iklan

iklan

Rabu, 18 Oktober 2017

PMI GROBOGAN BENTUK SEKOLAH SIAGA BENCANA (SSB) BARU

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Grobogan turut berpartisipasi dalam acara Pelatihan dan Pendidikan Sekolah Siaga Bencana (SSB) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Purwodadi, Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan, Sabtu lalu (7/10).

Acara yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia Kabupaten grobogan ini di resmikan oleh Ketua PMI Kabupaten Grobogan , H.Sugiyanto,SH.MM “Dengan SSB ini, kita mencoba untuk masuk ke dalam kurikulum pendidikan agar mampu menciptakan manusia yang tangguh dalam menyikapi lingkungannya.”, tuturnya.

SMP N 1 Purwodadini disiapkan untuk menjadi sekolah yang siap siaga dalam menghadapi bencana, khusnya kebanjiran dan kebakaran. Hal ini selain menjadi program dari PMI Kabupaten Grobogan juga karena SMP N 1 Purwodadi ini berada di Pusat Kota Purwodadi.

Sementara itu, Staf PB PMI Kabupaten Grobogan Gesit Kristyawan menyampaikan bahwa sekolah – sekolah perlu disiapkan untuk menjadi SSB karena sekolah merupakan wadah yang tepat untuk menyambung informasi mengenai kesiapsiagaan bencana, khususnya menanamkan sejak dini akan kesiapsiagaan bencana terhadap murid - murid.

Sepaham dengan Gesit, Sugiyanto menyampaikan bahwa siswa – siswa sangat perlu diberi pemahaman dan pembinaan bagaimana cara penanggulangan dan mitigasi bencana.

“Mitigasi bencana harus menjadi bagian dari budaya dan kearifan lokal masyarkat Kabupaten Grobogan. Oleh karena itu pembinaan dan pelatihan cara penanggulangan bencana harus dimulai sejak dini. Siswa – siswa sangat perlu diberi pemahaman dan pembinaan bagaimana cara penanggulangan dan mitigasi bencana.", katanya

Sugiyanto juga menyatakan bahwa proses untuk menjadi SSB ini membutuhkan waktu selama dua tahun. Tahun pertama merupakan tahun rintisan yang dilakukan dengan sosialisasi program bagi para guru, dan pembuatan rencana pengintegrasian materi pengurangan risiko bencana dalam pelajaran sekolah. Sementara tahun kedua merupakan penguatan yang dilakukan dengan pelatihan, pembuatan rencana kontigensi bencana, dan simulasi bencana.

Dalam acara ini, selain memberikan pengetahuan, juga meningkatkan kapasitas kemampuan dengan membentuk tim siaga darurat sekolah .

Acara yang dilaksanakan di Aula SMP N 1 Purwodadi ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai instansi, di antaranya BPBD Kabupaten Grobogan, Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan.



0 comments:

Posting Komentar