iklan

iklan

Rabu, 26 Desember 2012

PMI SIAGA NATAL DAN TAHUN BARU




GROBOGAN - Menjelang perayaan Natal, 106 Gereja yang tersebar di seluruh kecamatan se-Kabupaten Grobogan akan disterilisasi dari ancaman bom.
Sebanyak 320 anggota Polres Grobogan dikerahkan dalam pelaksanaan sterilisasi serta pengamanan gereja dan sejumlah titik keramaian tersebut.
“Sebagai langkah optimalisasi pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2013, kami juga melibatkan unsur TNI, Satpol PP, Dishub, serta sejumlah elemen seperti SAR, RAPI, Pramuka, PMI, dan masih banyak lagi lainnya. Sterilisasi gereja dan tempat keramaian akan dimulai besok (hari ini-red),” kata Kapolres AKBP Langgeng Purnomo SIK MH didampingi Wabup H Icek Baskoro SH serta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Grobogan, usai Apel Gelar Operasi Lilin Candi 2012 di Alun-alun Purwodadi, Jumat (21/12).
Sebelumnya, lanjut Kapolres, koordinasi antara jajaran lintas sektoral telah dilakukan di Aula Jananuraga Mapolres setempat, Kamis (20/12).
Selain itu, setiap anggota di Polsek juga menyambangi dan berkomunikasi dengan pemuka gereja setempat, sebagai langkah koordinasi pola pengamanan terbuka dan tertutup.
Sarana prasarana pendukung pengamanan dipastikan sudah siap, sekaligus beserta seluruh personelnya.
Toleransi Beragama
“Pola pengamanan Ring I dan Ring II juga sudah kami rencanakan saat perayaan Natal. Segala upaya kami ini merupakan bentuk kewaspadaan, meskipun secara umum, kondisi Kamtibmas di Kabupaten Grobogan sudah baik,” ungkap Langgeng Purnomo.
Hal senada disampaikan Wabup H Icek Baskoro SH. Pihaknya mengakui koordinasi serta kerja sama yang baik antarseluruh jajaran, menjadi kunci terpenting terciptanya keamanan di suatu wilayah.
Masyarakat pun harus menjaga toleransi antarumat beragama, agar tidak timbul gesekan-gesekan yang bisa memecah persatuan.
Sementara itu, Dandim 0717 Purwodadi Letkol Inf Heri Prakosa Ponco Wibowo berharap para Kapolsek di wilayah hukum Polres Grobogan tidak segan-segan mengajak Danramil saat melakukan kegiatan pengamanan.
Sebab, seluruh Danramil sudah diberikan arahan untuk senantiasa berkoordinasi dengan Polri dan jajaran terkait di tingkat kecamatan dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2013.
“Apabila melihat instansi atau jajaran terkait bersinergi bersama dengan baik dalam rangka pengamanan wilayah, masyarakat pun akan tenang serta nyaman,”
PMI Kabupaten Grobogan mengerahkan relawanya untuk  piket PP di 10 Gereja yang ada di kota


0 comments:

Posting Komentar