iklan

iklan

Minggu, 29 November 2015

Persiapan Penanganan Banjir, KSR Dilatih Water Rescue






JEPARA ñ Ratusan Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) se-Korwil I Jawa Tengah dilatih penyelamatan dalam air (water rescue) selama tiga hari, Jumat-Minggu (27-29/11), di Pantai Bandengan, Jepara. Latihan gabungan (latgab) dengan materi dan praktik water rescue dilakukan lantaran saat ini sudah memasuki musim hujan.

Sebanyak 150 peserta tersebut mewakili 11 kabupaten/kota se-Korwil I Jawa Tengah. Yakni Kabupaten Jepara, Kudus, Pati, Rembang, Blora, Geobogan, Demak, Kendal, Salatiga dan Kabupaten/Kota Semarang. Sukarelawan tersebut akan dilatih instruktur dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas, TNI dan tim pelatih PMI sendiri.

Ketua Panitia Pelaksana, Abdul Khafid menerangkan, pelatihan hari pertama akan lebih banyak soal pengarahan. Hari kedua akan diberikan banyak teori dan praktik koordinasi dalam penanganan bencana banjir, maupun pertolongan pertama di air. Hari ketiga akan ditonjolkan simulasi penanganan bencana.

”Tujuan pelathan ini memang untuk persiapan bagi para relawan relawan untuk mengatasi bencana banjir, maupun pertolongan di air lainnya seperti yang diakibatkan gelombang tinggi di pantai,” terang Khafid.

Ketua Paguyuban PMI Korwil I Jawa Tengah, Surahman menyampaikan, tiap tahun pelatihan penanganan musibah dan bencana memang selalu diadakan, dan jenis pelatihan memang selalu berbeda. Disesuaikan dengan kebutuhan. Benyaknya pelatihan dimaksudkan agar sukarelawan terbiasa menangani bencana dan musibah sehingga tidak teradi kebingungan saat penanganan.

Karena sukarelawan harus terjun saat terjadi bencana di mana pun. ”Di usia ke-70 PMI, semua sukarelawan harus tahu tugas masing-masing. KSR PMI harus profesional,” tandas Surahman.


Hal ini didasarkan pada kondisi riil di lapangan di mana masih banyak sukarelawan yang tumpang tindih dalam penanganan bencana. ”Mereka tidak tahu harus berposisi sebagai apa dan harus berbuat apa, sehingga mulai saat ini, kita harus tahu secara pasti tugasnya.” (adp-24)

0 comments:

Posting Komentar