WAKTU
|
PESERTA
|
PROSES
|
POIN PENILAIAN
|
PERLENGKAPAN
|
SDM
|
|
·
Mula ( 2 Orang)
·
Madya (2 Orang)
·
Wira ( 2 orang)
|
·
Peserta
berkumpul di suatu tempat yang telah ditetntukan oleh panitia dengan membawa
sebagai berikut
·
Masing unit PMR
Mula memberikan bantuan 1 paket yang berisi
o
5 bungkus Mie
o
1 Kg Beras
o
1 kg minyak
goreng
·
Masing unit PMR
Madya memberikan bantuan 1 paket yang berisi :
o
5 bungkus mie
o
1 kg beras
o
1 kg minyak
goreng
·
Masing unit PMR
Wira memberikan bantuan berisi :
o
5 bungkus mie
o
1 kg beras
o
1 kg minyak
goreng
·
Masing – masing
bantuan sudah di paket dalam satu plastik berwarna putih.
·
Pembagian
bantuan dilaksanakan saat Kegiatan BakSos
|
|
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perlengkapan
|
SDM
|
|
·
Madya ( 1 Orang)
·
Wira ( 1 Orang)
|
·
Seluruh
peserta menempatkan diri di area yang telah disiapkan.
·
Peserta
membuat PIN setelah ada tanda dari Panitia.
·
Peserta
membuat Media Promosi dengan tema Kesiapsiagaan Bencana untuk
MADYA
sedangkan WIRA
bertemakan Ayo Donor Darahdengan media desain PIN yang digambar
dengan manual di lembar kertas A4.
·
Semua proses
pengerjaan dilakukan di lokasi lomba
·
Setelah
selesai mengerjakan dan atau waktu telah habis, hasil karya dikumpulkan ke
panitia untuk dilakukan proses penjurian.
·
Waktu
60 menit
|
·
kesesuaian
dengan tema 20 %
·
pesan
30 %
·
estetika
40 % (grafis,komposisi warna)
·
kerjasama
10%
( penentuan peringkat
Apabila terjadi nilai yang sama maka peserta
dengan waktu pengerjaan lebih cepat menempati peringkat yang lebih
tinggi
|
·
kertas
A4
·
crayon
·
alat
tulis
perlengkapan di
sediakan oleh peserta sendiri
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin
Penilaian
|
Perlengkapan
|
SDM
|
|
·
Mula ( 3 orang)
·
Madya ( 3 orang)
·
Wira (3 orang)
|
·
Seluruh
peserta menempatkan diri di area yang telah disiapkan.
·
Peserta
mengolah bahan bekas setelah ada tanda dari Panitia.
·
Peserta
mengolah bahan bekas menjadi bahan jadi yang memiliki nilai seni dan nilai
jual
·
Semua
proses pengerjaan dilakukan di lokasi lomba
·
Setelah
selesai mengerjakan dan atau waktu telah habis, hasil karya dikumpulkan ke
panitia untuk dilakukan proses penjurian.
·
Waktu
60 menit
|
·
Keindahan
20 %
·
Tingkat
Kesulitan 30 %
·
Seni
40 % (grafis,komposisi warna)
·
kerjasama
10%
( penentuan peringkat
Apabila terjadi nilai yang sama maka peserta
dengan waktu pengerjaan lebih cepat menempati peringkat yang lebih tinggi )
|
·
bahan
bekas
·
gunting
·
pimes
·
cat
warna
·
kertas
hias
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin
Penilaian
|
Perlengkapan
|
SDM
|
|
·
Mula ( 6 Orang)
·
Madya (6 Orang)
·
Wira ( 6 Orang)
|
·
Peserta yang telah di pos “Pertolongan
Pertama” melakukan proses prosedur memasuki pos secara bersama – sama.
·
Peserta di pisah berdasarkan tingkatnya
(wira,Madya,Mula)
·
Peserta dibagi menjadi 2 kelompok untuk
melaksanakan tugas meliputi soal praktek dan tertulis ( teori)
·
2
Peserta mengerjakan soal teori
·
4
Peserta mengerjakan soal praktek Pertolongan Pertama dan diberikan 15 menit.
(2 menit persiapan, 10 menit pelaksanaan, 3 menit evaluasi)
·
4
peserta yang praktek meliputi ( 1 korban, 3 penolong)
Materi
berdasarkan buku panduan PMR “Pertolongan Pertama” terbita edisi 2008.
|
·
Ketepatan
·
Kecepatan
·
Ketelitian
·
Prosedur Pertolongan Pertama
(
penentuanperingkat
Apabilaterjadinilai
yang samamakapesertadenganwaktupengerjaanlebihcepatmenempatiperingkat yang
lebihtinggi
|
·
PeralatanPertolonganPertama
( disediakanolehPesertaSendiri)
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perlengkapan
|
SDM
|
|
WIRA ( 4 Orang )
|
·
Daftar menu harus dilampirkan
·
Alat dan bahan masak disiapkan oleh peserta
·
Peserta menyelesaikan masak dalam waktu 60
menit
·
Menu masakan “BAGI KORBAN BENCANA”
·
Setiap tim masak 1 porsi
|
·
Kekompakan
·
Kebersihan
·
Kesesuaian tema
·
Ketrampilan dalam penyajian
|
Alat masak dan
perlengkapan di sediakan oleh peserta
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perlengkapan
|
Sdm
|
|
·
Mula ( 5 Orang)
·
Madya ( 5 Orang)
·
Wira ( 5 orang)
|
·
Setiap peserta melakukan senam pagi dan apel
pagi untuk mempererat persaudaraan
|
|
·
Seragam olahraga
·
Sound system
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perlengkapan
|
Sdm
|
|
|
·
Mula (4orang)
·
Madya (4Orang)
·
Wira (4orang)
|
·
Peserta yang telah berada di tempat Perawatan
Keluarga melakukan proses prosedur memasuki tempat secara bersama – sama
·
Peserta dipisah berdasarkan tingkatkannya
(Mula,Madya,Wira)
·
Peserta di bagi 2 kelompok 1 orang mengerjakan
soal teori dan 3 orang mengerjakan praktek
·
Materi berdasarkan buku paket PMR”Remaja Sehat
Peduli Sesama”terbitan tahun 2008 dan buku lain yang relevan
·
Peserta 1 yang tertulis soal pilihan ganda
(waktu 15 menit)
·
Peserta 3 orang mengerjakan soal praktek
sesuai kasus yang telah diberikan dengan waktu 15 Menit ( 2 menit persiapan,
10 menit pelaksanaan, 3 menit evaluasi)
·
Setelah menyelesaikan tugas peserta
meninggalkan tempat
|
·
Ketepatan
·
Kecepatan
·
Ketelitian prosedur pelaksanaan
|
·
Alat Tulis
·
Papan (tatakan)
·
Form penilaian
·
Lembar soal
·
Perlengkapan alat praktek Perawatan Keluaraga
di sediakan oleh panitia
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perlengkapan
|
Sdm
|
|
·
Mula ( 5 Orang)
·
Madya ( 5 Orang)
·
Wira ( 5 Orang)
|
Semua peserta
berkumpul dilapangan untuk bentuk suatu kelompok. Setiap kelompok harus
mengikuti dan melaksankan semua peraturan permainan yang telah di tentukan
oleh panitia
Jenis permainan :
1.
Roda Buldoser
2.
Pipa Bocor
3.
Estavet tepung atau Estavet air
|
|
·
Kaos PMR Unit atau Kaos Olahraga
·
Telasar yang telah di modif
·
Pipa yang telah di lubangi, air, ember, bola
pimpong
·
Tepung terigu
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perlengkapan
|
Sdm
|
|
·
Mula ( 3 Orang)
·
Madya ( 3 Orang)
·
Wira ( 3 Orang)
|
·
Peserta duduk ditempat yang telah didsesuaikan
·
Peserta mendengarkan ceramah
·
Peserta diijinkan bertanya
·
Peserta menyimpulkan ceramah dalam bentuk
tulisan dan diserahkan kepada panitian
|
|
·
Tempat
·
Tlasar karena tempat duduk lesehan
·
Sound System
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perlengkapan
|
Sdm
|
|
·
Mula ( 3 Orang)
·
Madya ( 3 Orang)
·
Wira ( 3 Orang)
|
·
Materi lomba cerdas cermat berasal dari PMR
Terbaru
·
Tiap tahapan lomba yaitu :
a.
