iklan

iklan

Kamis, 05 Maret 2015

Anggota Forpis Grobogan diLatih PP dan Evakuasi

Sebanyak 53 anggota Palang Merah Remaja (PMR) Wira dari berbagai Unit PMR SMA/SMK se-Kabupaten Grobogan mengikuti pelatihan Pertolongan Pertama dan simulasi evakuasi bencana di Sungai Lusi, Desa Ngabean, Grobogan (19/2).
Pelatihan ini sebagai salah satu syarat sebelum anggota PMR dikukuhkan sebagai anggota Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) PMI Kabupaten Grobogan. Selama pelatihan, difasilitasi dan dibimbing oleh anggota Korps Sukarela (KSR) PMI Grobogan.
Happy Putra, anggota KSR berharap para anggota Forpis sebagai kader PMI diharapkan memiliki sikap kejujuran, kreativitas dan tekun belajar dengan tetap berpegang pada jiwa sosial. “Anggota Forpis harus mampu menjadi teladan bagi temannya,” harap Happy.
Saat simulasi anggota Forpis di tuntut untuk mengevakuasi korban bencana di air dengan tandu darurat atau dragbar. Kegiatan dimulai dengan simulasi seolah – seolah terjadi bencana, lalu anggota Forpis datang membawa bekal Tas PP, tandu  maupun bambu dan tali untuk tandu darurat. “Satu per satu anggota Forpis praktik turun ke bantaran sungai  dan menolong korban yang harus dievakuasi untuk di bawa ketempat zona aman yang telah di tentukan,” jelasnya.
Menurut Ketua Forpis Grobogan Guruh, pembekalan pertolongan pertama dan simulasi evakuasi bencana di air diharapkan menambah keterampilan anggota Forpis yang baru, mengingat daerah Grobogan selama ini sangat rawan bencana banjir maupun tanah longsor.

“Pembekalan pertolongan pertama dan evakuasi bencana, anggota Forpis yang berasal dari PMR di tiap sekolah siap membantu menolong teman maupun meringankan korban bencana alam,” harap Guruh. (marten-07)

0 comments:

Posting Komentar