This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

iklan

iklan

Kamis, 20 Desember 2012

SOPSTANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)/ PROSEDUR TETAP (PROTAP)



STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)/ PROSEDUR TETAP (PROTAP)
SIAPA MELAKUKAN APA, KAPAN, DI MANA, MENGAPA DAN BAGAIMANA
DESA                 : PUTAT                        KECAMATAN      : PURWODADI                KABUPATEN       : GROBOGAN

NO

WHO
WHAT
WHEN
WHERE
WHY
HOW
KET
SIAPA
APA
KAPAN
DIMANA
MENGAPA
BAGAIMANA
1
KEPALA DESA/ SEKRETARIS DESA
-  MENYALAKAN EARLY WARNING SYSTEM/TANDA PERINGATAN DINI.
SAAT TERJADI BENCANA BANJIR DATANG
KANTOR/ WILAYAH DESA
-  TANDA EVAKUASI KOMUNITAS KE TITIK KUMPUL.
-  MENGANTISIPASI KEPANIKAN KOMUNITAS.
-  KEMUNGKINAN ADANYA KERUSAKAN RUANGAN/BANGUNAN.
-  MENGANTISIPASI KEMUNGKINAN TERJADINYA BANJIR SUSULAN
BELL/KENTONGAN

-  MENGARAHKAN KOMUNITAS DESA TETAP TENANG DAN JANGAN PANIK DAN KELUAR DARI RUMAH.
-  MENGARAHKAN KOMUNITAS MENUJU TITIK KUMPUL SESUAI WILAYAH DUSUN/ RT/ RW DENGAN TERTIB, JANGAN BERDESAKAN DAN SALING MENDAHULUIMENUJU KETEMPAT AMAN.
SAAT BANJIR DATANG
WILAYAH DESA
-  BIASANYA DALAM SITUASI EMERGENCY/DARURAT TERJADI KEPANIKAN.
-  TITIK KUMPUL ADALAH ZONA EVAKUASI/ZONA AMAN YG MEMENUHI KRITERIA TERTENTU YG DISEPAKATI KOMUNITAS DESA SEBAGAI LOKASI BERKUMPUL.

MEGAPHONE

-  MENGARAHKAN KADUS/ KETUA RT/ RW UNTUK MENGECEK KELENGKAPAN WARGA.
-  MENGARAHKAN KADUS/ KETUA RT/ RW TETAP MENDAMPINGI WARGA HINGGA ZONA AMAN.
PASCA BENCANA
WILAYAH DESA
-  UNTUK MENGETAHUI JUMLAH WARGA DESA PRA DAN PASCA BENCANA.
-  MENJAGA SITUASI DAN KONDISI WARGA DESA TETAP KONDUSIF, AMAN DAN TERKENDALI.
MEGAPHONE

-  MENGARAHKAN KADUN/ KETUA RT/ RW TETAP MENDAMPINGI WARGANYA MASING-MASING.
-  MENGARAHKAN KOMUNITAS DESA TIDAK MEMASUKI RUMAH SEBELUM ADANYA TANDA AMAN.
PASCA BENCANA
WILAYAH DESA
-  MENJAGA SITUASI DAN KONDISI WARGA DESA TETAP KONDUSIF, AMAN DAN TERKENDALI.
-  KEMUNGKINAN ADANYA KERUSAKAN RUANGAN/BANGUNAN.
-  MENGANTISIPASI KEMUNGKINAN TERJADINYA BANJIR SUSULAN.
MEGAPHONE

-  MENGARAHKAN SEKRETARIS DESA SEBAGAI KOORDINATOR TEAM TANGGAP DARURAT UNTUK MENGUMPULKAN ANGGOTA TEAM DAN MELAKUKAN TINDAKAN TANGGAP DARURAT.
PASCA BENCANA
WILAYAH DESA
-  MENGANTISIPASI ADANYA ANGGOTA KOMUNITAS DESA YG MENGALAMI CIDERA DAN ATAU GANGGUAN MEDIS.
-  MENGANTISIPASI ADANYA ANGGOTA KOMUNITAS DESA YG MASIH TERTINGGAL DI RUMAH, RUANGAN DESA/ BANGUNAN KOMPLEKS DESA/TIDAK DIKETAHUI KEBERADAANNYA.
MEGAPHONE