Babak Penyisihan
·
Masing – masing peserta akan mengerjakan soal
yang disediakan panitia
·
Dari hasil tes akan diambil 5 team yang
mendapatkan nilai tertinggi dan berhak masuk kedalam babak selanjutnya
·
Terdapat 50 soal pilihan ganda, dengan tipe
soal A,B,C dengan masing – masing tim mengerjakan 1 tipe soal
b.
Babak Final
·
Peserta babak final terdiri dari 5 team yang
mendapatkan nilai dalam babak penyisian
·
Dalam babak final dengan system tanya jawab
|
·
Setiap jawaban yang benar diberi nilai 100 dan
salah dikurangi 500
·
Team yang menang tim yang mengumpulkan nilai
paling tinggi
|
·
Alat tulis
·
Lonceng ( untuk bel)
·
Tempat
·
Meja
·
Kursi
c.
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perlengkapan
|
Sdm
|
|
·
Madya ( 1 Orang)
·
Wira ( 1 Orang)
|
·
Peserta di berikanmateriKehumasanolehtenagaterlatih
·
Pesertamelakukanpeliputankegiatanselamajumbaraberlangsung
·
Setiappesertawajibmembuat media
publikasi yang akan di muatsetelahhasilpeliputan
·
Media
yang sudah di buat akan di pajang pada galeri yang sudah di sediakan panitia.
·
Evaluasi
dan persiapan dilakukan saat malam hari akhir kegiatan
|
·
Isi berita
·
Tata Bahasa
·
Unsur 5W + 1 H
·
Tidak mengandung unsur sara
|
·
Stand galeri
·
Printer
·
Tiappesertawajibmembawa
laptop dan kamera
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perlengkapan
|
Sdm
|
|
·
Mula ( 5 Orang)
·
Madya ( 5 Orang)
·
Wira ( 5 Orang)
|
·
Tiap kontingen / Unit yang siap bisa langsung
mendaftarkan diri dan tampil sesuai nomor daftar
·
Peserta beraksi di panggung selama 5 menit
·
Selama penampilan berlangsung juri akan melakukan
penilaian
|
·
Ketrampilan
·
Kekompakan
·
Kretifitas
·
Durasi
|
·
Panggung
·
Sound system
·
Pencahayaan
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perlengkapan
|
Sdm
|
|
·
Mula ( 2 Orang)
·
Madya ( 2 Orang)
·
Wira ( 2 Orang)
|
·
Peserta membawa peralatan cuci tangan masing –
masing
·
Satu peserta memegang alat dan satu orang
melakukan gerakan cuci tangan
·
Dilakukan secara serentak / bersamaan
|
|
·
Sabun
·
Air
·
Handuk
·
Botol yang telah dilubangi
·
Semuanya disiapkan oleh peserta
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perlengkapan
|
Sdm
|
|
·
Mula ( 2 Orang)
·
Madya (2 Orang)
·
Wira ( 2 Orang)
|
·
Setiap Unit mengumpulkan 5 buku, 5 bolpoin, 5
pensil. Dikumpulkan di panitia
·
Untuk disumbangkan ke siswa SD yang kurang
mampu di SD terdekat
·
Dan membagikan bantuan untuk kaum duafa yang
telah di kumpulkan
|
|
·
Peserta diharapkan membawa pakain PMR masing –
masing sekolahan
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perlengkapan
|
Sdm
|
|
·
Mula ( 1 orang)
·
Madya ( 1 Orang)
·
Wira ( 1 Orang)
|
·
Peserta berkumpul per Unit PMR, untuk
berdiskusi dan membahas materi tentang PRB (banjir) dan harus menentukan
langkah – langkah sebelum,saat,sesudah bencana banjir
·
Setelah itu peserta diharapkan dan
menginpllentasikan hasilnya di setiap unit PMR masing – masing.
