iklan

iklan

Jumat, 16 Januari 2015

Banjir Bandang Tewaskan 3 Penduduk

Palang Merah Remaja (PMR) Wira MA YPI Klambu menggelar kegiatan simulasi  Siaga Bencana di Desa Sinawah, Kecamatan Brati, hari ini 16 Januari 2015 . Kegiatan diikuti oleh 24 anggota PMR.
Peserta  Luluk  mengungkapkan, kegiatan meliputi simulasi seleksi prioritas korban, penanganan pertolongan pertama korban di tempat kejadian dan evakuasi korban menuju rumah sakit lapangan dan rumah sakit rujukan. “Kegiatan ini sangat diminati anggota PMR karena sangat menarik dan mendekati situasi sesungguhnya jika terjadi kecelakaan atau bencana dengan korban banyak” ujar Luluk.
Sementara itu pembina PMR, Khasan mengungkapkan, saat simulasi dilaksanakan kondisi bencana banjir bandang dengan masing-masing korban 10 orang, penolong 14 orang dan fasilitator 2 orang.  “Jenis bencana ini dipilih dan simulasikan karena dianggap yang paling sering terjadi di wilayah Kabupaten Grobogan, sehingga anggota PMR punya pembelajaran apabila terjadi bencana semacam ini di lingkungan mereka” ujar Happy yang juga Relawan PMI Kabupaten Grobogan.
Para anggota berlari, menenteng perlengkapan pertolongan pertama, tandu dan sejumlah perlengkapan penanganan bencana mendekati para korban dan langsung beraksi menangani dan menyelesaikan tugas-tugasnya dengan cepat dan sigap. Kegiatan diakhiri dengan permainan dan beradu semangat dengan lagu-lagu siaga bencana hasil gubahan mereka.

“Kegiatan ini akan terus dilakukan ditahun-tahun mendatang untuk mempertajam rasa peduli anggota PMR dan remaja secara umum terhadap bencana-bencana yang terjadi di sekitar mereka,” tambah Happy. (Humas/Marten K.l)

0 comments:

Posting Komentar