-  MENGAMBIL KEBIJAKAN UNTUK MENGHUBUNGI PIHAK TERKAIT SEHUBUNGAN DENGAN PERKEMBANGAN KEGIATAN TANGGAP DARURAT.
-  MENGAMBIL KEBIJAKAN UNTUK MENGHENTIKAN KEGIATAN TANGGAP DARURAT APABILA SITUASI DAN KONDISI AMAN DAN TERKENDALI (TD DINYATAKAN BERAKHIR)
-  MENGAMBIL KEBIJAKAN APAKAH TANGGAP DARURAT MASIH TETAP DILANJUTKAN ATAU DIHENTIKAN. DAN APAKAH KOMUNITAS DESA DIPERKENANKAN UNTUK PULANG ATAU MEMBUBARKAN DIRI.


-   


2
-       KEPALA DESA
-       SEKRETARIS DESA
-       BPD
-  MELAKUKAN MONITORING DAN EVALUASI KEGIATAN TANGGAP DARURAT.
TANGGAP DARURAT
KOMPLEKS DESA
-  UNTUK MENGETAHUI JALANNYA KEGIATAN DAN MENGAMBIL KEBIJAKAN DIPERLUKAN ATAU TIDAKNYA MENGHUBUNGI PIHAK TERKAIT SEHUBUNGAN DENGAN PERKEMBANGAN YG TERJADI DARI SITUASI DAN KONDISI EMERGENCY/DARURAT YG TERJADI.
MEGAPHONE

3
SEKRETARIS DESA SEBAGAI KOORDINATOR LAPANGAN TANGGAP DARURAT BENCANA

-  MENGARAHKAN TIM TANGGAP DARURATDESA :
1.     KEAMANAN DESA
2.     PKK
3.     KARANG TARUNA
4.     SIBAT PMI
TANGGAP DARURAT
ZONA AMAN
BALAI DESA
MASJID

-  MENGKOORDINASIKAN KEGIATAN TANGGAP DARURAT SESUAI DENGAN JOB DISCRIBTION DARI KAPASITAS MASING-MASING ANGGOTA TEAM.
-  MENGANTISIPASI KEMUNGKINAN TERJADINYA BANJIR  SUSULAN.
-  MENGANTISIPASI ADANYA WARGA KOMUNITAS DESA YG MASIH TERTINGGAL DI RUMAH/ BANGUNAN SEKITAR DESA.
-  MENGANTISIPASI ADANYA ANGGOTA KOMUNITAS DESA YG MENGALAMI CIDERA/TRAUMA DAN ATAU GANGGUAN MEDIS BAIK DI JALUR KESELAMATAN MAUPUN DI DALAM RUANGAN DESA/BANGUNAN KOMPLEKS TERMASUK YG TIDAK DAPAT BERJALAN SENDIRI.
-  TANDU
-  TAS PP DAN PERALATAN PP
-  MEGAPHONE
-  ALAT PELINDUNG DIRI

-  MENGARAHKAN KOMUNITAS TETAP TENANG DAN JANGAN PANIK.
-  MENGARAHKAN KOMUNITAS MENUJU ZONA AMAN DENGAN TERTIB, JANGAN BERDESAKAN DAN SALING MENDAHULUI SAAT MENUJU ZONA AMAN.
TANGGAP DARURAT
BALAI DESA
-  BIASANYA DALAM SITUASI EMERGENCY/DARURAT TERJADI KEPANIKAN.
-  TITIK KUMPUL ADALAH ZONA EVAKUASI/ZONA AMAN YG MEMENUHI KRITERIA TERTENTU YG DISEPAKATI KOMUNITAS DESA SEBAGAI LOKASI BERKUMPUL.

MEGAPHONE

-  MENGARAHKAN KADUS/  RT/ RW SEGERA SETELAH MELAKUKAN PENGECEKAN WARGA DESA  MELAKUKAN KOORDINASI KEPADA TEAM TANGGAP DARURAT.
-  MENGARAHKAN KADUN/ KETUA SUKU/ RT/ RW TETAP MENDAMPINGI WARGA DESA SAMPAI SITUASI DAN KONDISI AMAN DAN TERKENDALI SAMPAI TANGGAP DARURAT DINYATAKAN BERAKHIR.
TANGGAP DARURAT
KOMPLEKS DESA
-  UNTUK MENGETAHUI JUMLAH KEHADIRAN WARGA DESA PRA DAN PASCA BANJIR. DAN MENGETAHUI APAKAH ADA ANGGOTA WARGA DESA YG MASIH TERTINGGAL DI RUANGAN DESA/BANGUNAN KOMPLEKS DAN ATAU TIDAK DIKETAHUI KEBERADAANNYA.
-  MENJAGA SITUASI DAN KONDISI WARGA DESA TETAP KONDUSIF, AMAN DAN TERKENDALI.
MEGAPHONE

