iklan

iklan

Kamis, 17 Agustus 2023

Grobogan Dilanda Kekeringan, PMI Turut Andil Bantu Distribusi Air Bersih

 



Grobogan - Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Grobogan telah mengakibatkan kekeringan dan krisis air bersih di sejumlah wilayah.

Warga di beberapa desa bahkan harus mencari air bersih dengan cara membuat belik (lubang di sungai) atau mencari sumber air lain yang jauh dari tempat tinggalnya.

Atas kondisi tersebut, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Grobogan turut andil membantu masyarakat dengan mendistribusikan air bersih ke desa-desa yang membutuhkan.

Kepala Markas PMI Kabupaten Grobogan Djasman mengatakan, PMI Grobogan telah mengoperasionalkan 1 unit truk tangki untuk melakukan dropping air bersih.

Setiap harinya, truk tangki tersebut mendistribusikan sebanyak 10 ribu liter air bersih ke wilayah terdampak kekeringan.

"Sejak 24 Juli 2023, PMI Kabupaten Grobogan melakukan dropping air bersih. Setiap harinya, kami melakukan dropping sebanyak 2 tangki atau 10 ribu liter per hari," kata Djasman kepada Grobog Jateng, Kamis (17/8/2023).



Namun, Djasman menyebut distribusi air bersih masih belum maksimal karena jumlah armada yang dimiliki PMI terbatas, yakni hanya 1 unit truk tangki.

Apalagi wilayah terdampak kekeringan di Kabupaten Grobogan sejauh ini cukup luas. Oleh sebab itu, ia berharap adanya bantuan armada tambahan.



"Semoga kami mendapatkan bantuan armada dari PMI Provinsi Jawa Tengah atau PMI Pusat, supaya dapat menjangkau warga dan terlayani kebutuhan air bersihnya," harapnya.

0 comments:

Posting Komentar