|
|
·
Filpchart
·
Kertas Plano disedikan panitia
·
Buku tulis, alat tulis disediakan peserta
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perlengkapan
|
Sdm
|
|
·
Madya (2 Orang)
·
Wira ( 2 Orang)
|
·
Peserta melaksanakan desiminasi (10 menit per
peserta)
·
Pelaksanaan di lakukan di tempat yang telah
ditentukan
·
Penampilan di urutkan sesuai no urut kontingen
·
Peserta memberikan desiminasi secara lisan
Materi desiminator
meliputi :
·
Sejarah Gerakan Palang Merah
·
Penggunaan lambang
·
Hukum perikemanusiaan international
·
Ke PMI an
·
Audiens busa menanggapi dengan pertanyaan atau
sanggahan
|
·
Kesesuaina tema
·
Keaktifan peserta & kerja sama saat tampil
·
Ketepatan menjawab pertanyaan audiens
·
Media
|
Tempat di tentukan
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perlengkapan
|
Sdm
|
|
·
Wira 1 orang
|
·
Peserta berkumpul di lokasi yang sudah di
tentukan
·
Panitia menginformasikan tentang autran
kegiatan
·
Peserta mengumulkannaskah yang sudah dibuat
·
Juri menyeleksi karya tulis lima terbaik
·
Peserta yang terpilih mempersenteasikan naskah
karya tulis terbaik mereka
·
Peserta akan mempresentasikan selama 10 menit
·
Tanya jawab 5 menit
·
Tanggapan peserta 5 menit
·
Waktu 20 menit
·
Naskah 1 lembar ukuran kertas A4 dengan spasi
1,5 di rangkap 5
|
·
Efesiensi dan efektifitas ( 10 %)
·
Bobot isi materi ( 30 %)
·
Kesesuaina dengan kriteria konsep program
berbasis masyarakat ( 20 %)
·
Kreatifitas (20%)
·
Penyajian (20%)
|
·
Papan flipchrat dan kertas
·
No undian peserta
·
Form penilaian
·
Sound system
·
Disediakan panitia
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perlengkapan
|
Sdm
|
`
|
·
Mula ( 1 orang)
·
Madya (1 Orang)
·
Wira ( 1 Orang)
|
·
Peserta berkumpul sesuai lokasi yng telah di
tetntukan
·
Panitia mengnformasikan tentang aturan
kegiatan
·
Peserta melukis pahlawan dengan media Spanduk
( Wira), Kaos ( Madya), Layang – Layang (Mula)
·
Juri menilai selama proses pembuatan
·
Media yang sudah jadi langsung di serahkan /
dikumpulkan di juri bisa dinilai oleh juri
·
Hasil media promosi menjadi hak milik panitia
|
·
Kesesuain tema (20%)
·
Kepersisan Wajah Pahlawan (30%)
·
Estetika komposisi warna (50%)
|
·
Kaos bahan cotton all size warna putih
·
Layang – layang dasar warna putih
·
Spanduk bahan MMT ukuran 1m x 1m
·
Alat lukis
Semua
disiapkan oleh peserta
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perlengkapan
|
Sdm
|
|
·
Mula ( 1 Orang)
·
Madya ( 1 Orang)
·
Wira ( 1 Orang)
|
·
Peserta melaksanakan di tempat yang telah di
tentukan
·
Puisi di tetapkan oleh paniti sesuai tingkatan
|
·
Intonasi
·
Penampilan
·
Penghayatan
|
Teks puisi
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perlengkapan
|
Sdm
|
|
·
Madya ( 1 Orang)
·
Wira ( 1 Orang)
|
·
Teks pidato diserahkan pada panitia
·
Teks ditulis 1lembar dengan kertas A4 spasi
1,5
·
Teks digandakan 6 lembar
·
Peserta menampilkan pidato maksimal 10 menit
·
Menggunakan “ngoko”
·
Tema “PMIKU”
|
·
Intonasi
·
Penampilan
·
Keluwesan bahasa jawa
·
penghayatan
|
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perlengkapan
|
Sdm
|
|
·
Mula ( 2 Orang)
·
Madya ( 2 orang)
·
Wira ( 2 Orang)
|
·
Temakegiataniniadalahsekolahsiagabencana(SSB)
·
Setiapkontingenmenyusunkonsepkegiatanterkaitusahauntukmenujusekolahsiagabencana
·
Tiappesertamempresentasikanhasilkonseptersebut
di hadapanjuriselama 15 menit
·
Konsepataumateri
di buat di sekolahmasing – masing.