-  MENGARAHKAN KOMUNITAS DESA TIDAK MEMASUKI RUANGAN DESA/BANGUNAN DI WILAYAH DESA HINGGA KEADAAN DINYATAKAN AMAN.
TANGGAP DARURAT
WILAYAH DESA
-  KEMUNGKINAN ADANYA KERUSAKAN RUANGAN/BANGUNAN.
-  MENGANTISIPASI KEMUNGKINAN TERJADINYA BANJIR  SUSULAN.
MEGAPHONE

-  MENGUMPULKAN ANGGOTA TEAM TD DAN MEMBUAT LAPORAN KEGIATAN MASING-MASING.
PASCA TANGGAP DARURAT
POSKO TD
-  MENDATA HASIL KEGIATAN UNTUK DILAPORKAN KE KEPALA DESA SEBAGAI BAHAN KAJIAN/EVALUASI.


-  MEMBUAT LAPORAN TERTULIS KEPADA KEPALA DESA HASIL KEGIATAN TANGGAP DARURAT :
1.     ANALISA KERUSAKAN BANGUNAN
2.     JUMLAH ANGGOTA KOMUNITAS DESA YG MENGALAMI CIDERA/TRAUMA DAN ATAU GANGGUAN MEDIS.
3.     JUMLAH ANGGOTA KOMUNITAS DESA YG DIRUJUK KE PELAYANAN KESEHATAN TERDEKAT
4.     DLL

WILAYAH DESA
-  UNTUK DIKAJI/DIEVALUASI.


4
KOMANDAN SIBAT SEBAGAI  LEADER TEAM EVAKUASI
-  MENGARAHKAN TEAM EVAKUASI MENUJU SUMBER SUARA KENTONGAN/ EWS.
TANGGAP DARURAT
LOKASI KORBAN KE ZONA AMAN
-  MELAKUKAN TINDAKAN RESCUE DAN EVAKUASI.
TANDU

5
TEAM EVAKUASI :
1. SIBAT PMI
2. KARANG TARUNA

-  MENDEKATI ANGGOTA KOMUNITAS DESA, MELAKUKAN PERTOLONGAN PERTAMA CEPAT/TRIAGE DAN MENGEVAKUASI KE ZONA AMAN.
TANGGAP DARURAT
WILAYAH DESA
-  KEMUNGKINAN ADANYA KERUSAKAN RUANGAN/ BANGUNAN.
-  MENGANTISIPASI KEMUNGKINAN TERJADINYA ANGIN SUSULAN.
-  UNTUK SEGERA DIBERIKAN PERAWATAN PERTOLONGAN PERTAMA YG LEBIH BAIK DI ZONA AMAN.
TANDU, TAS PP DAN PERALATAN PP

-  MELAKUKAN KOORDINASI KE KEPALA DESA MELALUI KOORDINATOR LAPANGAN BILA LOKASI ANGGOTA KOMUNITAS DESA TIDAK MEMUNGKINKAN UNTUK DIEVAKUASI OLEH TEAM.
TANGGAP DARURAT
WILAYAH  DESA
-  LOKASI ANGGOTA KOMUNITAS DESA TIDAK DIKETAHUI SECARA PASTI/DIPERLUKANNYA PIHAK TERKAIT YG MEMILIKI KETERAMPILAN DAN PERALATAN YG LEBIH LENGKAP
TELEPHONE /HT/EMERGENCY
KEPALA DESA MENGHUBUNGI PIHAK TERKAIT
6
SIBAT PMI
-  MENYIAPKAN TAS PERTOLONGAN PERTAMA DAN PERALATAN PP
-  MENYIAPKAN LOKASI ZONA PERTOLONGAN PERTAMA/ ZONA AMAN.
PASCA BANCANA
WILAYAH
DESA
ZONA AMAN/ ZONA PP DIDIRIKAN DI TENGAH LAPANGAN UNTUK MENGANTISIPASI :
-  KEMUNGKINAN ADANYA KERUSAKAN RUANGAN/BANGUNAN.
-  MENGANTISIPASI KEMUNGKINAN TERJADINYA GEMPA SUSULAN.
-  MENGANTISIPASI ADANYA ANGGOTA KOMUNITAS DESA YG MENGALAMI :
1.     CIDERA/TRAUMA
2.     GANGGUAN MEDIS
TERVAULIN, 
TAS PP DAN PERALATAN PP PENDUKUNG

