This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

iklan

iklan

Selasa, 09 September 2014

JUKNIS TERBARU 17 SEPTEMBER 2014

PETUNJUK TEKNIS (JUKNIS)
JUMBARA PMR V
PMI KABUPATEN GROBOGAN
TAHUN 2014

1.    KEGIATAN MENGUMPULKAN BANTUAN UNTUK KAUM DUAFA

WAKTU
PESERTA
PROSES
POIN PENILAIAN
PERLENGKAPAN
SDM

·         Mula ( 2 Orang)
·         Madya (2 Orang)
·         Wira ( 2 orang)
·         Peserta berkumpul di suatu tempat yang telah ditetntukan oleh panitia dengan membawa sebagai berikut
·         Masing unit PMR Mula memberikan bantuan 1 paket yang berisi
o   5 bungkus Mie
o   1 Kg Beras
o   1 kg minyak goreng
·         Masing unit PMR Madya memberikan bantuan 1 paket yang berisi :
o   5 bungkus mie
o   1 kg beras
o   1 kg minyak goreng
·         Masing unit PMR Wira memberikan bantuan berisi :
o   5 bungkus mie
o   1 kg beras
o   1 kg minyak goreng
·         Masing – masing bantuan sudah di paket dalam satu plastik berwarna putih.
·         Pembagian bantuan dilaksanakan saat Kegiatan BakSos







2.    KEGIATAN KREASI REMAJA “DESAIN PIN”

Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
SDM


·         Madya ( 1 Orang)
·         Wira ( 1 Orang)

·      Seluruh peserta menempatkan diri di area yang telah disiapkan.
·      Peserta membuat PIN setelah ada tanda dari Panitia.
·      Peserta membuat Media Promosi dengan tema Kesiapsiagaan Bencana untuk MADYA sedangkan WIRA bertemakan Ayo Donor Darahdengan media desain PIN yang digambar dengan manual di lembar kertas A4.
·      Semua proses pengerjaan dilakukan di lokasi lomba
·      Setelah selesai mengerjakan dan atau waktu telah habis, hasil karya dikumpulkan ke panitia untuk dilakukan proses penjurian.
·      Waktu 60 menit

·      kesesuaian dengan tema 20 %
·      pesan 30 %
·      estetika 40 % (grafis,komposisi warna)
·      kerjasama 10%
( penentuan peringkat
Apabila terjadi nilai yang sama maka peserta dengan waktu pengerjaan lebih cepat menempati peringkat yang lebih tinggi 

·      kertas A4
·      crayon
·      alat tulis
perlengkapan di sediakan oleh peserta sendiri









3.    KEGIATAN KREASI “ PENGOLAHAN BARANG BEKAS
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
SDM


·         Mula ( 3 orang)
·         Madya ( 3 orang)
·         Wira (3 orang)
·      Seluruh peserta menempatkan diri di area yang telah disiapkan.
·      Peserta mengolah bahan bekas setelah ada tanda dari Panitia.
·      Peserta mengolah bahan bekas menjadi bahan jadi yang memiliki nilai seni dan nilai jual
·      Semua proses pengerjaan dilakukan di lokasi lomba
·      Setelah selesai mengerjakan dan atau waktu telah habis, hasil karya dikumpulkan ke panitia untuk dilakukan proses penjurian.
·      Waktu 60 menit
·      Keindahan 20 %
·      Tingkat Kesulitan 30 %
·      Seni 40 % (grafis,komposisi warna)
·      kerjasama 10%
( penentuan peringkat
Apabila terjadi nilai yang sama maka peserta dengan waktu pengerjaan lebih cepat menempati peringkat yang lebih tinggi )

·      bahan bekas
·      gunting
·      pimes
·      cat warna
·      kertas hias



Catatan         :
·         Apabila media rusak menjadi tanggung jawab peserta










4.    KEGIATAN PERTOLONGAN PERTAMA

Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
SDM

·         Mula ( 6 Orang)
·         Madya (6 Orang)
·         Wira ( 6 Orang)
·         Peserta yang telah di pos “Pertolongan Pertama” melakukan proses prosedur memasuki pos secara bersama – sama.
·         Peserta di pisah berdasarkan tingkatnya (wira,Madya,Mula)
·         Peserta dibagi menjadi 2 kelompok untuk melaksanakan tugas meliputi soal praktek dan tertulis ( teori)
·         2 Peserta mengerjakan soal teori
·         4 Peserta mengerjakan soal praktek Pertolongan Pertama dan diberikan 15 menit. (2 menit persiapan, 10 menit pelaksanaan, 3 menit evaluasi)
·         4 peserta yang praktek meliputi ( 1 korban, 3 penolong)
Materi berdasarkan buku panduan PMR “Pertolongan Pertama” terbita edisi 2008.
·         Ketepatan
·         Kecepatan
·         Ketelitian
·         Prosedur Pertolongan Pertama
( penentuanperingkat
Apabilaterjadinilai yang samamakapesertadenganwaktupengerjaanlebihcepatmenempatiperingkat yang lebihtinggi

·         PeralatanPertolonganPertama ( disediakanolehPesertaSendiri)










5.    KEGIATAN DAPUR UMUM
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
SDM

WIRA ( 4 Orang )
·         Daftar menu harus dilampirkan
·         Alat dan bahan masak disiapkan oleh peserta
·         Peserta menyelesaikan masak dalam waktu 60 menit
·         Menu masakan “BAGI KORBAN BENCANA”
·         Setiap tim masak 1 porsi
·         Kekompakan
·         Kebersihan
·         Kesesuaian tema
·         Ketrampilan dalam penyajian
Alat masak dan perlengkapan di sediakan oleh peserta


6.    KEGIATAN OLAH RAGA PAGI DAN APEL PAGI
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
Sdm

·         Mula ( 5 Orang)
·         Madya ( 5 Orang)
·         Wira ( 5 orang)
·         Setiap peserta melakukan senam pagi dan apel pagi untuk mempererat persaudaraan

·         Seragam olahraga
·         Sound system













7.    KEGIATAN PERAWATAN KELUARGA
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
Sdm

·         Mula (4orang)
·         Madya (4Orang)
·         Wira (4orang)
·         Peserta yang telah berada di tempat Perawatan Keluarga melakukan proses prosedur memasuki tempat secara bersama – sama
·         Peserta dipisah berdasarkan tingkatkannya (Mula,Madya,Wira)
·         Peserta di bagi 2 kelompok 1 orang mengerjakan soal teori dan 3 orang mengerjakan praktek
·         Materi berdasarkan buku paket PMR”Remaja Sehat Peduli Sesama”terbitan tahun 2008 dan buku lain yang relevan
·         Peserta 1 yang tertulis soal pilihan ganda (waktu 15 menit)
·         Peserta 3 orang mengerjakan soal praktek sesuai kasus yang telah diberikan dengan waktu 15 Menit ( 2 menit persiapan, 10 menit pelaksanaan, 3 menit evaluasi)
·         Setelah menyelesaikan tugas peserta meninggalkan tempat
·         Ketepatan
·         Kecepatan
·         Ketelitian prosedur pelaksanaan

·         Alat Tulis
·         Papan (tatakan)
·         Form penilaian
·         Lembar soal
·         Perlengkapan alat praktek Perawatan Keluaraga di sediakan oleh panitia








8.    KEGIATAN OUT BOND
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
Sdm

·         Mula ( 5 Orang)
·         Madya ( 5 Orang)
·         Wira ( 5 Orang)
Semua peserta berkumpul dilapangan untuk bentuk suatu kelompok. Setiap kelompok harus mengikuti dan melaksankan semua peraturan permainan yang telah di tentukan oleh panitia

Jenis permainan :
1.    Roda Buldoser
2.    Pipa Bocor
3.    Estavet tepung atau Estavet air


·         Kaos PMR Unit atau Kaos Olahraga
·         Telasar yang telah di modif
·         Pipa yang telah di lubangi, air, ember, bola pimpong
·         Tepung terigu


9.    CERAMAH KEAGAMAAN
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
Sdm

·         Mula ( 3 Orang)
·         Madya ( 3 Orang)
·         Wira ( 3 Orang)
·         Peserta duduk ditempat yang telah didsesuaikan
·         Peserta mendengarkan ceramah
·         Peserta diijinkan bertanya
·         Peserta menyimpulkan ceramah dalam bentuk tulisan dan diserahkan kepada panitian

·         Tempat
·         Tlasar karena tempat duduk lesehan
·         Sound System









10. KEGIATAN CERDAS CERMAT
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
Sdm

·         Mula ( 3 Orang)
·         Madya ( 3 Orang)
·         Wira ( 3 Orang)
·         Materi lomba cerdas cermat berasal dari PMR Terbaru
·         Tiap tahapan lomba yaitu :
a.   Babak Penyisihan
·         Masing – masing peserta akan mengerjakan soal yang disediakan panitia
·         Dari hasil tes akan diambil 5 team yang mendapatkan nilai tertinggi dan berhak masuk kedalam babak selanjutnya
·         Terdapat 50 soal pilihan ganda, dengan tipe soal A,B,C dengan masing – masing tim mengerjakan 1 tipe soal
b.   Babak Final
·         Peserta babak final terdiri dari 5 team yang mendapatkan nilai dalam babak penyisian
·         Dalam babak final dengan system tanya jawab
·         Setiap jawaban yang benar diberi nilai 100 dan salah dikurangi 500
·         Team yang menang tim yang mengumpulkan nilai paling tinggi
·         Alat tulis
·         Lonceng ( untuk bel)
·         Tempat
·         Meja
·         Kursi
c.     









11. KEGIATAN GALERI INFOKOM “ KEHUMASAN”
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
Sdm

·         Madya ( 1 Orang)
·         Wira ( 1 Orang)
·         Peserta di berikanmateriKehumasanolehtenagaterlatih
·         Pesertamelakukanpeliputankegiatanselamajumbaraberlangsung
·         Setiappesertawajibmembuat media publikasi yang akan di muatsetelahhasilpeliputan
·         Media yang sudah di buat akan di pajang pada galeri yang sudah di sediakan panitia.
·         Evaluasi dan persiapan dilakukan saat malam hari akhir kegiatan
·         Isi berita
·         Tata Bahasa
·         Unsur 5W + 1 H
·         Tidak mengandung unsur sara
·         Stand galeri
·         Printer
·         Tiappesertawajibmembawa laptop dan kamera


12. KEGIATAN PANGGUNG GEMBIRA
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
Sdm

·         Mula ( 5 Orang)
·         Madya ( 5 Orang)
·         Wira ( 5 Orang)
·         Tiap kontingen / Unit yang siap bisa langsung mendaftarkan diri dan tampil sesuai nomor daftar
·         Peserta beraksi di panggung selama 5 menit
·         Selama penampilan berlangsung juri akan melakukan penilaian
·         Ketrampilan
·         Kekompakan
·         Kretifitas
·         Durasi
·         Panggung
·         Sound system
·         Pencahayaan








13. KEGIATAN CUCI TANGAN
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
Sdm

·         Mula ( 2 Orang)
·         Madya ( 2 Orang)
·         Wira ( 2 Orang)
·         Peserta membawa peralatan cuci tangan masing – masing
·         Satu peserta memegang alat dan satu orang melakukan gerakan cuci tangan
·         Dilakukan secara serentak / bersamaan

·         Sabun
·         Air
·         Handuk
·         Botol yang telah dilubangi
·         Semuanya disiapkan oleh peserta


14. KEGIATAN BAKTI SOSISAL
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
Sdm

·         Mula ( 2 Orang)
·         Madya (2 Orang)
·         Wira ( 2 Orang)
·         Setiap Unit mengumpulkan 5 buku, 5 bolpoin, 5 pensil. Dikumpulkan di panitia
·         Untuk disumbangkan ke siswa SD yang kurang mampu di SD terdekat
·         Dan membagikan bantuan untuk kaum duafa yang telah di kumpulkan

·         Peserta diharapkan membawa pakain PMR masing – masing sekolahan











15. KEGIATAN DISKUSI PENGURANGAN RISIKO BENCANA BANJIR
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
Sdm

·         Mula ( 1 orang)
·         Madya ( 1 Orang)
·         Wira ( 1 Orang)
·         Peserta berkumpul per Unit PMR, untuk berdiskusi dan membahas materi tentang PRB (banjir) dan harus menentukan langkah – langkah sebelum,saat,sesudah bencana banjir
·         Setelah itu peserta diharapkan dan menginpllentasikan hasilnya di setiap unit PMR masing – masing.

·         Filpchart
·         Kertas Plano disedikan panitia
·         Buku tulis, alat tulis disediakan peserta


16. KEGIATAN DESIMINATOR CILIK
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
Sdm

·         Mula ( 2 Orang)
·         Madya (2 Orang)
·         Wira ( 2 Orang)
·         Peserta melaksanakan desiminasi (10 menit per peserta)
·         Pelaksanaan di lakukan di tempat yang telah ditentukan
·         Penampilan di urutkan sesuai no urut kontingen
·         Peserta memberikan desiminasi secara lisan
Materi desiminator meliputi :
·         Sejarah Gerakan Palang Merah
·         Penggunaan lambang
·         Hukum perikemanusiaan international
·         Ke PMI an
·         Audiens busa menanggapi dengan pertanyaan atau sanggahan
·         Kesesuaina tema
·         Keaktifan peserta & kerja sama saat tampil
·         Ketepatan menjawab pertanyaan audiens
·         Media
Tempat di tentukan



17. KARYA TULIS “POHON PELINDUNGKU”
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
Sdm

·         Wira 1 orang
·         Peserta berkumpul di lokasi yang sudah di tentukan
·         Panitia menginformasikan tentang autran kegiatan
·         Peserta mengumulkannaskah yang sudah dibuat
·         Juri menyeleksi karya tulis lima terbaik
·         Peserta yang terpilih mempersenteasikan naskah karya tulis terbaik mereka
·         Peserta akan mempresentasikan selama 10 menit
·         Tanya jawab 5 menit
·         Tanggapan peserta 5 menit
·         Waktu 20 menit
·         Naskah 1 lembar ukuran kertas A4 dengan spasi 1,5 di rangkap 5
·         Efesiensi dan efektifitas ( 10 %)
·         Bobot isi materi ( 30 %)
·         Kesesuaina dengan kriteria konsep program berbasis masyarakat ( 20 %)
·         Kreatifitas (20%)
·         Penyajian (20%)
·         Papan flipchrat dan kertas
·         No undian peserta
·         Form penilaian
·         Sound system
·         Disediakan panitia












18. KEGIATAN KREASI REMAJA “MELUKIS PAHLAWAN”
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
Sdm
`
·         Mula ( 1 orang)
·         Madya (1 Orang)
·         Wira ( 1 Orang)
·         Peserta berkumpul sesuai lokasi yng telah di tetntukan
·         Panitia mengnformasikan tentang aturan kegiatan
·         Peserta melukis pahlawan dengan media Spanduk ( Wira), Kaos ( Madya), Layang – Layang (Mula)
·         Juri menilai selama proses pembuatan
·         Media yang sudah jadi langsung di serahkan / dikumpulkan di juri bisa dinilai oleh juri
·         Hasil media promosi menjadi hak milik panitia
·         Kesesuain tema (20%)
·         Kepersisan Wajah Pahlawan (30%)
·         Estetika komposisi warna (50%)
·         Kaos bahan cotton all size warna putih
·         Layang – layang dasar warna putih
·         Spanduk bahan MMT ukuran 1m x 1m
·         Alat lukis
Semua disiapkan oleh peserta


