iklan

iklan

Minggu, 30 Desember 2012

Bu Kepala Desa Yang Cantik tak Tinggal diam saat Sibat Desa Cingkrong Gelar Simulasi Tanggap Darurat Bencana

 Warga dan Sibat Desa cinkrong mengevakuasi Korban


 sibat dan warga desa khususnya ibu - ibu mempersiapkan makanan bagi korban bencana banjir
 korban di bawa ke tempat evakuasi sementara
kepala dusun mengarahkan warga untuk berlari menuju zona aman

 tim sibat mengevakuasi korban
Kepala Desa dan Aparat keaman meninjau tempat Dapur Umum dan tempat pengungsian

 sibat menenagkan warga yang histeris

warga mengevakuasi ternak 



Grobogan - Dalam rangka memahami penanganan bencana di tingkatan Desa, Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) Desa Cingkrong  Kecamatan Purwodadi menggelar Sumulasi Tanggap Darurat Bencana, Minggu (30/12) kemarin.
Simulasi diikuti oleh ratusan warga desa dan instansi terkait yang terdiri dari warga RT 08.09, Perangkat Desa, Ketua RT / RW, Karang Taruna, Linmas, PKK, Sibat Desa Cingkrong,Sibat Desa Putat,Sibat Desa Manggarmas ,PMR SMP 5 purwodadi ,PMR SD N 3 Cingkrong dan Relawan PMI Kabupaten Grobogan dengan dukungan dari Palang Merah Jerman.
Kepala Desa Cingkrong ,Bu Jasmi mengatakan, simulasi tanggap darurat bencana yang dilakukan adalah penanganan bencana banjir khususnya di Wilayah Desa Cingkrong  yang dipetakan sebagai daerah yang rawan banjir. "Sumber ancaman banjirnya dimunkinkan dari meluapnya sungai Serang ,Kalau hujan besar berturut-turut lebih dari dua hari diperkirakan banjir akan datang,"ungkapnya.

Lebih luas dijelaskanBu Jasmi, dengan dilakukannya Simulasi Tanggap Darurat Bencana di Desanya, diharapkan masyarakat tahu harus berbuat apa bila terjadi bencana yang sesungguhnya. "Minimalnya masyarakat tahu arah jalur zona aman,"tegasnya.meskipun di Desa Cingkrong sering terjadi Bencana Banjir tiap tahun dan sebagai ajang persiapan antisipasi  Ancaman Banjir tahun 2013.

Sementara itu, Staf PB PMI Kabupaten Grobogan ,Siswoyo menjelaskan, tujuan diadakan simulasi penanganan bencana di Desa adalah dalam rangka Upaya Pengurangan Risiko bencana bagi daerah rawan bencana. "Masyarakat perlu pemahaman langkah-langkah yang benar untuk dilakukan, baik sebelum bencana maupun saat bencana terjadi."jelasnya.

Dijelaskan Siswoyo, Kegiatan Simulasi Tanggap Darurat bencana selain dilakukan di Desa Cinkrong,. "Mereka dalam melakukan simulasi berpedoman pada Standar Operasional Prosedur (SOP) tanggap darurat yang telah dibuat oleh Desanya. Disana diatur tentang peran dan tupoksinya dari komponen yang ada,"paparnya.yang sudah di laksanakan bila terjadi bencan banjir datang.

Prosedur Penanganan Bencana di Perdeskan

Untuk menguatkan dan melegalkan Standar Operasional Prosedur (SOP) tanggap darurat yang dibuat oleh Masyarakt Desa Cingkrong perlu dilakukan pengesahan dari Desa. Kepala Desa merencanakan mengesahkan SOP dengan dibuatnya Perdes tentang SOP Tanggap darurat bencana. Sehingga dalam pelaksanaan tanggap darurat yang sesungguhnya, para pelaku tanggap darurat bisa melaksankan tugasnya dengan jelas dan terarah


2 komentar: