This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

iklan

iklan

Senin, 08 Oktober 2018

PETUNJUK PELAKSANAAN OLIMPIADE PMR MADYA PALANG MERAH INDONESIA KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2018





KERANGKA ACUAN
OLIMPIADE PMR MADYA SE-KABUPATEN GROBOGAN
PALANG MERAH INDONESIA KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2018

A.   PENDAHULUAN
Palang Merah Remaja (PMR) adalah cikal bakal relawan PMI yang berkualitas, yang mampu menjalankan tugas-tugas kemanusiaan dan menjamin kesinambungan organisasi PMI dimasa depan. Berdasarkan pada hal tersebut maka PMR harus dididik, dibina dan dikembangkan sejak dini agar bisa menjadi sosok Relawan yang berkarakter ke-Indonesia-an, terampil kreatif, sehat, cerdas, dan memiliki jiwa kepemimpinan. Olimpiade PMR adalah salah satu sarana untuk mewujudkan harapan tersebut melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan di Olimpiade. Anggota PMR dapat mengembangkan kapasitas, keterampilan dan sikap positif sesuai Tri Bhakti PMR. Kegiatan Olimpiade selain untuk memacu keterampilan juga akan memupuk kemampuan kerja kelompok yang sangat berguna dalam penanganan bencana yang sesungguhnya.

B.   JUDUL KEGIATAN
“ OLIMPIADE PMR MADYA SE-KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2018”

C.   DASAR PELAKSANAAN
1.    Keputusan Ketua Umum PMI Nomor : 001/KEP/KU-PMI/IV/2018 Tanggal : 6 April 2018
2.    Pokok – pokok kebijakan PMI Kabupaten Grobogan Tahun 2014 – 2019
3.    Program Kerja PMI Kabupaten Grobogan Tahun 2018

D.   TUJUAN
a)    Sebagai sarana evaluasi kemprehensif terhadap kurikulum pembinaan dan  pelatihan keterampilan serta pengetahuan kepalangmerahan anggota PMR. Sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan sarana komunikasi.
b)    Sebagai sarana pemantauan dan evaluasi kualitas pembinaan dan pengembangan kelompok PMR di Kabupaten Grobogan.
c)    Sebagai sarana mempererat tali persahabatan dan persaudaraan sesama anggota PMR di Kabupaten Grobogan.
d)    Sebagai sarana untuk mempererat persatuan dan kesatuan sesama insan kemanusiaan baik dilingkungan PMI, maupun di masyarakat dalam rangka ikut membangun remaja Indonesia yang berkarakter ke-Indonesia-an.

E.   WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
1.  Waktu                 : 28 Oktober 2018
2.  Tempat               : SMP Kristen Purwodadi
                              Jl. PA Tendean Purwodadi - Grobogan

F.   PESERTA
1.    Peserta Olimpiade PMR Madya Tahun 2018 Sebanyak  30 Unit SMP/Mts/SLTP Sederajat  Se- Kabupaten Grobogan.
 Sasaran peserta kegiatan olimpiade ini adalah PMR Madya  SMP/MTs Negeri dan Swasta Se-Kabupaten Grobogan sebanyak   : 30 unit
Masing – masing unit mengirimkan peserta  6 anggota PMR dan 1 pembina PMR.
No
Status
Jumlah
1
Pertolongan Pertama (PP)
3
2
Perawatan Kedaruratan (PK)
2
3
Pendidikan Remaja Sebaya (PRS)
1
4
Pembina
1

2.   Kriteria peserta :
a)    Peserta lomba merupakan pelajar aktif/anggota PMR Kelas VII dan VIII yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) atau surat keterangan dari kepala sekolah bahwa peserta merupakan anggota PMR diunit tersebut.
b)    Menyerahkan Fotocopy KTA PMR/OSIS sebanyak 1 lembar.
c)    Menyerahkan surat keterangan dan surat tugas dari sekolah.
d)    Mengisi form pendaftaran peserta Menyerahkan foto berwarna 3x4 sebanyak 2 lembar.
e)    Setiap unit hanya boleh mengirimkan satu tim.
f)     Semua peserta wajib mengenakan ID Card lomba selama kegiatan
g)    Dokumen pendaftaran dimasukkan kedalam map berwarna biru dan diserahkan paling lambat saat daftar ulang.
h)    Melaksanakan daftar ulang tanggal 20 Oktober 2018 pada serta sekaligus mengambil nomor undi TIM untuk semua cabang lomba