-  LEADER ZONA TRIAGE MENGARAHKAN TEAM EVAKUASI DARI TANDAKASUS/ TRIAGE YG DIBERIKAN PELAKU TRIAGE  YG BERGABUNG DALAM TEAM EVAKUASI DI LAPANGAN.
-  LEADER ZONA TRIAGE MENGARAHKAN PELAKU PP UNTUK MEMBERIKAN PERAWATAN PP SESUAI TANDA KASUS/TRIAGE.
TANGGAP DARURAT
ZONA TRIAGE
-  ZONA TRIAGE TERBAGI 2 :
1.     ZONA MERAH
2.     ZONA KUNING
-  PELAKU PP TERBAGI 3 TEAM :
1.     TEAM PATAH TULANG.
2.     TEAM LUKA DAN PERDARAHAN.
3.     TEAM GANGGUAN MEDIS.
TAS PP DAN PERALATAN PP PENDUKUNG

-  LEADER ZONA PERTOLONGAN MELAKUKAN KOORDINASI DENGAN TEAM EVAKUASI MELALUI KOORDINATOR LAPANGAN UNTUK KASUS-KASUS YG HARUS MENDAPATKAN PELAYANAN KESEHATAN/KEDARURATAN LEBIH LANJUT DI SARANA KESEHATAN TERDEKAT.
TANGGAP DARURAT
ZONA PERTOLONGAN
-  ANGGOTA KOMUNITAS DESA YG MENGALAMI CIDERA/ TRAUMA DAN ATAU GANGGUAN MEDIS MENDAPATKAN PELAYANAN KESEHATAN/KEDARURATAN MEDIS DENGAN PENANGANAN TENAGA MEDIS/PARAMEDIS YG LEBIH TERAMPIL DAN PERALATAN LEBIH LENGKAP.
TANDU,
KENDARAAN BERMOTOR RODA EMPAT/ AMBULANCE

7
KEPALA DUSUN/ RT/ RW
-  MENGARAHKAN EVAKUASI WARGA BERJALAN TERTIB DAN TERATUR.
-  MENYAKINKAN TIDAK ADA WARGA DESA YG TERTINGGAL.
-  MENYAKINKAN TIDAK ADA PERALATAN LISTRIK MENYALA SEBELUM MENINGGALKAN RUMAH.
-  KADUS/ KETUA RT/ RW ADALAH WARGA DESA YANG MEMIMPIN WARGA KE ZONA AMAN
PASCA
RUMAH WARGA / BANGUNAN DESA
-  MENGANTISIPASI KEPANIKAN WARGA DESA.
-  KEMUNGKINAN ADANYA KERUSAKAN RUANGAN/BANGUNAN.
-  MENGANTISIPASI KEMUNGKINAN TERJADINYA BANJIR  SUSULAN.
-  MENGANTISIPASI TERJADINYA HUBUNGAN ARUS PENDEK/KORSLETING.



8
1.  KAUR DESA
2.  STAF DESA
-  MERUJUK KORBAN KE FASILITAS KESEHATAN TERDEKAT.
PASCA  
ZONA EVAKUASI KE FASILITAS KESEHATAN
-  CUKUP JELAS


9
BIDAN DESA
-  MEMBERIKAN PERTOLONGAN KEPADA PARA KORBAN
-  MERUJUK KORBAN APABILA TMEMBUTUHKAN PENANGANAN YANG LEBIH LANJUT
PASCA N
PUSTU/ZONA AMAN
-  MENGANTISIPASI KORBAN AGAR TIDAK  BERTAMBAH PARAH/HAL YANG AKAN MEMBAHAYAKAN KORBAN LEBIH LANJUT
OBAT-OBATAN DAN PERALATAN MEDIS YANG ADA

10
BABINSA
-  MENGAMANKAN AKSES KELUAR MASUK KE KOMPLEK DESA.
PASCA BENCANA
WILAYAH DESA
-  MENGANTISIPASI ADANYA KEMUNGKINAN PIHAK YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAU BERKEPENTINGAN DENGAN KOMUNITAS DESA.
-  BIASANYA DALAM SITUASI EMERGENCY/DARURAT TERJADI KEPANIKAN SEHINGGA PENGGUNAAN AKSES KELUAR MASUK HARUS DIPANTAU KEAMANANNYA.

