iklan

iklan

Jumat, 26 Oktober 2012

PELATIHAN RADIO KOMUNIKASI POSKO PMI KABUPATEN GROBOGAN








Kejadian bencana seringkali menyebabkan kerusakan pada saluran telekomunikasi seperti telpon, HP, email, fax, dsb. Padahal dalam situasi darurat seperti itu, komunikasi merupakan bagian inti dalam proses penanggulangan masalah bencana. Kondisi di lokasi bencana, baik itu mengenai jumlah korban, kondisi logistik, pengungsian dan sebagainya, perlu untuk segera dikomunikasikan kepada para pengambil keputusan sehingga dapat dilakukan langkah-langkah penanggulangan yang tepat.

Salah satu alat komunikasi yang masih dapat berfungsi dalam keadaan bencana besar sekalipun yaitu Radio Komunikasi seperti HT, SSB dan Rig. Hal ini sudah terbukti ketika kejadian bencana tsunami tanggal 26 Desember 2004 di Provinsi NAD di mana saat awal bencana Radio Komunikasi merupakan satu-satunya alat komunikasi yang dapat dipergunakan. 
Mengingat pentingnya Radio Komunikasi dan penggunaannya pun memerlukan keterampilan khusus, maka PMI Kabupaten Grobogan mengadakan pelatihan bagi Staf PMI,Relawan PMI dan Sibat 6 desa Progam kesiapsiagaan Bencana .untuk mengoperasikan alat tersebut. Keterampilan khusus yang dimaksud baik meliputi segi operasional, pengenalan perangkat maupun penguasaan teknologi serta pemeliharaannya termasuk untuk mendeteksi kerusakan pada peralatan radkom dan memperbaiki kerusakan-kerusakan ringan agar sarana tersebut dapat selalu berfungsi dengan baik. 
Pelatihan dilakukan selama 2 hari yaitu tanggal 10 -11 Oktober 2012 serta melibatkan kurang lebih 20 peserta dari 4 Staf PMI Kabupaten grobogan 4 Relawan PMI 12 SIBAT Tegowanu wetan,Gubug,Manggarmas, Putat,Cengkrong dan Purwodadi. Materi yang diberikan meliputi pengetahuan untuk menambah wawasan dan keterampilan (simulasi) penggunaan, pemasangan instalasi dan pemeliharaan. Narasumber/fasilitator yang berasal dari RAPI Kabupaten Grobogan. Materi yang diberikan meliputi Kebijakan dan Strategi Nasional serta Sistem Informasi Penanggulangan Krisis Akibat Bencana, Proses Telekomunikasi Radio untuk Penanggulangan Masalah Kesehatan Akibat Bencana, Peran Radkom dalam tugas Satkorlak-Kepolisian-PMI-Sosial, Pengenalan Lengkap Radkom, Instalasi Radkom, Teknis Pemeliharaan, Perbaikan dan Kodifikasi Informasi dalam Radkom, Pengendalian dan Pengamanan Jaring Radkom untuk Penanggulangan Krisis Akibat Bencana. Pelatihan diakhiri dengan Simulasi penggunaan alat-alat Radio Komunikasi oleh para peserta.
Diharapkan setelah pelatihan ini para peserta mampu memelihara serta mengoperasikan Radio Komunikasi dan dapat menyampaikan informasi tersebut ke daerahnya masing-masing.
 PMI Kabupaten Grobogan dengan dukungan German Red Cross

0 comments:

Posting Komentar