iklan

iklan

Selasa, 30 Desember 2014

Forum Relawan Korwil 1 Forel Korwil 1 Selenggarakan KPRB Sumber Berita: www.pmi-jateng.or.id http://pmi-jateng.or.id/berita-forel-korwil-1-selenggarakan-kprb.html#ixzz3NRCwdKbS







Sebagai keberlanjutan program Forum Relawan  (FOREL) Korwil I Jawa Tengah. menggelar Kemah Pengurangan Resiko Bencana (KPRB) di Desa Rintisan Wisata Wonosoco Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, pada 17-21 Desember kemarin.
Diikuti 117 peserta dari PMI Kabupaten Kudus, Jepara, Rembang, Kendal , Blora, Pati, Grobogan, Demak, Semarang  dan Kota Semarang yang terdiri dari anggota Palang Merah Remjaa (PMR) Mula, Madya, Wira dan Korps Sukarela (KSR) serta Pembina.
Ketua Panitia M. Toriq mengatakan Palang Merah Remaja (PMR) sebagai anggota remaja PMI mempunyai peran dan peluang memperngarui kelompok sebayanya untuk meningkatkan ketrampilan hidup terkait pengurangan resiko bencana dan masalah kesehatan. Perilaku positif inilah yang perlu untuk dikembangkan dan diupayakan pembinaannya sejak dini.
“Perilaku positif yang dibina sejak dini akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup di masa mendatang yang diharapkan juga akan memberikan pengaruh perilaku positif terhadap orang dewasa,” katanya di  Desa Wisata  Wonosoco Kecamatan Undaan  Kabupaten Kudus, yang menjadi lokasi kegiatan (21/12).
Menurutnya agar para anggota PMR dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya sebagai model ( peerleader), dukungan ( peer Support ) dan  pendidik sebaya ( peer education) pengurangan resiko maka perlu disusun sebuah kegiatan penguatan, yang salah satunya dengan digelarnya KPRB ini.
“Diharapkan melalui kegiatan ini diharapkan peserta dapat memfasilitasi kegiatan upaya pengurangan risiko bencana berbasis remaja melalui sekolah siaga bencana,jelasnya.
Kegiatan menampilkan bentuk kampanye yang kreatif dan atraktif, serta bermakna. Ada role play, orasi, lagu, poster, dan pertunjukan boneka yang digunakan menjadi media penyampaian pesan pengurangan risiko. Hadi pula relawan Singapore Red Cross yang sedang berkunjung ke Demak, untuk berbagi pengalaman di bidang pengurangan risiko bencana di negaranya. (Marten


Sumber Berita: www.pmi-jateng.or.id
http://pmi-jateng.or.id/berita-forel-korwil-1-selenggarakan-kprb.html#ixzz3NRC5Sjcs

0 comments:

Posting Komentar