iklan

iklan

Senin, 24 Juli 2023

330 Siswa Baru Mengikuti Simulasi Bencana Alam Yang Digelar PMR Wira SMK Asta Mitra Purwodadi Saat MPLS

 


Dalam rangka sosialisasi dan Promosi ekstrakurikuler pada tanggal 20 Juli 2023, PMR Wira SMK Asta Mitra Purwodadi mengadakan unjuk kebolehan dalam menghadadpi bencana saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Sebanyak 330 siswa baru mengikuti kegiatan ini. Mereka tampak antusias melihat simulasi mulai awal sampai akhir.

Pada pelaksanaanya, puluhan anggota PMR Wira SMK Asta Mitra Purwodadi tampilkan drama dengan judul “ Gempa Bumi “. Para anggota  mendemonstrasikan kejadian yang menyebabkan beberapa orang luka-luka, kemudian Tim First Aid PMR Wira SMK Asta Mitra Purwodadi memberi penanganan mulai dari cidera ringan hingga berat,” kata Melati pengurus PMR SMK Asta Mitra Purwodadi.

Dia menjelaskan, dari simulasi penanganan korban bencana diharapkan  siswa – siswi baru SMK Asta Mitra Purwodadi juga tanggap. “Serta sekaligus hal ini sebagai upaya orientansi kepalangmerahan terutama Palang Merah remaja,” imbuhnya.



PMR adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI yang ada di sekolah, Mulai SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA.  Anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan – kegiatan kemanusian dibidang kesehatan dan siaga bencana, mempromosikan prinsip- prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.

PMR adalah suatu organisasi binaan dari Palang Merah Indonesia yang berpusat di sekolah-sekolah ataupun kelompok-kelompok masyarakat (sanggar, kelompok belajar) yang bertujuan membangun dan mengembangkan karakter Kepalangmerahan agar siap menjadi Relawan PMI pada masa depan.



Keanggotaan dan tingkatan PMR di Indonesia dikenal ada 3 tingkatan PMR sesui dengan jenjang pendidikan atau usianya PMR Mula adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Dasar (10-12 tahun)  Warna Slayer hijau muda. Sedangkan PMR Madya adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar sekolah Menengah Pertama (12-15 tahun) Warna slayer biru langit, dan PMR Wira adalah PMR dengan Tingkatan setara pelajar Sekolah Menengah Atas (13-17 tahun) dengan warna slayer kuning cerah.



2 komentar: