iklan

iklan

Kamis, 03 Mei 2012

UNIT PMR SD NEGERI 3 CINGKRONG PMI KABUPATEN GROBOGAN


“Yang bersih ya dik...... agar tidak ada kumannya”

Ungkapan diatas merupakan ucapan  dari anggota PMR SD Negeri 3 Cingkrong, kepada siswa kelas 1 SD tersebut, saat melakukan aksi sosialisasi dan Kampanye Cuci Tangan di sekolahnya pada tanggal 25 Februari 2012 di halaman sekolah.
Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa, Guru, Karyawan dan Siswa SD Negeri 3 Cingkrong, dibantu oleh Tim SIBAT Cingkrong sebanyak 10 orang, Relawan PMI Kabupaten Grobogan 5 orang dan Anggota PMR sekolah tersebut 30 orang, yang berperan sebagai pemandu atau fasilitator dalam kegiatan tersebut.
SD Negeri 3 Cingkrong merupakan salah satu sekolah program Sekolah Siaga Bencana di PMI Kabupaten Grobogan, yang merupakan program kerjasama antara Palang Merah Indonesia dengan Palang Merah Jerman.
Menurut Dra. Dwi Sulistyowati, M.Pd selaku Kepala Sekolah SD Negeri 3 Cingkrong, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, mengungkapkan bahwa dengan diadakan kegiatan ini siswa sangat senang, karena siswa secara langsung melakukan praktek cuci tangan dengan dipandu oleh kakak kelasnya, sehingga nantinya seluruh siswa mampu mejaga kebersihan dan kesehatan baik untuk diri, keluarga dan lingkungannya dalam kehidupan sehari – hari, salah satu caranya adalah dengan cuci tangan baik sebelum dan sesudah makan ataupun aktifitas yang lain.
Kegiatan cuci tangan ini didasari untuk penguatan kesadaran dan pengetahuan warga sekolah mengenai pola hidup sehat, khususnya bagi siswa agar selalu menjaga kebersihan, yang dimulai dari dirinya sendiri.
Intan siswa kelas VI, salah satu anggota PMR  mengungkapkan kegiatan semacam ini akan terus disosialisasikan, ke teman – teman yang lain, baik teman satu sekolah maupun teman sekolah lain, teman di lingkungan tempat tinggal dan di keluarga sendiri.
Karena dengan cuci tangan sebelum dan sesudah makan, maka dapat membantu mencegah dari bahaya penyakit, karena tangan menjadi bersih sebelum menyentuh makanan, imbuhnya saat istirahat setelah memandu temannya melakukan cuci tangan.(dok.HW)



0 comments:

Posting Komentar