|
·
Kriatifitas
·
Kekompakan
·
Metode
presentasi
·
Materi
|
Ruangan
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perlengkapan
|
SDM
|
|
·
Mula
(
2 Orang)
·
Madya
(
2 orang)
·
Wira
(
2 Orang)
|
·
Setiap peserta menerapkan materi :
Mula
: Pengembangan potensi diri.
Madya
: kesehatan reproduksi
Wir
: HIV dan AIDS
·
Setiap peserta memaparkan materi 15 menit
·
Melakukan tanya jawab selama 10 menit
·
Setiap peserta membuat teks materi (maks. 2
lembar kertas A4) dibuat dari sekolahan dan dikmpulkan kepada panitia rangkap
1
·
Masing-masing peserta memilih salah satu
materi
·
Perlengkapan lomba dibawa masing-masing
peserta
-
|
·
A. Cara menyampaikan 30% dengan ketentuan
sebagai berikut :
-
Ketetapan bahasa 10%
-
Komunikai 10%
-
Sikap 10%
·
B.kesesuaian dengan tema :
-
Kelengkapan media 20%
·
C
-
Materi penyuluhan 40%
-
Kesesuaian kurikulum 20%
-
Kesesuaian materi dengan audiens 20%
·
Kekompakan dan kerjasama 10%
|
·
Ruang
|
·
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perelengkapan
|
Sdm
|
|
·
Wira (1 Orang)
|
·
Kegiatan
di laksanakanselama 3 hari , tiapharinya 2 jam
·
Pesertamemaparkanhasilpelaksanaankegiatan
PMR di Unit sekolahmasing – masingberdasarkansiklusmanajemen PMR
·
Pesertaberdikusiusulan
program kerja di Unit Sekolahmasing – masing
·
PesertamelaksanakanpemilihanKorkab
( KordinatorKabupaten )
|
|
Satu
ruangan tertutup
Sound
system
LCD
Proyektor
ATK
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perlengkapan
|
Sdm
|
|
·
Mula ( 3 Orang)
·
Madya ( 3 Orang)
·
Wira ( 3 Orang)
|
·
Peserta melakukan tukar cindera mata di saat
waktu yang telah di tentukan oleh panitia
|
|
|
|
Waktu
|
Peserta
|
Proses
|
Poin Penilaian
|
Perlengkapan
|
Sdm
|
|
·
Mula (2orang)
·
Madya (2orang)
·
Wira (2orang)
|
·
Setiap tim menampilakan karya mading dengan
tema(Gerakan, Keshatan remaja, Pertolongan Pertama, Kepemimpinan, Ayo Siaga
Bencana dan Donor Darah
·
Alat dan bahan disediakan peserta
·
Mading di buat dilokasi kegitan sesuai waktu
yang telah ditentukan oleh panitia
·
Mading sudah di buat disekolah 50 %
·
Lokasi pembuatan mading di depan tenda masing
– masing kontingen
·
Setiap peserta diwajibkan memamerkan hasil
karya PMR / Foto terbaik kegiatan peserta di sekolahnya
|
·
Kreatifitas
·
Keunikan
·
Kesesuaian tema
|
Sesuai kebutuhan dan
disediakan oleh peserta
|
|