NO
|
WHO
|
WHAT
|
WHEN
|
WHERE
|
WHY
|
HOW
|
KET
|
|||
SIAPA
|
APA
|
KAPAN
|
DIMANA
|
MENGAPA
|
BAGAIMANA
|
|||||
1
|
KEPALA
DESA/ SEKRETARIS DESA
|
- MENYALAKAN
EARLY WARNING SYSTEM/TANDA PERINGATAN DINI.
|
SAAT TERJADI BENCANA BANJIR DATANG
|
KANTOR/ WILAYAH DESA
|
- TANDA
EVAKUASI KOMUNITAS KE TITIK KUMPUL.
- MENGANTISIPASI
KEPANIKAN KOMUNITAS.
- KEMUNGKINAN
ADANYA KERUSAKAN RUANGAN/BANGUNAN.
- MENGANTISIPASI
KEMUNGKINAN TERJADINYA BANJIR SUSULAN
|
BELL/KENTONGAN
|
|
|||
- MENGARAHKAN
KOMUNITAS DESA TETAP TENANG DAN JANGAN PANIK DAN KELUAR DARI RUMAH.
- MENGARAHKAN
KOMUNITAS MENUJU TITIK KUMPUL SESUAI WILAYAH
DUSUN/ RT/ RW
DENGAN TERTIB, JANGAN BERDESAKAN DAN SALING MENDAHULUIMENUJU KETEMPAT AMAN.
|
SAAT BANJIR DATANG
|
WILAYAH DESA
|
- BIASANYA
DALAM SITUASI EMERGENCY/DARURAT TERJADI KEPANIKAN.
- TITIK
KUMPUL ADALAH ZONA EVAKUASI/ZONA AMAN YG MEMENUHI KRITERIA TERTENTU YG
DISEPAKATI KOMUNITAS DESA SEBAGAI LOKASI BERKUMPUL.
|
MEGAPHONE
|
|
|||||
- MENGARAHKAN
KADUS/ KETUA RT/ RW UNTUK MENGECEK KELENGKAPAN WARGA.
- MENGARAHKAN
KADUS/ KETUA RT/ RW TETAP
MENDAMPINGI WARGA HINGGA ZONA AMAN.
|
PASCA
BENCANA
|
WILAYAH DESA
|
- UNTUK
MENGETAHUI JUMLAH WARGA DESA PRA DAN PASCA BENCANA.
- MENJAGA
SITUASI DAN KONDISI WARGA DESA
TETAP KONDUSIF, AMAN DAN TERKENDALI.
|
MEGAPHONE
|
|
|||||
- MENGARAHKAN
KADUN/ KETUA RT/ RW TETAP MENDAMPINGI WARGANYA
MASING-MASING.
- MENGARAHKAN
KOMUNITAS DESA TIDAK MEMASUKI RUMAH SEBELUM ADANYA TANDA AMAN.
|
PASCA
BENCANA
|
WILAYAH DESA
|
- MENJAGA
SITUASI DAN KONDISI WARGA DESA TETAP KONDUSIF, AMAN DAN TERKENDALI.
- KEMUNGKINAN
ADANYA KERUSAKAN RUANGAN/BANGUNAN.
- MENGANTISIPASI
KEMUNGKINAN TERJADINYA BANJIR SUSULAN.
|
MEGAPHONE
|
|
|||||
- MENGARAHKAN
SEKRETARIS DESA SEBAGAI KOORDINATOR
TEAM TANGGAP DARURAT UNTUK MENGUMPULKAN ANGGOTA TEAM DAN MELAKUKAN TINDAKAN
TANGGAP DARURAT.
|
PASCA
BENCANA
|
WILAYAH DESA
|
- MENGANTISIPASI
ADANYA ANGGOTA KOMUNITAS DESA YG MENGALAMI CIDERA DAN ATAU GANGGUAN MEDIS.