19. KEGIATAN BACA PUISI
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
Sdm

·         Mula ( 1 Orang)
·         Madya ( 1 Orang)
·         Wira ( 1 Orang)
·         Peserta melaksanakan di tempat yang telah di tentukan
·         Puisi di tetapkan oleh paniti sesuai tingkatan
·         Intonasi
·         Penampilan
·         Penghayatan
Teks puisi







20. KEGIATAN PIDATO BAHASA JAWA
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
Sdm

·         Madya ( 1 Orang)
·         Wira ( 1 Orang)
·         Teks pidato diserahkan pada panitia
·         Teks ditulis 1lembar dengan kertas A4 spasi 1,5
·         Teks digandakan 6 lembar
·         Peserta menampilkan pidato maksimal 10 menit
·         Menggunakan “ngoko”
·         Tema “PMIKU”
·         Intonasi
·         Penampilan
·         Keluwesan bahasa jawa
·         penghayatan



21. KEGIATAN SIAGA BENCANA
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
Sdm

·         Mula ( 2 Orang)
·         Madya ( 2 orang)
·         Wira ( 2 Orang)
·         Temakegiataniniadalahsekolahsiagabencana(SSB)
·         Setiapkontingenmenyusunkonsepkegiatanterkaitusahauntukmenujusekolahsiagabencana
·         Tiappesertamempresentasikanhasilkonseptersebut di hadapanjuriselama 15 menit
·         Konsepataumateri di buat di sekolahmasing – masing.

·         Kriatifitas
·         Kekompakan
·         Metode presentasi
·         Materi
Ruangan









22. KEGIATAN PENDIDIKAN REMAJA SEBAYA
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
SDM

·         Mula
( 2 Orang)
·         Madya
( 2 orang)
·         Wira
( 2 Orang)
·         Setiap peserta menerapkan materi :
Mula : Pengembangan potensi diri.
Madya : kesehatan reproduksi
Wir : HIV dan AIDS
·           Setiap peserta memaparkan materi 15 menit
·           Melakukan tanya jawab selama 10 menit 
·           Setiap peserta membuat teks materi (maks. 2 lembar kertas A4) dibuat dari sekolahan dan dikmpulkan kepada panitia rangkap 1
·           Masing-masing peserta memilih salah satu materi
·           Perlengkapan lomba dibawa masing-masing peserta
-       
·         A. Cara menyampaikan 30% dengan ketentuan sebagai berikut :
-      Ketetapan bahasa 10%
-      Komunikai 10%
-      Sikap 10%
·         B.kesesuaian dengan tema :
-      Kelengkapan media 20%
·         C
-      Materi penyuluhan 40%
-      Kesesuaian kurikulum 20%
-      Kesesuaian materi dengan audiens 20%
·         Kekompakan dan kerjasama 10%
·         Ruang
·          








23. KEGIATAN KONFERENSI PMR
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perelengkapan
Sdm

·         Wira (1 Orang)
·         Kegiatan di laksanakanselama 3 hari , tiapharinya 2 jam
·         Pesertamemaparkanhasilpelaksanaankegiatan PMR di Unit sekolahmasing – masingberdasarkansiklusmanajemen PMR
·         Pesertaberdikusiusulan program kerja di Unit Sekolahmasing – masing
·         PesertamelaksanakanpemilihanKorkab ( KordinatorKabupaten )


Satu ruangan tertutup
Sound system
LCD Proyektor
ATK


24. KEGIATAN TUKAR CINDERA MATA
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
Sdm

·         Mula ( 3 Orang)
·         Madya ( 3 Orang)
·         Wira ( 3 Orang)
·         Peserta melakukan tukar cindera mata di saat waktu yang telah di tentukan oleh panitia













