dengan anggota PMR, Pembina maupun perwakilan PMI Kab/Kota.
5.  Presentasi dengan metode pemaparan dan dapat menggunakan media Hightech maupun Lowtech
Dokumen-dokumen administrasi PMR yang dicantum dalam form kuisioner di bawa saat presentas
6.  Jadwal presentasi akan diatur kemudian.
Dari hasil penilaian data dukung(Form Kuisioner) dan presentasi akan di pilih masing-masing 2 unit perkorwil (2 Madya, 2 Wira) yang akan di lakukan kunjungan ke sekolah yang bersangkutan
 
B. Tahap II
1.  Kunjungan
Kunjungan ke Unit PMR dilakukan untuk yang lolos dari hasil seleksi tahap I yaitu sejumlah 6 unit PMR Madya dan 6 Unit PMR Wira(jadwal ditentukan kemudian). Kunjungan dilakukan melihat secara langsung :
1)  Lingkungan sekolah,
2)  Kondisi ruang PMR,
3)  Kelengkapan administrasi,
4)  Buku-buku Materi PMR
5)  Latihan rutin PMR

2.  Wawancara
Wawancara dilakukan selama kunjungan ke Unit PMR dengan melakukan wawancara ke siswa anggota PMR, siswa non-PMR, Guru pendamping, guru non-pendamping dan staf PMR & relawan PMI Kabupaten/Kota.
“Untuk Sekolah yang lolos 6 Besar akan di lakukan Proses Penilaian terbagi dalam tiga  model yaitu presentasi dari ketua PMR, interview dengan siswa non PMR dan guru non Pembina PMR serta kunjungan sekolah untuk melihat kondisi fisik ruang PMR maupun UKS dan lingkungan sekolah,”ujar Rina Utami saat penilaian di lapangan.
Selama proses penilaian, Tim melibatkan secara langsung anggota PMR dan warga sekolah sebagai obyek penilaian melalui proses dialog langsung atau wawancara.
Di akhir acara, Tim melakukan evaluasi hasil  kegiatan selama penilaian.
Djasman S.Pd menambahkan, kegiatan lomba yang digelar oleh PMI Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan setiap tahun berdampak positif  bagi PMR di pangkalan sekolah.

“Dampaknya, PMR di pangkalan sekolah selalu semangat untuk berlomba-lomba meningkatkan prestasi demi kemajuan PMR, apalagi modelnya yang mengikuti lomba setiap tahunnya pesertanya bergantian,”imbuhnya.

Senin, 05 September 2016

KSR PMI Kabupaten Grobogan Juara 1 Pemetaan ( MAPING )




Ketua Paguyuban Korwil I Jawa Tengah  Surahman. pada Minggu siang (7/8/2016) menyerahkan piala kepada para juara lomba Pemetean BKRK ( Maping ) Tingkat KSR Se- Korwil I Jawa Tengah. Penyerahan piala ini dilaksankan pada Penutupan Jumbara dan Temu Karya KSR Se- Korwil 1 Jawa Tengah. Para pimpinan FKPD dan pejabat SKPD serta tamu undangan dari berbagai lapisan masyarakat ikut hadir dalam penutupan Jumbara dan Temu Karya KSR yang dilangsungkan di Buper Lamdikada Candra Birawa Ungaran , Kabupaten Grobogan. Dalam Maping yang merupakan rangkaian dalam kegiatan Evaluasi kegiatan KSR di tiap Kabupaten atau Kota Sekorwil I Jawa Tengah, KSR PMI Kabupaten Grobogan  berhasil meraih Juara 1. Kemudian untuk Juara II diraih PMI kabupaten Rembang danTuan Rumah Kota Semarang mendapatkan Juara III.
Dalam kesempatan itu, Ketua Paguyuban Korwil I Jawa Tengah menyampaikan bahwa Lomba Maping merupakan sebagai wadah evaluasi kegiatan PMI Korwil I Jawa tengah. Tetapi, harus terus dilakukan sepanjang waktu karena hal itu merupakan kebutuhan bersama. “Kepada para pemenang lomba, saya ucapkan selamat. Saya berharap,ditingkatkan dan dikembangkan di lingkungan masing-masing” 

PMI Latih Pembina PMR



Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Grobogani menggelar Pelatihan Pembina Palang Merah Remaja (PMR)  Wira di Markas PMI Kabupaten Grobogan. Kegiatan itu dikuti 30 SMA/SMK dan MA dari wilayah Kabupaten Grobogan.
Kegiatan tersebut ditujukan untuk meningkatkan kualitas Pembina PMR terutama yang berasal dari kalangan guru. “Banyak guru yang jadi pembina PMR tapi belum paham betul apa itu palang merah. Mereka biasanya langsung ditunjuk dari sekolah,” kata kata Kepala Markas PMI Kabupaten Grobogan, Djasman, Selasa (30/9).
Diharapkan setelah mendapatkan pelatihan selama empat hari sejak Senin (29/9) hingga Rabu (30/9), para pembina setidaknya memiliki dasar yang memadai untuk membimbing anggota PMR di sekolah masing-masing.
Materi yang akan disampaikan sendiri cukup lengkap mulai dari Pembinaan PMR, Manajemen PMR, Kepalangmerahan, Pertolongan Pertama, Perawatan Keluarga, Donor Darah, dan Pendidikan Remaja Sebaya. “Pembina-pembina ini kita minta supaya melatih anggota-anggotanya supaya kegiatan PMR terus berkembang. Jangka Panjangnya kita harapkan bisa kembali untuk mengabdi di Grobogani,” terang Djasman.
Terpisah, salah satu guru yang mengikuti kegiatan itu,Gutur Pembina PMR asal SMA N 1 gabus merasa puas dengan pelatihan yang diterimanya. Ia mengaku awalnya keberatan menjadi pembina karena merasa tidak mampu. “Awalnya kan tidak punya bekal sekarang sudah tahu sedikit-sedikit. Nanti sambil berjalan kan bisa diperdalam lagi,” kata dia ( marten )