iklan

iklan

Rabu, 29 April 2015

PMI Grobogan Buka Posko Banjir Tegowanu









Palang Merah Indonesia ( PMI ) Kabupaten Grobogan Buka Posko Penanganan korban banjir, menyusul banjir yang kembali menggenang di Desa Karangpasar dan Di desa Tajemsari. Banjir diketahui akibat tanggul di Sungai Cabean jebol karena di wilayah hulu, yakni Gunung Ungaran terjadi hujan dengan durasi lama kemarin.
Ratusan rumah di dua Desa yaitu Desa Karangpasar dan Desa Tajemsari di Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan terendam banjir. Selain itu, puluhan kepala keluarga terpaksa harus mengungsi dari rumah mereka masing-masing.
Sampai saat ini, puluhan warga terpaksa masih mengungsi di rumah tetangga, Balai Desa Karangpasar dan Bantaran Tanggul Sungai Tuntang yang aman dari banjir. Anak-anak pun terpaksa tidak masuk sekolah karena seluruh perlengkapan sekolah basah terendam banjir sehingga 2 Sekolah dasar aktifitas belajar terganggu. Selain merendam rumah, jebolnya tanggul Cabean  ini juga mengakibatkann, Ternak ikan bebek,ayam, hilang dan ratusan hektar sawah terendam banjir yang mengakibatkan tanaman jagung rusak.
“Jika banjir yang terjadi pada tanggal 24 April kemarin tinggi air cuma  setengah meter, banjir yang kedua ini sampai satu meter,” kata Djasman S.Pd Kepala Markas PMI Kabupaten Grobogan , saat mengungjungi tempat pengungsian di Balai Desa Karangpasar ,Senin (27/4) pagi
Djasman, Warga yang terkena dampak bencana mengalami gejala Kutu air,pusing,pilek dan batuk – batuk.PMI juga telah mendistribusikan 100 paket Hygine kit di Desa Karangpasar dan Desa Tajemsari, membuka posko keseahatan di Balai desa Karangpasar bersama puskesma setempat, PSP, Dapur Umum dan Membantu evakuasi Ternak, hasil panen ketempat pengungsian.
“ Sejumlah 22 personil KSR dan 15 personil PMR difungsikan dalam pelayanan kesehatan distribusi bantuan,membantu warga untung mengevakuasi ternak dan hasil panen warga serta dapur umum. PMI Kabupaten Grobogan mendistribusikan 1600 nasi bungkus selama 2 hari  untuk Desa Karangpasar dan 1500 untuk Desa Tajemsari” Ujar Djasman.


Sampai Selasa (29/2)pagi ini, air di dua desa tersebut belum juga surut. Pasalnya, air sulit surut dikarenakan  di daerah hulu masih hujan dan tanggul baru 50 % proses perbaikan (marten )

0 comments:

Posting Komentar