BEL/KENTONGAN/ PENTUNGAN/ SENJATA PIHAK BERWAJIB

11
KOMUNITAS DESA
-  MENUJU TITIK KUMPUL DENGAN TERTIB DAN TERATUR, TIDAK BERDESAKAN DAN SALING MENDAHULUI,
-  MENGIKUTI JALUR EVAKUASI DAN MENTAATI RAMBU-RAMBU KESELAMATAN.
-  MENJAUHI BANGUNAN YG MENGALAMI KERUSAKAN.
-  KOMUNITAS DESA TIDAK MEMASUKI RUANGAN DESA/BANGUNAN DI KOMPLEKS DESA.
PASCA
DARI RUMAH,   BANGUNAN  DAN MENUJU ZONA AMAN
-  MENJAGA SITUASI DAN KONDISI WARGA DESA TETAP KONDUSIF, AMAN DAN TERKENDALI.
-  KEMUNGKINAN ADANYA KERUSAKAN RUANGAN/BANGUNAN.
-  MENGANTISIPASI KEMUNGKINAN TERJADINYA PUTTING BELIUNG  SUSULAN.

TANDU
-  MEMBUBARKAN DIRI DENGAN TERTIB.
PASCA TANGGAP DARURAT
TITIK KUMPUL
-  SITUASI DAN KONDISI DINILAI KONDUSIF, AMAN DAN TERKENDALI DAN TANGGAP DARURAT DINYATAKAN BERAKHIR.














DITETAPKAN DI        : DESA PUTAT
TANGGAL                : 14 DESEMBER  2012

PMI Gelar Simulasi Evakuasi di Desa Putat



kegiatan yang di hadiri oleh Kepala BPBD ,Wakil Kapolsekta .Wakil Danramil dan Kepala Dusun.RW,RT Desa Putat untuk persiapan Simulasi Tanggap Darurat Bencana yang rencana Hari Sabtu jam 10.00 wib/22 Desember 2012

Sabtu, 08 Desember 2012

LOMBA DESAI POSTER DALAM RANGKA HARI RELAWAN

LOMBA DESAIN POSTER
HARI RELAWAN
PMI KABUPATEN GROBOGAN

A. TEMA KEGIATAN
“KAUM MUDA SEBAGAI AGEN PERUBAHAN”

B. PESERTA
1. Siswa –siswi SMA/SMK sederajat se Kabupaten Grobogan
2. Karya poster ini dapat perseoranagan atau tim (maksimal 2 orang)


C. KETENTUAN KOMPETISI
1. Karya adalah karya orisinil, dan dapat dipertanggung jawabkan keasliannya.
2. Karya yang dilombakan harus sesuai dengan tema perlombaan dan memenuhi kriteria perlombaan.
3. Teknik design poster yang digunakan adalah bebas
4. Karya Poster dapat hitam putih ataupun berwarna
5. Karya design yang dikumpulkan kepada panitia dalam bentuk poster digital printing berukuran A3, dan softcopy dalam format .jpg
6. Untuk Via E-mail yang dikirimkan File poster .JPG dan penjelasan poster .DOC / .DOCX
7. Jumlah karya yang diikutsertakan tiap sekolahan hanya 3 karya
8. Karya yang dihasilkan tidak boleh mengandung pornografi dan SARA.
9. Karya akan dipresentasikan pada tanggal 30 desember 2012 dihadapan dewan juri
10. Keputusan dewan juri mutlak tidak dapat diganggu gugat.
11. Karya menjadi hak milik panitia.