- MENGANTISIPASI
ADANYA ANGGOTA KOMUNITAS DESA YG MASIH TERTINGGAL DI RUMAH, RUANGAN
DESA/ BANGUNAN KOMPLEKS DESA/TIDAK
DIKETAHUI KEBERADAANNYA.
|
MEGAPHONE
|
|
|||||
|
|
- MENGAMBIL
KEBIJAKAN UNTUK MENGHUBUNGI PIHAK TERKAIT SEHUBUNGAN DENGAN PERKEMBANGAN
KEGIATAN TANGGAP DARURAT.
- MENGAMBIL
KEBIJAKAN UNTUK MENGHENTIKAN KEGIATAN TANGGAP DARURAT
APABILA SITUASI DAN KONDISI AMAN DAN TERKENDALI (TD DINYATAKAN BERAKHIR)
- MENGAMBIL
KEBIJAKAN APAKAH TANGGAP DARURAT MASIH TETAP
DILANJUTKAN ATAU DIHENTIKAN. DAN APAKAH KOMUNITAS DESA DIPERKENANKAN UNTUK
PULANG ATAU MEMBUBARKAN DIRI.
|
|
|
-
|
|
|
|||
2
|
-
KEPALA DESA
-
SEKRETARIS DESA
-
BPD
|
- MELAKUKAN
MONITORING DAN EVALUASI KEGIATAN TANGGAP DARURAT.
|
TANGGAP
DARURAT
|
KOMPLEKS
DESA
|
- UNTUK
MENGETAHUI JALANNYA KEGIATAN DAN MENGAMBIL KEBIJAKAN DIPERLUKAN ATAU TIDAKNYA
MENGHUBUNGI PIHAK TERKAIT SEHUBUNGAN DENGAN PERKEMBANGAN YG TERJADI DARI
SITUASI DAN KONDISI EMERGENCY/DARURAT YG TERJADI.
|
MEGAPHONE
|
|
|||
3
|
SEKRETARIS DESA SEBAGAI KOORDINATOR LAPANGAN TANGGAP DARURAT BENCANA
|
- MENGARAHKAN
TIM TANGGAP DARURATDESA :
1.
KEAMANAN DESA
2.
PKK
3.
KARANG TARUNA
4.
SIBAT PMI
|
TANGGAP
DARURAT
|
ZONA AMAN
BALAI DESA
MASJID
|
- MENGKOORDINASIKAN
KEGIATAN TANGGAP DARURAT SESUAI DENGAN JOB DISCRIBTION DARI KAPASITAS
MASING-MASING ANGGOTA TEAM.
- MENGANTISIPASI
KEMUNGKINAN TERJADINYA BANJIR SUSULAN.
- MENGANTISIPASI
ADANYA WARGA KOMUNITAS DESA
YG MASIH TERTINGGAL DI RUMAH/ BANGUNAN SEKITAR
DESA.
- MENGANTISIPASI
ADANYA ANGGOTA KOMUNITAS DESA YG MENGALAMI CIDERA/TRAUMA DAN ATAU GANGGUAN
MEDIS BAIK DI JALUR KESELAMATAN MAUPUN DI DALAM RUANGAN DESA/BANGUNAN
KOMPLEKS TERMASUK YG TIDAK DAPAT BERJALAN SENDIRI.
|
- TANDU
- TAS
PP DAN PERALATAN PP
- MEGAPHONE
- ALAT PELINDUNG DIRI
|
|
|||
- MENGARAHKAN
KOMUNITAS TETAP TENANG DAN JANGAN PANIK.
- MENGARAHKAN
KOMUNITAS MENUJU ZONA AMAN DENGAN TERTIB, JANGAN
BERDESAKAN DAN SALING MENDAHULUI SAAT MENUJU
ZONA AMAN.
|
TANGGAP
DARURAT
|
BALAI DESA
|
- BIASANYA
DALAM SITUASI EMERGENCY/DARURAT TERJADI KEPANIKAN.
- TITIK
KUMPUL ADALAH ZONA EVAKUASI/ZONA AMAN YG MEMENUHI KRITERIA TERTENTU YG
DISEPAKATI KOMUNITAS DESA SEBAGAI LOKASI BERKUMPUL.
|
MEGAPHONE
|
|
|||||
- MENGARAHKAN
KADUS/ RT/ RW
SEGERA SETELAH MELAKUKAN PENGECEKAN
WARGA DESA MELAKUKAN KOORDINASI KEPADA
TEAM TANGGAP DARURAT.