G.   JURI
1.    PMI Provinsi Jawa Tengah
2.    Pengurus PMI Kabupaten Grobogan
3.    Staf PMI Kabupaten Grobogan


H.   PANITIA
1.    Pengurus PMI Kabupaten Grobogan
2.    Staf PMI Kabupaten Kabupaten Grobogan
3.    Relawan PMI Kabupaten Grobogan

I.     MATERI LOMBA
1
Pertolongan Pertama (PP)
2
Perawatan Kedaruratan (PK)
3
Pendidikan Remaja Sebaya (PRS)


J.    PROSES PELAKSANAAN
Pelaksanaan kegiatan Olimpiade PMR dilaksanakan sesuai alur, yaitu Tertulis, Metode tanya jawab, simulasi, dan bermain peran.
a)    Acara kegiatan diikuti oleh semua peserta secara bersamaan sesuai tim yang didelegasikan.
b)    Jenis peragaan dan jenis kegiatan diikuti oleh semua peserta secara bersamaan / terpadu disesuaikan dengan jenis kegiatan / peragaan


K.   SUMBER DANA
Dari Dana Hibah APBD II Kabupaten Grobogan Tahun 2018.

L.    PENUTUP
Kerangka acuan ini disusun untuk menjadi acuan dalam proses kegiatan dalam rangka mengevaluasi dan monitoring keterampilan dan pengetahuan peserta Olimpiade PMR Madya.

Purwodadi, 1 September 2018

Pengurus
PALANG MERAH INDONESIA
Kabupaten Grobogan
Sekretaris,


                       
DJASMAN, S.Pd



PETUNJUK PELAKSANAAN
OLIMPIADE PMR MADYA
PALANG MERAH INDONESIA KABUPATEN GROBOGAN
TAHUN 2018


A.   PENDAHULUAN
Dalam rangka meningkatkan kreatifitas dan keterampilan PMR Madya di Kabupaten Grobogan maka PMI Kabupaten Grobogan akan menyelenggarakan kegiatan olimpiade PMR Madya. Melalui olimpiade ini diharapkan para anggota PMR yang memiliki semangat berprestasi serta memunculkan bibit – bibit relawan muda Palang Merah Indonesia.

B.   NAMA KEGIATAN
“ OLIMPIADE PMR MADYA PMI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2018”

C.   DASAR PELAKSANAAN
1.    Undang-Undang Nomor: 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan
2.    AD/ART Palang Merah Indonesia
3.    Keputusan Ketua Umum PMI Nomor : 001/KEP/KU-PMI/IV/2018 Tanggal : 6 April 2018
4.    Pokok – pokok kebijakan PMI Kabupaten Grobogan Tahun 2014 – 2019
5.    Program Kerja PMI Kabupaten Grobogan Tahun 2018

D.   MAKSUD DAN TUJUAN
Olimpiade ini memiliki maksud dan tujuan sebagai berikut :
1.    Meningkatkan rasa persaudaraan  antar anggota PMR.
2.    Meningkatkan kreatifitas dan keterampilan anggota PMR.
3.    Sebagai sarana berprestasi dan menyalurkan bakat, khususnya di bidang yang dilombakan.
4.    Sebagai sarana membentuk jiwa kerelawanan bagi anggota PMR.

E.   SASARAN PESERTA
Sasaran peserta kegiatan olimpiade ini adalah PMR Madya  SMP/MTs Negeri dan Swasta Se-Kabupaten Grobogan sebanyak   : 30 unit
Masing – masing unit mengirimkan peserta  6 anggota PMR dan 1 pembina PMR.

