iklan

iklan

Kamis, 03 Mei 2012

PETA BAHAYA, KERENTANAN, RISIKO DAN KAPASITAS (BKRK). DESA CINGKRONG, GROBOGAN



 
Desa Cingkrong Kecamatan Purwodadi merupakan daerah rawan bencana, dengan luas wilayah 600 Ha, jumlah penduduk 7.218  jiwa, terdiri 2.190 KK. Desa Cingkrong merupakan wilayah dataran rendah yang ketinggian tanah dari permukaan laut setinggi 22M, sehingga sering terjadi bencana banjir di wilayah tersebut, bila musim penghujan tiba maka di Desa cingkrong sering mengalami banjir, hal ini terjadi dalam setiap tahunnya. Hampir seluruh Dusun di Desa Cingkrong terkena bencana banjir.


 
Untuk itu dalam upaya Kesiapsiagaan tersebut Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) Desa Cingkrong bersama dengan Relawan PMI Kabupaten Grobogan melakukan Pemetaan Desa selama 9 hari dari mulai tanggal 20 s/d 28 Maret 2012.


Bapak Djasman selaku Sekretaris Pengurus PMI Kabupaten Grobogan mengungkapkan behwa Kegiatan ini bertujuan untuk Mendapatkan informasi dan peta bahaya, kerentanan, risiko dan kapasitas di Desa Cingkrong.

Kegiatan ini disambut baik oleh Ibu Jasmi (Kepala Desa Cingkrong), karena dapat membantu  mengetahui situasi dan kondisi riil masyarakat, dan juga mengidentifikasikan kapasitas masyarakat dan sumber daya serta karakteristik geografis dan demografis masyarakat berdasarkan tingkat bahaya, kerentanan, risiko dan Kapasitas di Desa Cingkrong, imbuhnya dalam memberikan sambutan.

Pemetaan Desa ini merupakan rangkaian program Sekolah Siaga Bencana yang berintegrasi dengan Desa setempat, kerjasama antara Palang Merah Indonesia dengan Palang Merah Jerman.



Marking rumah penduduk untuk mengetahui letak geografis, ketinggian tanah dari laut
dan jumlah penduduk



 Tim Sibat membuat Peta BKRK Desa Cingkrong

 Tim Sibat membuat batas luar Desa Cingkrong menyusuri sungai dengan perahu


Tim Sibat membuat Batas Dusun Desa Cingkrong

Dengan adanya Peta Desa BKRK di Desa Cingkrong, sehingga Desa mempunyai Data, informasi dan peta BKRK yang dapat menjadi dasar dalam menyusun, merancang dan melaksanakan kegiatan dalam upaya pengurangan resiko bencana di Desa Cingkrong.(dok. HW)

0 comments:

Posting Komentar