iklan

iklan

Minggu, 19 April 2015

60 anggota PMR Simulasi angin Putting beliung



Sebanyak 60 anggota PMR Wira dari 5 Sekolahan yaitu SMK N 1 Purwodadi,SMK N 2 Purwodadi,SMA N 1 Toroh,SMA N 1 Grobogan dan MAN Purwodadi , mengikuti simulasi penanggulangan bencana angin puting beliung ,Minggu pagi (19/4).
Dalam kegiatan tersebut para anggota PMR Wira dari 5 Sekolahan yang berbeda dikoordinasi dan di bagi peran sebagai siswa, Korban, anggota TIM Siaga Bencana Sekolahan,Guru kelas,Guru Olah raga,Guru Agama,Pembina dan Kepala sekolah.Para anggota PMR  yang telah di bagi peranya untuk melakukan praktik bagaimana langkah yang harus dilakukan saat menghadapi bencana angin puting beliung,dengan dipandu relawan PMI Kabupaten Grobogan.
Ketika sirine sebagai aba-aba terjadinya puting beliung dibunyikan, para anggota PMR yang di bagi dalam dua kelas pun langsung berlindung di bawah meja, yang kemudian dilanjutkan dengan berlari sambil menutupi kepala dengan tas masing-masing dan berkumpul di lapangan sekolah. Anggota PMR yang berperan sebagai  siswa juga tampak ada yang membantu menggotong seorang temannya yang pingsan. Namun tak hanya itu, para anggota PMR  juga diberikan pelatihan bagaimana memberikan pertolongan pertama pada temannya yang terluka.
Koordinator Simulasi , Wiwik dari Sekolah MAN Purwodadi menjelaskan tujuan simulasi ini adalah untuk membekali anggota PMR dengan berbagai pengetahuan tentang bencana angin puting beliung.Sekaligus untuk melatih PMR  siaga dan siap saat menghadapi bencana alam.
Sementara itu salah seorang peserta ,Riko dari SMK N 2 Purwodadi mengatakan, kenapa dipilih siaga bencana angin puting beliung, sebab pada bulan April  tahun 2014 sekolahanya pernah terkena puting beliung, yang mengakibatkan atap sekolah tersebut roboh. 

Beruntung kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Dia juga mengungkapkan kegiatan tersebut untuk mengantisipasi jika kejadian tersebut terulang kembali, para anggota PMR yang ikut latihan bersama  sudah siap menjadi pelopor di Sekolahan.       ( Marten )

0 comments:

Posting Komentar