No
Status
Jumlah
1
Pertolongan Pertama (PP)
3
2
Perawatan Kedaruratan (PK)
2
3
Pendidikan Remaja Sebaya (PRS)
1
4
Pembina
1

F.   TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN
Hari             : Minggu
Tanggal         : 28 Oktober 2018
Waktu                    : 07.00 – selesai
Tempat         : Markas PMI Kab.Grobogan
G.   KEJUARAAN
Untuk masing-masing perlombaan akan diambil :
1.   Juara 1        : Piala + Piagam Penghargaan
2.   Juara 2        : Piala + Piagam Penghargaan
3.   Juara 3        : Piala + Piagam Penghargaan
Sedangkan tim yang menjadi juara Umum adalah tim yang memperoleh poin tertinggi dari akumulasi nilai masing-masing jenis perlombaan dan berhak atas piala bergilir PMI Kabupaten Grobogan.

H.   PERSYARATAN PESERTA
1.    Peserta lomba merupakan pelajar aktif/anggota PMR Kelas VII dan VIII yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) atau surat keterangan dari kepala sekolah bahwa peserta merupakan anggota PMR diunit tersebut.
2.    Menyerahkan Fotocopy KTA PMR/OSIS sebanyak 1 lembar.
3.    Menyerahkan surat keterangan bahwa siswa tersebut adalah siswa kelas VII dan/atau kelas VIII dan surat tugas dari sekolah.
4.    Menyerahkan foto berwarna 3x4 sebanyak 2 lembar.
5.    Setiap unit hanya boleh mengirimkan satu tim.
6.    Semua peserta wajib mengenakan ID Card lomba selama kegiatan
7.    Dokumen pendaftaran dimasukkan kedalam map berwarna biru dan diserahkan paling lambat saat daftar ulang.
8.    Melaksanakan daftar ulang tanggal 20 Oktober 2018 pada serta sekaligus mengambil nomor undi TIM untuk semua cabang lomba

Peralatan
1.    Peserta membawa peralatan Lomba (PP dan PK wajib membawa APD sendiri, untuk PRS membawa Media Presentasi sendiri)
2.    Peserta memakai seragam PMR ( Seragam osis bagi yang tidak punya ).
3.    Peserta membawa perlengkapan pribadi termasuk obat pribadi.
3.
I.     SISTEM PENDAFTARAN
1.   Waktu Pendaftaran
Waktu pendaftaran dimulai sejak diterimanya juklak ini sampai tanggal 20 Oktober 2018
2.   Cara Pendaftaran
Langsung ke Markas PMI Kabupaten Grobogan Jl. PA. Tendean No. 5 Purwodadi Telp. (0292) 421220 / Hub. sdr Marten Krisando 085 600 369 040

J.    TEMU TEKNIK
Temu teknik dilaksanakan pada hari
Hari / Tanggl          : SABTU, 20 Oktober 2018 
Pukul                     : 09.00 WIB -selesai
Tempat                  : Aula PMI Kabupaten Grobogan
  Jl. PA. Tendean No. 5 Purwodadi.
Adapun yang mengikuti temu teknik adalah 1 (satu) Pembina PMR.


PETUNJUK TEKNIS
OLIMIADE PMR MADYA
PMI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2018



A.   PERLOMBAAN
Olimpiade PMR Madya PMI Kabupaten Grobogan akan dilaksanakan satu hari dengan 3 jenis materi perlombaan, antara lain :

No.
Jenis Perlombaan
Jumlah Peserta
1
Pertolongan Pertama
3 orang
2
Perawatan Kedaruatan               
2 orang
3
Pendidikan Remaja Sebaya                          
1 orang