- MENGARAHKAN
KADUN/ KETUA SUKU/ RT/ RW TETAP
MENDAMPINGI WARGA DESA SAMPAI SITUASI DAN KONDISI AMAN DAN TERKENDALI SAMPAI
TANGGAP DARURAT DINYATAKAN BERAKHIR.
|
TANGGAP
DARURAT
|
KOMPLEKS
DESA
|
- UNTUK
MENGETAHUI JUMLAH KEHADIRAN WARGA DESA PRA DAN PASCA BANJIR.
DAN MENGETAHUI APAKAH ADA ANGGOTA WARGA DESA YG MASIH TERTINGGAL DI RUANGAN
DESA/BANGUNAN KOMPLEKS DAN ATAU TIDAK DIKETAHUI KEBERADAANNYA.
- MENJAGA
SITUASI DAN KONDISI WARGA DESA TETAP KONDUSIF, AMAN DAN TERKENDALI.
|
MEGAPHONE
|
|
|||||
- MENGARAHKAN
KOMUNITAS DESA TIDAK MEMASUKI RUANGAN DESA/BANGUNAN DI WILAYAH
DESA HINGGA KEADAAN DINYATAKAN AMAN.
|
TANGGAP
DARURAT
|
WILAYAH DESA
|
- KEMUNGKINAN
ADANYA KERUSAKAN RUANGAN/BANGUNAN.
- MENGANTISIPASI
KEMUNGKINAN TERJADINYA BANJIR SUSULAN.
|
MEGAPHONE
|
|
|||||
- MENGUMPULKAN
ANGGOTA TEAM TD DAN MEMBUAT LAPORAN KEGIATAN MASING-MASING.
|
PASCA
TANGGAP DARURAT
|
POSKO
TD
|
- MENDATA
HASIL KEGIATAN UNTUK DILAPORKAN KE KEPALA DESA SEBAGAI BAHAN KAJIAN/EVALUASI.
|
|
|
|||||
- MEMBUAT
LAPORAN TERTULIS KEPADA KEPALA DESA HASIL KEGIATAN TANGGAP DARURAT :
1.
ANALISA KERUSAKAN BANGUNAN
2.
JUMLAH ANGGOTA KOMUNITAS DESA YG
MENGALAMI CIDERA/TRAUMA DAN ATAU GANGGUAN MEDIS.
3.
JUMLAH ANGGOTA KOMUNITAS DESA YG
DIRUJUK KE PELAYANAN KESEHATAN TERDEKAT
4.
DLL
|
|
WILAYAH DESA
|
- UNTUK
DIKAJI/DIEVALUASI.
|
|
|
|||||
4
|
KOMANDAN SIBAT SEBAGAI LEADER
TEAM EVAKUASI
|
- MENGARAHKAN
TEAM EVAKUASI MENUJU SUMBER SUARA KENTONGAN/ EWS.
|
TANGGAP
DARURAT
|
LOKASI KORBAN KE ZONA AMAN
|
- MELAKUKAN
TINDAKAN RESCUE DAN EVAKUASI.
|
TANDU
|
|
|||
5
|
TEAM EVAKUASI :
1. SIBAT PMI
2. KARANG TARUNA
|
- MENDEKATI
ANGGOTA KOMUNITAS DESA, MELAKUKAN PERTOLONGAN PERTAMA
CEPAT/TRIAGE DAN MENGEVAKUASI KE ZONA AMAN.
|
TANGGAP
DARURAT
|
WILAYAH DESA
|
- KEMUNGKINAN
ADANYA KERUSAKAN RUANGAN/ BANGUNAN.
- MENGANTISIPASI
KEMUNGKINAN TERJADINYA ANGIN SUSULAN.