25. KEGIATAN GALERI INFOKOM “MAJALAH DINDING
Waktu
Peserta
Proses
Poin Penilaian
Perlengkapan
Sdm

·         Mula (2orang)
·         Madya (2orang)
·         Wira (2orang)
·         Setiap tim menampilakan karya mading dengan tema(Gerakan, Keshatan remaja, Pertolongan Pertama, Kepemimpinan, Ayo Siaga Bencana dan Donor Darah
·         Alat dan bahan disediakan peserta
·         Mading di buat dilokasi kegitan sesuai waktu yang telah ditentukan oleh panitia
·         Mading sudah di buat disekolah 50 %
·         Lokasi pembuatan mading di depan tenda masing – masing kontingen
·         Setiap peserta diwajibkan memamerkan hasil karya PMR / Foto terbaik kegiatan peserta di sekolahnya
·         Kreatifitas
·         Keunikan
·         Kesesuaian tema
Sesuai kebutuhan dan disediakan oleh peserta


PENILAIAN PMR TELADAN SE- JATENG

ALi Mansyar memberi masukan kepada PMR SMP N 5 Purwodadi

Rina Utami berbincang - bincang dengan anggota PMR MA Suniyah Selo

Palang Merah Remaja (PMR) Wira MA Suniyah Selo dan Palang Merah Remaja (PMR) Madya SMP  Negeri 5 Purwodadi disambangi oleh Tim dari PMI Provinsi Jawa Tengah, Kamis  (28/8/2014). Hal itu dilakukan dalam rangka Lomba PMR teladan yang digelar oleh PMI Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014.
“Kedua institusi sekolah  itu mewakili PMI Kabupaten Grobogan untuk maju dalam lomba PMR teladan tingkat Jawa Tengah tahun 2014,” ungkap Djasman S.Pd, Kepala Markas  PMI Kabupaten Groboganl, usai menyambut dari Tim penilai PMI Provinsi, di SMP N 5 Purwodadi.
Tim Penilai  yang beranggotakan tiga  orang, yakni Rina Utami, Ali Mansyar dan Suwuyah  melakukan penilaian di awali dari SMP  Negeri 5 Purwodadi kemudian dilanjutkan penilaian di MA Suniyah Selo.
Unsur yang dinilai dalam lomba PMR teladan itu meliputi penilaian administrasi,pengecekan sarana prasarana,  proses rekruitmen, pelatihan dan simulasi, publikasi,  pengakuan dan penghargaan serta evaluasi  kegiatan pmr.
“Proses Penilaian terbagi dalam tiga  model yaitu presentasi dari ketua PMR,  interview dengan siswa non PMR dan guru non Pembina PMR serta kunjungan sekolah untuk melihat kondisi fisik ruang PMR maupun UKS dan lingkungan sekolah,”ujar Rina Utami saat penilaian di lapangan.
Selama proses penilaian, Tim melibatkan secara langsung anggota PMR dan warga sekolah sebagai obyek penilaian melalui proses dialog langsung atau wawancara. Di akhir acara, Tim melakukan evaluasi hasil  kegiatan selama penilaian.
“Secara umum, administrasi dan kegiatan PMR di kedua sekolah itu bagus, namun ada beberapa hal yang harus ditingkatkan, seperti  publikasi kegiatan baik dimedia masa maupun di jejaring sosial serta perlu meningkatkan pelatihan yang disertai simulasi bencana atau pertolongan pertama,” ungkap Arli Mansya, salah satu tim penilai lomba.
Djasman S,Pd menambahkan, kegiatan lomba yang digelar oleh PMI Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan setiap tahun berdampak positif  bagi PMR di pangkalan sekolah.
“Dampaknya, PMR di pangkalan sekolah selalu semangat untuk berlomba-lomba meningkatkan prestasi demi kemajuan PMR, apalagi modelnya yang mengikuti lomba setiap tahunnya pesertanya bergantian,”imbuhnya.  (Humas_Marten Krisando)