1.   PERTOLONGAN PERTAMA
a)    Babak Penyisihan
·         Peserta 3 orang mengerjakan soal pillihan  ganda  sebanyak 50 soal yang dikerjakan selama 30 menit.
·         Jawaban benar bernilai dua, jawaban salah bernilai nol.
·         Pada tahap ini akan diambil 50% tim dengan nilai tertinggi untuk   maju   ke   babak  semi final.
·         Apabila terdapat nilai sama dalam 50%+ 1 atau lebih maka  akan dilakukan tes tambahan pada kelompok yang memiliki nilai sama untuk menentukan satu kelompok untuk maju ditahap semi final.
·         Perlengkapan  Alat  tulis (papan ujian dan bolpoin) tiap   tim   disediakan peserta.
·         Hasil penilaian akan ditandatangani juri lomba sebagai bukti keabsahan hasil penilaian dan selanjutnya akan ditempel pada papan pengumuman.
·         Peserta dilarang : membawa buku catatan dalam bentuk apapun, membawa HP, Bertanya pada peserta lain.
·         Materi yang diujikan disesuaikan dengan kurikulum PMR Madya. sedangkan buku yang dijadikan rujukan adalah Buku PP PMR Madya cetakan tahun 2008 dan Buku PP edisi ke dua cetakan ke empat Tahun 2009
LINK : SILAHKAN UNDUH
http://www.mediafire.com/file/4ck5b19bce2vq29/Buku+PP.rar

b)   Babak semi final  
·         Peserta 3 orang mengerjakan soal essay sebanyak 10 soal yang dikerjakan selama 30 menit.
·         Jawaban benar masing-masing soal maksimal bernilai 10
·         Pada tahap ini akan diambil 6 tim dengan nilai tertinggi untuk   maju   ke   babak  final
·         Apabila terdapat nilai sama (misal pada tim ke 6 dan 7)  maka  akan dilakukan tes tambahan pada kelompok yang memiliki nilai sama untuk menentukan satu kelompok untuk maju ditahap  final.
·         Perlengkapan  Alat  tulis (papan ujian dan bolpoin) tiap   tim   disediakan peserta.
·         Hasil penilaian akan ditandatangani juri lomba sebagai bukti keabsahan hasil penilaian dan selanjutnya akan ditempel pada papan pengumuman.
·         Peserta dilarang : membawa buku catatan dalam bentuk apapun, membawa HP, Bertanya pada peserta lain.


c)    Babak final
·         Peserta 3 orang sebagai penolong, melaksanakan tes praktik Pertolongan pertama (PP) sesuai kasus yang diujikan selama 15 menit, dan korban dari panitia.
·         Kasus yang diujikan meliputi Penilian korban, Pingsan, Luka Bakar, mimisan
·         Sistem penilaian  menggunakan  grade.
·         Kriteria penilaian  praktik PP meliputi penguasaan materi, ketepatan penanganan kasus, Komunikatif dan ketepatan waktu.
·         Apabila terdapat kesamaan nilai makan waktu tercepat akan dijadikan sebagai patokan untuk menentukan juara
·         Perlengkapan Babak Final disediakan oleh pihak panitia kecuali Alat Perlindungan Diri (APD)
·         Hasil penilaian akan digunakan untuk menentukan peringkat  I, II, dan III Lomba PP
·         Hasil penilaian akan ditandatangani juri lomba sebagai bukti keabsahan hasil penilaian dan selanjutnya akan ditempel pada papan pengumuman.
·         Peserta dilarang : membawa buku catatan dalam bentuk apapun, membawa HP, Bertanya pada peserta lain.

2.   PERAWATAN KEDARURATAN  (PK)
a)    Babak Penyisihan
·         Peserta 2 orang mengerjakan soal pillihan  ganda  sebanyak 50 soal yang dikerjakan selama 30 menit. 
·         Jawaban benar bernilai dua, jawaban salah bernilai nol.
·         Pada tahap ini akan diambil 50% tim dengan nilai tertinggi untuk   maju   ke   babak  semi final.
·         Apabila terdapat nilai sama dalam 50%+ 1 atau lebih maka  akan dilakukan tes tambahan pada kelompok yang memiliki nilai sama untuk menentukan satu kelompok untuk maju ditahap semi final.
·         Perlengkapan  Alat  tulis (papan ujian dan bolpoin) tiap   tim   disediakan peserta.
·         Hasil penilaian akan ditandatangani juri lomba sebagai bukti keabsahan hasil penilaian dan selanjutnya akan ditempel pada papan pengumuman.
·         Peserta dilarang : membawa buku catatan dalam bentuk apapun, membawa HP, Bertanya pada peserta lain.
·         Buku Panduan yang digunakan adalah buku PK terbitan tahun 2010 dan buku lainnya yang relevan. Berikut link buku PK yang dapat diunduh:
 http://ksrpmi.uns.ac.id/wp-content/uploads/2014/09/Buku-Pedoman-PK-new.pdf