- UNTUK
SEGERA DIBERIKAN PERAWATAN PERTOLONGAN PERTAMA
YG LEBIH BAIK DI ZONA AMAN.
|
TANDU,
TAS PP DAN PERALATAN PP
|
|
|||
- MELAKUKAN
KOORDINASI KE KEPALA DESA MELALUI KOORDINATOR LAPANGAN BILA LOKASI ANGGOTA
KOMUNITAS DESA TIDAK MEMUNGKINKAN UNTUK DIEVAKUASI OLEH TEAM.
|
TANGGAP
DARURAT
|
WILAYAH DESA
|
- LOKASI
ANGGOTA KOMUNITAS DESA TIDAK DIKETAHUI SECARA PASTI/DIPERLUKANNYA PIHAK
TERKAIT YG MEMILIKI KETERAMPILAN DAN PERALATAN YG LEBIH LENGKAP
|
TELEPHONE
/HT/EMERGENCY
|
KEPALA
DESA MENGHUBUNGI PIHAK TERKAIT
|
|||||
6
|
SIBAT PMI
|
- MENYIAPKAN
TAS PERTOLONGAN PERTAMA
DAN PERALATAN PP
- MENYIAPKAN
LOKASI ZONA PERTOLONGAN PERTAMA/ ZONA AMAN.
|
PASCA
BANCANA
|
WILAYAH
DESA
|
ZONA
AMAN/ ZONA PP DIDIRIKAN DI TENGAH
LAPANGAN UNTUK MENGANTISIPASI :
- KEMUNGKINAN
ADANYA KERUSAKAN RUANGAN/BANGUNAN.
- MENGANTISIPASI
KEMUNGKINAN TERJADINYA GEMPA SUSULAN.
- MENGANTISIPASI
ADANYA ANGGOTA KOMUNITAS DESA YG MENGALAMI :
1.
CIDERA/TRAUMA
2.
GANGGUAN MEDIS
|
TERVAULIN,
TAS
PP DAN PERALATAN PP PENDUKUNG
|
|
|||
- LEADER
ZONA TRIAGE MENGARAHKAN TEAM EVAKUASI DARI TANDAKASUS/ TRIAGE YG DIBERIKAN PELAKU
TRIAGE YG BERGABUNG DALAM TEAM
EVAKUASI DI LAPANGAN.
- LEADER
ZONA TRIAGE MENGARAHKAN PELAKU PP UNTUK MEMBERIKAN PERAWATAN PP SESUAI TANDA
KASUS/TRIAGE.
|
TANGGAP
DARURAT
|
ZONA
TRIAGE
|
- ZONA
TRIAGE TERBAGI 2 :
1.
ZONA MERAH
2.
ZONA KUNING
- PELAKU
PP TERBAGI 3 TEAM :
1.
TEAM PATAH TULANG.
2.
TEAM LUKA DAN PERDARAHAN.
3.
TEAM GANGGUAN MEDIS.
|
TAS
PP DAN PERALATAN PP PENDUKUNG
|
|
|||||
- LEADER
ZONA PERTOLONGAN MELAKUKAN KOORDINASI DENGAN
TEAM EVAKUASI MELALUI KOORDINATOR LAPANGAN UNTUK KASUS-KASUS YG HARUS
MENDAPATKAN PELAYANAN KESEHATAN/KEDARURATAN LEBIH LANJUT DI SARANA KESEHATAN
TERDEKAT.
|
TANGGAP
DARURAT
|
ZONA
PERTOLONGAN
|
- ANGGOTA
KOMUNITAS DESA YG MENGALAMI CIDERA/ TRAUMA
DAN ATAU GANGGUAN MEDIS MENDAPATKAN PELAYANAN KESEHATAN/KEDARURATAN MEDIS
DENGAN PENANGANAN TENAGA MEDIS/PARAMEDIS YG LEBIH TERAMPIL DAN PERALATAN
LEBIH LENGKAP.
|
TANDU,
KENDARAAN
BERMOTOR RODA EMPAT/ AMBULANCE
|
|
|||||
7
|
KEPALA DUSUN/ RT/ RW
|
- MENGARAHKAN
EVAKUASI WARGA BERJALAN TERTIB DAN TERATUR.
