iklan

iklan

Selasa, 28 November 2023

Apel Siaga Relawan Tahun 2023 Persiapan Memasuki Musim Penghujan

 



Grobogan, Konsolidasi tanggap darurat kekeringan dan persiapan memasuki musim penghujan di wilayah Kabupaten Grobogan, Pemkab Kabupaten Grobogan gelar Apel Siaga Relawan Tahun 2023 di Halaman Setda Kabupaten Grobogan, Rabu (1/11/2023). Apel dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Kabupaten Grobogan Sri Sumarni, S.H., M.M.didampingi Sekda Kabupaten Kabupaten Grobogan Anang Armunanto, S.Sos., M.Si., dst



Sri Sumarni  mengatakan apel ini sebagai sarana konsolidasi dan sinergi antar sektor baik lembaga maupun relawan yang diharapkan mampu meningkatkan jalinan koordinasi dalam rangka menghadirkan manajemen kebencanaan yang solid.

"Selain saling berbagi, mungkin kita ada yang baru, kita saling berkenalan berbagi pengalaman dari masing-masing dari satuan yang berbeda namun untuk tujuan yang sama yaitu membantu masyarakat dalam penanggulangan bencana," kata Sri Sumarni.



Disampaikan Sri  Sumarni,“Kita sudah memasuki fase pengalihan musim dari musim kemarau ke musim penghujan atau yang disebut dengan musim pancaroba. Kita tetap berharap agar daerah ini terhindar dari bencana, kondisi geologis dan geofisik, memungkinkan terjadinya bencana alam di daerah ini,” ungkap Sri Sumarni.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, Cuaca yang tidak menentu maka tidak menutup kemungkinan terjadinya cuaca ekstrim yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi sehingga seluruh pihak tentunya perlu untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan baik personil secara individual maupun sumber daya peralatan yang kita miliki.

“Pelaksanaan apel siaga bencana dapat menjadi sarana untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas semua elemen dalam menghadapi potensi bencana. Saya yakin semua pihak tentunya telah memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing tinggal bagaimana mempererat kerjasama dan komunikasi secara aktif agar implementasi di lapangan dapat berjalan dengan baik," pungkasnya.


Sekitar 213 Pasukan yang terdiri dari TNI/Polri, BPBD, Satpol PP (Pemadam Kebakaran), Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Dispermasdes, PMI, PLN, Pelaku Usaha dan para relawan di wilayah Kabupaten Grobogan mengikuti Apel Siaga Bencana Tahun 2023 di Halaman Setda Kabupaten Grobogan.


0 comments:

Posting Komentar