b)   Babak semi final
·         Peserta 2 orang mengerjakan soal essay sebanyak 10 soal yang dikerjakan selama 30 menit. 
·         Jawaban benar masing-masing soal maksimal bernilai 10.
·         Pada tahap ini akan diambil 6 tim dengan nilai tertinggi untuk   maju   ke   babak  final.
·         Apabila terdapat nilai sama (misal pada tim ke 6 dan 7)  maka  akan dilakukan tes tambahan pada kelompok yang memiliki nilai sama untuk menentukan satu kelompok untuk maju ditahap  final.
·         Perlengkapan  Alat  tulis (papan ujian dan bolpoin) tiap   tim   disediakan peserta.
·         Hasil penilaian akan ditandatangani juri lomba sebagai bukti keabsahan hasil penilaian dan selanjutnya akan ditempel pada papan pengumuman.
·         Peserta dilarang : membawa buku catatan dalam bentuk apapun, membawa HP, Bertanya pada peserta lain.
·         Buku Panduan yang digunakan adalah buku PK terbitan Tahun 2010.

c)    Babak final
·         Peserta 2 orang sebagai Narator dan pelaku, melaksanakan tes praktik Perawatan Kedaruratan (PK) sesuai kasus yang diujikan selama 15 menit, dan pasien dari panitia.
·         Kasus yang diujikan diantara:
a)    mengganti spray ada pasien
b)    mengecek tanda vital pasien seperti nafas, nadi, dan suhu
c)    mengkompres pasien
catatan : hanya satu kasus yang diujikan pada babak final dan kasus setiap peserta sama
·         Sistem penilaian  menggunakan  grade.
·         kriteria penilaian  praktik PK meliputi penguasaan materi, ketepatan penanganan kasus, Komunikatif dan ketepatan waktu.
·         Apabila terdapat kesamaan nilai makan waktu tercepat akan dijadikan sebagai patokan untuk menentukan juara.
·         Perlengkapan Babak Final disediakan oleh panitia kecuali Alat Perlindungan Diri (APD)
·         Hasil penilaian akan digunakan untuk menentukan peringkat  I, II, dan III Lomba PK.
·         Hasil penilaian akan ditandatangani juri lomba sebagai bukti keabsahan hasil penilaian dan selanjutnya akan ditempel pada papan pengumuman.
·         Peserta dilarang : membawa buku catatan dalam bentuk apapun, membawa HP, Bertanya pada peserta lain.
·         Buku Panduan yang digunakan adalah buku PK terbitan Tahun 2010.

3.   PENDIDIKAN REMAJA SEBAYA (PRS)  
·         Perlombaan dilaksanakan dalam satu tahap.
·         Peserta 1 orang mempromosikan (presentasi) kegiatan bahaya NAPZA selama 15 menit dihadapan audien (audien pasif) dengan memanfaatkan media yang telah dibuat dari sekolah.
·         Setelah presentasi peserta menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan oleh juri.
·         Materi presentasi meliputi Topik Rokok , Alkohol, Penyalahgunaan Obat.
·         Kriteria penilaia meliputi Kesuain topik, penguasaan materi  , teknik presentasi dan penggunaan bahasa, kesesuaian media presentasi, Manajemen waktu, dan relevansi jawaban atas pertanyaan juri.
·         Hasil penilaian akan digunakan untuk menentukan juara I, II, III Lomba PRS
·         Hasil penilaian akan ditandatangani juri lomba sebagai bukti keabsahan hasil penilaian dan selanjutnya akan ditempel pada papan pengumuman
·         Buku Panduan yang digunakan adalah buku Pendidikan Remaja Sebaya terbitan tahun 2008 dan buku panduan lainnya.
http://www.pmisolo.or.id/wp-content/uploads/2017/03/8.-Buku-PMI-PRS-KESJA-Untuk-Peraya.pdf

B.   PENJURIAN DAN PENILAIAN
1.    Juri lomba berasal dari Pengurus, Staf dan PMI Kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Tengah.
2.    Penilaian yang diberikan merupakan hasil yang dicapai dalam perlombaan.
3.    Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

C.   KEJUARAAN
1.   Juara masing-masing cabang lomba
v  Juara I, II, III Lomba Pertolongan Pertama.
v  Juara I, II, III Lomba Perawatan Kedaruratan (PK).
v  Juara I, II, III Lomba Pendidikan Remaja Sebaya (PRS).