- MENYAKINKAN
TIDAK ADA WARGA DESA YG TERTINGGAL.
- MENYAKINKAN
TIDAK ADA PERALATAN LISTRIK MENYALA SEBELUM
MENINGGALKAN RUMAH.
- KADUS/ KETUA RT/ RW ADALAH WARGA DESA YANG MEMIMPIN WARGA KE ZONA AMAN
|
PASCA
|
RUMAH WARGA / BANGUNAN DESA
|
- MENGANTISIPASI
KEPANIKAN WARGA DESA.
- KEMUNGKINAN
ADANYA KERUSAKAN RUANGAN/BANGUNAN.
- MENGANTISIPASI
KEMUNGKINAN TERJADINYA BANJIR SUSULAN.
- MENGANTISIPASI
TERJADINYA HUBUNGAN ARUS PENDEK/KORSLETING.
|
|
|
|||
8
|
1. KAUR DESA
2. STAF DESA
|
- MERUJUK KORBAN KE FASILITAS KESEHATAN TERDEKAT.
|
PASCA
|
ZONA EVAKUASI KE FASILITAS KESEHATAN
|
- CUKUP
JELAS
|
|
|
|||
9
|
BIDAN DESA
|
- MEMBERIKAN PERTOLONGAN KEPADA PARA KORBAN
- MERUJUK KORBAN APABILA TMEMBUTUHKAN PENANGANAN YANG LEBIH LANJUT
|
PASCA N
|
PUSTU/ZONA AMAN
|
- MENGANTISIPASI KORBAN AGAR TIDAK BERTAMBAH PARAH/HAL YANG AKAN MEMBAHAYAKAN
KORBAN LEBIH LANJUT
|
OBAT-OBATAN DAN PERALATAN MEDIS YANG ADA
|
|
|||
10
|
BABINSA
|
- MENGAMANKAN
AKSES KELUAR MASUK KE KOMPLEK DESA.
|
PASCA
BENCANA
|
WILAYAH DESA
|
- MENGANTISIPASI
ADANYA KEMUNGKINAN PIHAK YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAU
BERKEPENTINGAN DENGAN KOMUNITAS DESA.
- BIASANYA
DALAM SITUASI EMERGENCY/DARURAT TERJADI KEPANIKAN SEHINGGA PENGGUNAAN AKSES
KELUAR MASUK HARUS DIPANTAU KEAMANANNYA.
|
BEL/KENTONGAN/ PENTUNGAN/ SENJATA PIHAK BERWAJIB
|
|
|||
11
|
KOMUNITAS
DESA
|
- MENUJU
TITIK KUMPUL DENGAN TERTIB DAN TERATUR, TIDAK BERDESAKAN DAN SALING
MENDAHULUI,
- MENGIKUTI
JALUR EVAKUASI DAN MENTAATI RAMBU-RAMBU KESELAMATAN.
- MENJAUHI
BANGUNAN YG MENGALAMI KERUSAKAN.
- KOMUNITAS
DESA TIDAK MEMASUKI RUANGAN DESA/BANGUNAN DI KOMPLEKS DESA.
|
PASCA
|
DARI RUMAH, BANGUNAN DAN MENUJU ZONA AMAN
|
- MENJAGA
SITUASI DAN KONDISI WARGA DESA TETAP KONDUSIF, AMAN DAN TERKENDALI.
- KEMUNGKINAN
ADANYA KERUSAKAN RUANGAN/BANGUNAN.
- MENGANTISIPASI
KEMUNGKINAN TERJADINYA PUTTING BELIUNG SUSULAN.
|
|
TANDU
|
|||
- MEMBUBARKAN
DIRI DENGAN TERTIB.
|
PASCA
TANGGAP DARURAT
|
TITIK
KUMPUL
|
- SITUASI
DAN KONDISI DINILAI KONDUSIF, AMAN DAN TERKENDALI DAN TANGGAP DARURAT
DINYATAKAN BERAKHIR.
|
|
|
|||||