D. KATAGORI PERLOMBAAN
Katagori yang di lombakan ada 3 .peserta harus membuat smuanya
1. Desain poster ayo gabung relawan pmi
2. Desain poster ayo jadi relawan donor darah
3. Desain poster pengurangan risiko bencana dan adaptasi perubahan iklim
A. Target poster:
sasaran utama komunikasi adalah untuk para pelajar, sasaran sekundernya adalah masyarakat luas.
B. Tujuan poster:
• Mensosialisasikan program PMI Kabupaten grobogan untuk melibatkan seluruh masyarakat
• Menggugah para pelajar dan masyarakat umum untuk menjadi relawan PMI yang aktif berpartisipasi menjadi agen perubahan.
• Menghidupkan kecintaan para pelajar dan masyarakat umum akan manfaat Donor darah
• Menggugah kesadaran para pelajar dan masyarakat umum agar melakukan upaya pencegahan damapak perubahan iklim
C. Anjuran:
Peserta lomba dianjurkan untuk memperdalam referensi tentang tema lomba, membangun esensi masalah dan sasaran komunikasi (terutama cara pemilihan kata-kata yang cocok untuk para pelajar dan masyarakat), serta mengkaji manfaat desain dan fungsi poster.
E. KRITERIA PENILAIAN
1. Orisinilitas Desain Poster
2. Kesesuaian dengan tema
3. Keunikan desain
4. Keindahan/Artistik Desain
5. Ide dasar, konsep, inovasi kreatif desain.
6. Lingkup kedalaman eksplorasi tema serta komunikatif dalam penyampaian pesan.
7. Menarik perhatian
8. Mengena di hati dan pikiran
9. Isi pesan jelas
10. Menawarkan manfaat
11. Membangun kepercayaan
12. Mengandung pesan yang konsisten
13. Mangajak melakukan tindakan/aksi
14. Rasa ingin tahu audiens terpenuhi

E. KRITERIA PENGUMPULAN KARYA POSTER
1. Kertas A3 ( kertas poster ) dan softcopy ( dalam bentuk CD/DVD ) dengan format .jpg
2. Diberikan keterangan berupa Judul/Konsep Poster dan nama lengkap (.DOC/.DOCX)

F. TEKNIS PENGIRIMAN
1. Karya poster hard copy dikirim ke:
Sekretariat KSR PMI Kabupaten Grobogan
Markas PMI Kabupaten Grobogan
Jl.Pierre andreas Tendean No.5A Purwodadi – Grobogan jawa Tengah
Telepon / Fax ( 0292 ) 421220
Melampirkan :
- Foto copy kartu pelajar sebanyak 1 lembar
- Formulir Pendaftaran
2. Untuk Via E-mail ( relawan.grobogan@gmail.com. ) (yang dikirimkan hanya File poster (.JPG) dan penjelasan poster (.DOC/DOCX) melampirkan scan kartu pelajar

Agenda Kompetisi
1. Tahap pendaftaran dan pengiriman desain poster : 9 Desember – 16 Desember 2012
2. Tahap seleksi lewat Facebook KSR Grobogan ( sisitim seleksi desai poster yang paling banyak di like ,akan di ambil 5 besar )dan akan di umumkan lewat Facebook KSR Grobogan : 16 Desember – 27 Desember 2012
3. Pengumuman finalis : 28 Desember 2012
4. Presentasi : 29 Desember 2012
5. Pengumuman Pemenang : 30 Desember 2012

G. Pengumuman Finalis
1. Dari seluruh karya yang diterima oleh panitia akan di sharekan lewat Facebook KSR GROBOGAN akan dipilih finalis 5 besar sesuai like yang palin banyak dan akan diumumkan melalui Facebook KSR Grobogan ,Forpis Grobogan dan PMR Markas PMI kabupaten Grobogan.
2. finalis 5 besar akan mempresentasikan hasil karyanya
3. Nominasi finalis akan dihubungi panitia secara personal
4. pengumuman pemenang akan dibacakan pada tanggal 30 Desember 2012 pada saat Peringatan Hari Relawan
5. Keputusan Panitia dan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat

H. Hadiah Peserta
1. Desain poster ayo gabung relawan pmi
Juara I : trophi + sertifikat + uang pembinaan
Juara II : trophi + sertifikat + uang pembinaan
Juara III : trophi + sertifikat + uang pembinaan

2. Desain poster ayo jadi relawan donor darah
Juara I : trophi + sertifikat + uang pembinaan
Juara II : trophi + sertifikat + uang pembinaan
Juara III : trophi + sertifikat + uang pembinaan

3. Desain poster pengurangan risiko bencana dan adaptasi perubahan iklim
Juara I : trophi + sertifikat + uang pembinaan
Juara II : trophi + sertifikat + uang pembinaan
Juara III : trophi + sertifikat + uang pembinaan
F. INFORMASI
EMAIL : relawan.grobogan@gmail.com
NO. HP YANG BISA DIHUBUNGI :
Happy (085 640 427 013)
Marten (085 727 004 820)
Facebook : Ksr Pmi Grobogan