iklan

iklan

Minggu, 20 Desember 2015

PMI LATIH 38 KADER PKK ILMU KPPBM



Palang Merah Indonesia Kabupaten Grobogan berhasil merangkul 15 Desa untuk mengikuti Pelatihan Kesehatan dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (KPPBM). Pelatihan diikuti oleh 38 Kader PKK di Kecamatan Toroh selama tiga hari (16 – 18 Desember 2015) di Balai Desa Tambirejo Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan
“Ini adalah sebuah prestasi yang membanggakan bahwa PMI Kabupaten Grobogan bisa menyelenggarakan pelatihan tingkat Kabupaten dan dapat mengundang peserta dari Kader – kader PKK ,” puji Rimba salah satu fasilitator KPPBM dari Markas PMI Kabupaten Grobogan.
Ditegaskan Ketua Pelaksana pelatihan Gesit Kristiawan, pihaknya ingin Kader PKK di Kecamatan Toroh  dapat menjadi basis kegiatan KPPBM di Grobogan.
“Kami optimis ingin menjadikan Kader PKK di Kecamatan Toroh sebagai basis KPPBM di Kabupaten. Selain karena kami telah melakukan Pelatihan KPPBM KSR Kabupaten Grobogan tahun 2012 lalu, kami juga telah melakukan kegiatan KPPBM secara real selama 3 tahun di beberapa daerah di Kabupaten Grobogan, ” jelas Gesit.
Selama pelatihan, peserta dibekali dengan materi seputar aksi kesehatan dan pertolongan pertama berbasis masyarakat, seperti mobilisasi masyarakat, pertolongan pertama mendasar dan pencegahan cedera, mobilisasi masyarakat dalam keadaan darurat, menyebarluaskan pesan promosi kesehatan masyarakat hingga topik-topik pelengkap seperti keselamatan di jalan dan donor darah. Tidak hanya dibekali teori, peserta nantinya akan diajak terjun langsung dan melakukan aksi KPPBM bersama masyarakat.
Usai mendapatkan pembekalan KPPBM, peserta diharapkan dapat menjadi kader-kader relawan yang peduli lingkungan dan kesehatan masyarakat, sehingga mereka nantinya dapat mengajak dan melibatkan masyarakat di daerah masing-masing untuk ikut memerhatikan lingkungan dan kesehatannya.

“Inti dari KPPBM adalah tidak hanya sebatas mengetahui teori, tapi justru implementasinya di lapangan. Karena inilah arti KPPBM, yaitu sebagai sebuah kegiatan yang bersangkutan dengan masyarakat,” kata Djasman S.Pd,  Kepala Markas PMI Kabupaten Grobogan

0 comments:

Posting Komentar