2.    Juara Umum
v  Juara umum berhak atas piala bergilir ketua PMI Kabupaten Grobogan.
v  Penentuan juara umum didasarkan atas perolehan poin di masing-masing cabang lomba (Juara I = 3 poin, Juara II = 2 poin, Juara III = 1 poin).
v  Tim yang mendapatkan Poin terbanyak berhak atas piala bergilir PMI Kabupaten Grobogan.
v  Apabila terdapat poin yang sama maka penentuan juara umum ditentukan berdasarkan peringkat juara lomba pertolongan pertama.

D.   ATURAN LOMBA
Semua peserta wajib hadir dalam perlombaan 10 menit sebelum acara di mulai.

E.   JADWAL TENTATIF KEGIATAN
No
Waktu
Kegiatan
1
07.00 – 08.00
Registrasi & Chekc in Peserta
2
08.00 – 08.30
Opening Ceremony
3
08.30 – 08.45
Prepare
4
08.45 – 09.00
Persiapan lomba
5
09.00 – 09.00
Pelaksanaan Lomba
6
12.00 – 13.00
ISHOMA
7
13.00 – 13.15
Persiapan babak final
8
13.15 – 15.00
Babak Final
9
15.00
closing

F.   LAIN – LAIN
hal – hal lain yang tidak atau belum tercantum dalam petunjuk teknis ini akan di tentukan kemudian oelh panitia pada saat tecknical meeting.

G.   PENUTUP
Demikian petunjuk pelaksanaan “ Olimpiade PMR Madya Se-Kabupaten PMI Kabupaten Grobogan” Tahun 2018.

Grobogan . 20 September 2018
Panitia




**Hal-hal yang belum diatur dalam peraturan lomba akan  diatur kemudian sesuai kebutuhan




Minggu, 22 Juli 2018

Hari Anak Nasional 2018 PMI Kampanyekan Cuci Tangan



Dalam rangka memperingati hari anak nasional, PMI Kabupaten Grobogan menggelar sosialisasi dan kampanye kesehatan kepada warga belajar dilingkungan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar (SD), Senin (23/7).
Bentuk kegiatan antara lain cara cuci tangan dan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih Sehat ( PHBS)  di sekolah yang baik dan benar.
Sasaran Peserta adalah siswa-siswi TK Kristen Purwodadi, TK Negri Purwodadi, SD Negeri 1 Purwodadi dan SD Negeri 16 Purwodadi dari mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB dan pelaksana kegiatan adalah Staf PMI dan Relawan Korps Sukarela PMI Kabupaten Grobogan.
Kepala Markas PMI Kabupaten Grobogan, Djasman S.Pd mengatakan, tujuan kegiatan adalah meningkatkan keterampilan hidup sehat dan hidup bersih terutama kepada anak-anak dan meningkatkan pengetahuan anak-anak mengenai cara mencuci tangan dan perilaku Hidup Bersih Sehat di sekolah yang baik dan benar.
‘Pola hidup sehat dimulai dari usia anak-anak, dengan mencuci tangan dan PHBS di Sekolah,”katanya.
Kepala TK Kristen Purwodadi, Prihati Suhendro S.Pd mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan semacam itu dalam rangka memperingati hari anak nasional yang di lakukan PMI Kabupaten Grobogan.
“ Anak-anak terutama pelajar setingkat TK sedini mungkin perlu pengetahuan pentingnya kesehatan, terutama pengetahuan tentang cuci tangan yang baik dan benar,”ungkapnya.

Kegiatan yang digelar sehari itu antusias diikuti oleh ratusan siswa, apalagi diakhir acara pemberian hadiah alat Kebersihan.(marten)