LOGO JUMBARA PMR KE 5 PMI KABUPATEN GROBOGAN


Jumat, 05 September 2014

Donor darah Bersama Kodim dan Bank Jateng


Memperingati HUT TNI Ke – 69, HUT Ke – 64 Kodam IV/DIP dan HUT Ke – 53 REM/MKT Kodim 0717 Purwodadi menyelenggarakan Donor Darah massal yang diikuti oleh 400 orang anggota TNI, Istri para TNI, Polres Grobogan dan para siswa sekitar Purwodadi yang bertempat di Aula Pertemuan Kodim 0717 Purwodadi, Selasa (2/9).
Letnan Kolonel Infantri Djaelan, Komandan Kodim 0717 Purwodadi menekankan kepada seluruh anggotannya bahwa TNI merupakan mitra masyarakat yang harus menjadi panutan dalam kegiatan bermasyarakat seperti contoh dihari ini kita memeringati HUT TNI dengan cara merayakannya dengan Donor Darah massal.
“Adanya Donor Darah yang rutin di adakan Kodim 0717 Purwodadi agar seluruh anggota TNI di Kabupaten Grobogan ini sehat dan membatu saudara – saudara kita yang sedang membutuhkan darah,” ujarnya.
Sekretaris Pengurus PMI Kabupaten Grobogan Djasman, sangat mengapresiasi sekali kegiatan yang dilaksanakan Kodim 0717 Purwodadi dan Bank Jateng Cabang Purwodadi ini. “Hal ini semoga berjalan setiap tahunnya dan dapat berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Grobogan,” katanya.
Selain di Kodim, juga diadakan donor darah sukarela di Bank Jateng Cabang Purwodadi untuk merayakan HUT Ikatan Wanita Bank Jateng Ke- XIV yang diikuti oleh 40 orang. “Bahwa Ikatan Wanita Bank Jateng sangatlah peduli dengan kondisi masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Ibu Khasan Anwar anggota Ikatan Wanita Bank Jateng. (Gesit-07)



Selasa, 22 Juli 2014

PMI KABUPATEN GrOBOGAN BUKA DUA POSKO SIAGA LEBARAN 2014



Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Grobogan  menyiagakan posko 24 jam bagi pemudik Lebaran di beberapa titik, khususnya Stasiun Ngrombo Desa Depok Kecamatan Toroh dan Alun – alun Purwodadi .

"Ada Duat posko yang kami dirikan di dua titik. Nantinya akan buka setiap hari dan dikhususkan bagi pemudik yang ingin mengecek kesehatan atau hanya sekedar beristirahat," ujar Kordinator Posko Pelayanan Pertolongan Pertama dan Pelayanan Ambulan, Gesit Kristiawan Senin (21/7/2014).

Kedua  posko masing-masing didirikan di Stasiun Ngrombo yang akan bekerja sama dengan Puskemas Toroh , dan Alun – alun Purwodadi akan bekerja sama dengan Rumah Sakit Islam Purwodadi.

Dijelaskan Gesit, pendirian posko siaga Lebaran digelar rutin setiap tahun. Kali ini, posko akan dibuka selama 16 hari atau sejak H-7 Lebaran yakni 21 Juli 2014  hingga 5 Agustus 2014.

Nantinya, kata lanjut dia, setiap posko akan diisi oleh 3 tenaga dari PMI serta dibantu seorang dokter atau tenaga medis.

"Petugasnya dibagi menjadi tiga shift dan berjaga selama delapan jam. Mereka dibantu dokter dan petugas kesehatan dari beberapa instansi lain," tukas Gesit.

Pihaknya menambahkan, pendirian posko di dua titik diharapkan bisa membantu pemudik yang akan pulang ke kampung halaman hingga musim arus balik usai Lebaran." ucap dia menambahkan ( Marten Kl